Tulisan dari ‘Administrasi Guru’ Kategori

Lembar Jawaban Online

Selama ini guru pengguna onlinetest terbiasa menuliskan butir soal beserta kuncinya di komputer. Perlu waktu menginput butir-demi butir soal yang nantinya akan dikerjakan oleh siswa.

Terpikir juga untuk menyediakan fitur Lembar Jawaban Online. Jadi disini guru hanya memasukkan kunci jawaban untuk setiap nomor soal (konsekuensinya penyajian soal tidak boleh acak :D). Lalu dari sisi siswa disediakan lembar jawaban untuk di layar (hanya jawaban, bukan soal atau opsi!).

Penerapannya cukup bervariasi :

  • Melakukan tes untuk soal-soal dari berbagai sumber tercetak seperti soal-soal dari buku LKS, buku-buku bank soal, arsip Ujian Nasional, Atau ujian formatif lainnya.
  • Ulangan yang soalnya dibacakan secara lisan, ini sangat efektif misalnya setelah kita mengajarkan suatu materi, tes dapat dilaksanakan secara spontan dan tanpa persiapan yang memakan waktu. Kenyatannya kita bisa membuat konci sambil mendiktekan soal :D. Read more…

Instalasi Wirawan Test

Online test dapat di diinstall dan jalankan internet meski dari sisi keamanan masih rentan, bisa juga digunakan secara single user meski jadi kurang efektif karena banyak fitur yang jadi percuma.

Kesimpulannya, lingkungan ideal Online Test saat ini adalah di intranet. Jadi dibutuhkan jaringan lokal sekolah (akan lebih afdol jika dilengkapi  wireless network)  dan web server agar guru dan siswa bisa memanfaatkan Online Test dengan senyaman mungkin . Read more…

Statistik Pendownload Wirawan Test

Baru tau sourceforge.net dah nyediain fitur statistik baru meski masih beta. Iseng-iseng saya liat-liat fitur satistik yang ternyata mulai dirilis sekitar februari 2010 ini.

Lumayan informatif, kita jadi tahu asal-asal Negara pendownload hasil dari project yang kita developed. Read more…

Pendidikan di mata dunia industri

Akhir akhir ini, saya sedang demam ikutan seminar, workshop dsb. Setelah seminar seminggu lalu di Balirung UI, tadi pagi saya mengikuti workshop KTSP untuk SMK Kota Depok.

Awalnya terus terang agak skeptis karena pembicara yang diundang hanya dari kalangan industri perhotelan, otomotif dan waralaba. Makanya saya nulis status di FB “hotel, mobil, depstore…”, malah sudah punya planning kabur saat makan siang, karena tidak ada pembicara yang merepresentasikan bidang keahlian sekolah yang saya wakili. Read more…

Online Test: revisi struktur tabel soal_1

Pada tabel yang di upload di onlinetest02.zip ternyata terdapat kesalahan dalam dari struktur tabel soal_1 pada database onlinetest. Ini berakibat munculnya error messege “Unknown column ‘benar’ in ‘field list’” ketika tombol “Selesai” diklik stelah soal selesai dikerjakan.

Kesalahan ini berkaitan dengan penambahan fitur analisis butir soal yang memerlukan field tambahan.

Agar soal cotoh bahwaan tersebut bisa berfungsi jalankan query ini pada MySQL (phpmyadmin: Read more…

Menganalisa butir soal di Wirawan Test

Ada banyak fitur yang sudah bisa dimanfaatkan dalam menggunakan Onlinetest untuk melakukan tahap evaluasi belajar.

Akan tetapi untuk memperoleh hasil analisis yang optimal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Panduan ini dibuat setelah dilakukan ujicoba lapangan dengan metode trial and error :D

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah butir soal soal yang diinput sebaiknya sama dengan jumlah soal yang disajikan (dikerjakkan testee).

Onlinetest memang memungkinkan pembuatan sebuah bank soal dimana pembuat soal bisa menginput sebanyak-banyaknya soal dan menyajikan kepada peserta tes secara terbatas. Misalnya jumlah soal yang dinput 100 butir, yang disajikan 40 butir. Read more…

Wirawan Test dengan Analisis Butir Soal Sudah Bisa di Download

Setelah kesibukan tak berkesudahan saya kembali ingat janji mengembangkan aplikasi berbasis web onlinetest dengan fitur analisis butir soal.

Sebenarnya fitur Analisis Butir Soal sudah selesai cukup lama dan digunakan di sekolah kami SMP PGRI Depok II Tengah, tapi kustomisasi aplikasi terlanjur banyak disesuaikan dengan kebutuhan sekolah kami.

Jadi perlu waktu untuk melepas atribut-atribut lokal itu.dan waktunya pun akhirnya tiba. Kebetulan dengan ketersediaan modem unlimited hasil nabung saya bisa lebih mobile dalam berinternet.

