Dunia Open Source selalu menawarkan banyak terobosan baru, para volunteers tetap bekerja dengan semangat penuh meski motifnya bukan melulu materi (parts of them be came a rich wo/man anyway :)).

Dalam kegiatan mengajar dengan sistem operasi Linux salah satu permasalahannya adalah bagaimana meng assist siswa menguasai skill demi skill materi ajar ketika praktek di laboratorium komputer.

Dibutuhkan sebuah software tools ampuh untuk membimbing step by step prosedur pengelolaan informasi dengan komputer. Misalnya dalam mengajarkan langkah-langkah mencetak sebuah dokumen ke media cetak printer.

Selain itu aspek pengawasan dan pengendalian menjadi penting guna terbangunnya kegiatan belajar yang efektif di lab komputer. Kecenderungan siswa untuk mengerjakan hal diluar materi ajar sering terjadi akibat faktor-faktor seperti usia, tata letak, jumlah peserta didik dan ketersedian prasarana pendukung seperti sound system, multimedia proyektor dan lainnya.

FLTK (Fast Light Toolkit) Teacher tools adalah software pembantu guru dalam mengajar yang berjalan pada sistem operasi linux. Software ini dikembangkan oleh Robert Arkiletian menggunakan bahasa program python.

Bersama software pendidikan lain yaitu LTSP dan K12-LTSP (sekarang K12-linux) FL_Teachertool meraih FOSS and K-12 Education Awards tahun 2008 di Vancouver Canada.

FL_teachertool didesain berjalan pada distro K12LTSP dan K12-Linux, yaitu distro linux arsitektur diskless workstation berbasis Fedora. Sekolah kami menggunakan distro ini sejak 3 tahun lalu meski sekarang didamping Ubuntu with LTSP.

Dengan FL_teachertool memungkinkan guru untuk memantau aktifitas siswa pada PC, mengendalikan, mengunci, mem-broadcast prosedur, menjalankan aplikasi secara masal ditambah beberapa fungsi tambahan lainnya.

Pada versi FL_teachertool terakhir misalnya telah tersedia fitur url filtering dan penampilan wajah PC-PC client sekaligus (modus tile) yang memungkinkan guru terus memantau dari meja kerjanya aktifitas siswa lalu meberi bantuan langsung (control), mengunci, mengirim pesan atau memanggilkan program yang mereka butuhkan.

Kesemuanya dapat dilakukan oleh guru tanpa beranjak dari kursinya, dan dalam implementasi yang lebih luas akses kendali ini dapat dilakukan dari luar kelas (laboratorium komputer) atau baik dalam skup intranet maupun internet.

Sedang pada server ubuntu sekolah kami menggunakan software iTalc untuk kebutuhan ini.

Langkah-langkah menginstall aplikasi FL_Teachertool tentu harus tersedia dahulu K12LTSP. Cara menginstall K12LTSP dapat dilihat pada artikel instalasi K12LTSP di blog ini.

Setelah itu barulah kita mulai menginstal FL_Teachertool nya :

1. masuk ke terminal sebagai root

pada terminal lakukan instalasi fl_teachertool

# yum install fl_teachertool <enter>

Aktifkan kontrol monitor dengan mengedit file /opt/ltsp/i386/etc/lts.conf lalu uncomment (dengan menghilangkan karakter “#”) pada baris

X4_MODULE_02 = vnc

Simpan kembali file lts.confnya.

Buat password untuk VNC session

# /usr/bin/vncpasswd <enter>

Masukkan password dua kali

Copy password tersebut ke dalam direktori ltsp :

cp -a /root/.vnc /opt/ltsp/i386/root/ <enter>

Selesai, jika pc client aktif saat instalasi ini dilakukan, lakukan reboot pada client dan untuk menjalankan aplikasi ini login sebagai root pada server dalam modus GUI (gnome atau KDE).

Pada menu gnome klik Application – System Tools – FLTK Teacher tools. Atau bisa juga dengan mengetikkan command line pada terminal :

# /usr/sbin/fl_teachertool <enter>

Agar guru lain bisa memanfaatkan tools ini, tanpa login sebagai root langkahnya adalah sebagai berikut.

Buat group baru misalnya dengan nama “guru”

Masuk ke terminal sebagai root, lalu ketika perintah ini untuk mengedit dengan vi file sudoers:

# visudo <enter>

Tambahkan tulisan di bawah pada bagian akhir file dengan cara pengeditan vi, lalu jangan lupa tambahkan satu baris kosong kemudian simpan

%guru ALL=NOPASSWD:/usr/sbin/fl_teachertool

Selesai. guru sudah memiliki hak menjalankan tools FL_Teachertool dengan perintah

# /usr/sbin/fl_teachertool <enter>

Jika perintah ini terlalu panjang untuk diingat guru, kita bisa membuat perintah alias sebagai berikut :

alias teach='sudo /usr/sbin/fl_teachertool' <enter>

Informasi dan dokumentasi lengkap bisa dilihat mengenai fl_teachertool di :

http://www3.telus.net/public/robark/Fl_TeacherTool/index.html

Dalam ujicoba dan implementasi kami beberapa fitur agak memakan trafick jaringan cukup besar sehingga jika menggunakan client dalam jumlah besar akan cukup berat buat LAN, Spek jaringan di sekolah kami server P4 duacore 1.6 GH, DDR2 2 GB client 11 P1, 25 P3. Switch Hub 24 port Fast (100 mbps) + 2 port giganet (1000 mbps untuk ke server).

Akan tetapi dengan pembenahan yang terus dilakukan oleh pihak pengembang dan kemajuan teknologi jaringan yang semakin murah dan cepat (10 gpps :)), solusi diskless workstation dengan linux mudah-mudahan akan semakin reliable dan efektif sebagai sarana pembelajaran TIK di sekolah.

Strategi ini sesuai dengan motto sekolah kami “berjuang dalam keterbatasan”, dan sesuatu yang high-tech tidak harus selalu high-cost kan…

About these ads