Tes, ujian, ulangan, evaluasi atau apapun istilahnya, merupakan pekerjaan yang cukup menghabiskan waktu dan energi. Padahal kegiatan ini perlu untuk berbagai tujuan seperti melihat sajauh mana perkembangan belajar, perubahan sikap (istilah kerennya), atau bisa juga untuk mengukur kapasitas dan kapabilitas seseorang.

Ada banyak cara untuk mengenfesiankan kegiatan tes agar cepat, akurat dan realiabel. Mulai dari menggunakan LJK (lembar jawaban komputer), scanner dsb.

Program onlinetest dibuat untuk mengautomasi suatu tes. Jadi soal dan jawaban di kerjakan di hadapan komputer. selain itu hasil pun dapat dilihat secara realtime.

Hingga saat ini aplikasi online test telah dilengkapi beberapa fitur. Masih banyak kekurangan pasti, tapi yah, lumayan lengkap juga kok. Ada kontrol waktu, kostumisasi soal seperti mau diacak (biar nggak bisa nyontek ;) )atau berurut, jumlah pilihan dsb.

Selain itu user (guru atau siswa) bisa melengkapi profile plus upload foto, bisa saling berkirim pesan. Untuk siswa foto yang diupload akan tampak saat mengerjakan soal.

Niatnya sih mau dibundel seperti CMS gitu, biar bisa diimplementasikan di lembaga-lembaga yang membutuhkan. Lisensi yang dipakai GPL2. Tapi masih di buangkar pasang. mudah mudahan minggu ini sudah tersedia untuk di download.

Sementara bisa liat-liat dulu demonya di http://onlinetest.ceds-id.org. Buat para guru silahkan buat soal di situ kemudian suruh muridnya mengerjakan di lab sekolah atau di warnet :D.

Kalau sudah nyoba, mohon masukan dan kritik guna mengembangkan aplikasi ini ke depan. Buat bapak-bapak dan ibu-ibu guru dan lainnya yang telah memberi saran mengenai fitur analisis butir soal, terimakasih atas sarannya, masih dalam tahap perencanaan karena menyangkut pengembangan struktur database yang lumayan kompleks, takes time..

About these ads