Dalam versi onlinetest terbaru ini fitur baru yang ditambahkan antara lain : Read more…

Pengurangan huruf dalam Bahasa Indonesia

( disadur dari sebuah tulisan yang sudah lama hilang – versi Inggris )

Abjad yang digunakan di dalam bahasa Indonesia berjumlah 26. Ke-26 abjad tersebut rasanya masih terlalu banyak, dan lagipula ada beberapa abjad yang jarang sekali digunakan.
Oleh karena itu mari kita sederhanakan bjad-abjad tersebut dan penyesuaikan dengan kata-kata yang kita gunakan. Read more…

FL Teacher tool, mengajar TIK menjadi lebih mudah

Dunia Open Source selalu menawarkan banyak terobosan baru, para volunteers tetap bekerja dengan semangat penuh meski motifnya bukan melulu materi (parts of them be came a rich wo/man anyway :)).

Dalam kegiatan mengajar dengan sistem operasi Linux salah satu permasalahannya adalah bagaimana meng assist siswa menguasai skill demi skill materi ajar ketika praktek di laboratorium komputer.

Dibutuhkan sebuah software tools ampuh untuk membimbing step by step prosedur pengelolaan informasi dengan komputer. Misalnya dalam mengajarkan langkah-langkah mencetak sebuah dokumen ke media cetak printer.

Selain itu aspek pengawasan dan pengendalian menjadi penting guna terbangunnya kegiatan belajar yang efektif di lab komputer. Kecenderungan siswa untuk mengerjakan hal diluar materi ajar sering terjadi akibat faktor-faktor seperti usia, tata letak, jumlah peserta didik dan ketersedian prasarana pendukung seperti sound system, multimedia proyektor dan lainnya.

Read more…

Analisis Butir Soal Hampir Selesai

Setelah berkutat dengan code php cukup lama, akhirnya fitur analisis butir soal dalam aplikasi onlinetest mendekati selesai.

Terus terang cukup kompleks juga, beberapa bagian membutuhkan membutuhkan konsentrasi ekstra karena berkaitan dengan algoritma yang cukup rumit, tapi mudah mudahan bagian tersulit sudah lewat. Read more…

Analisis butir soal pada Wirawan Test

Lagi-lagi onlinetest chalange, setelah cukup puas dengan beberapa pengembangan fitur onlinetest (meski banyak rekonstruksi, penyempurnaan lain yg diharapkan), kami menilai sudah saatnya keinginan user dalam fitur analisis butir soal dipenuhi.

Meski terkesan agak terlambat mengingat analisis butir soal merupakan proses yang sangat kompleks, bahkan setelah kami baca literatur-literatur mengenai ini sampai pada kesimpulan tetap perlu pemrosesan manual, kami tetap mulai mecoba automasi sebisa mungkin.

Seperti biasa, kelinci percobaan-nya adalah para siswa sekolah tempat saya mengajar (http://www.belgia83.com), dan supaya lebih valid saya menambahkan field (kolom), kompetensi dasar pada setiap butir soal.

Output yang diharapkan dapat diperoleh hasil analisis butir soal berupa :

  • Soal katagori sulit, sedang dan mudah
  • Kelompok tingkat kemampuan Testee
  • Analisis efektifitas soal berdasarkan kroscek terhadap dua poin di atas.

Sementara target pengembangan fitur analisis butir soal hanya sampai tiga poin di atas. Kedepan kombinasi dari ketiga poin diatas  akan dijadikan skor kualitas kompulan soal, meski nilai obyektifitas skor tesebut belum tentu valid, setidaknya kita bisa belajar membuat butir soal dengan lebih baik.

Hasil pengembangan fitur analisis butir soal ini akan dikemas dalam rilis onlinetest RC-4, di https://sourceforge.net/projects/onlinetest/ yang akan kami upload pada sekitar akhir januari 2009. :D

Rapor Kelas 8C

Sabtu besok bagi rapor, hasil MID semester. format rapor sementara dah dibuat pake Excel, lumayan semi automate, fungsi yang dominan Vlookup. Untuk entri ekstra kurikuler pake nested vlookup (vlookup di dalam vlookup). http://www.eduhoster.com/titip/rapor.xls

Mau nya sih ngebuat yang full automated, basis web, pake PHP MySQL, tapi belum sempet. Mungkin Ujian akhir nanti. kalau tidak banyak kesibukan. Konsepnya sudah kebayang, yaitu mengarah ke SisInfo sekolah. Perlu perencanaan, serta kesiapan semua perangkat sekolah seperti siswa, guru, staf kalau dari infrastruktur dan teknologi no problem.

Salut buat sekolah-sekolah yang bisa mengkondisikan lingkungannya ke arah computer literate, di sekolah saya fase itu masih belum terlewati. Masalah non teknis seperti apresiasi, kebijakan dll buat orang seperti saya kadang bikin desperate… :(.

Untung ada internet, meski sekolah saya masih tahap transisi awal ke optimalisasi TI, beberapa sekolah nunjukkin apresiasi yang membesarkan hati.

Silabus dan RPP TIK SMP

Beberapa kali RPP dan Silabus yang saya susun hilang karena berbagai sebab. Jadi biar lebih aman (?) saya simpen aja deh form nya di sini. Idenya, saya kan sering cek blog ini, jadi file-file penting bisa tetep ada dalam katagori administrasi guru.

Selain itu saya bisa juga ambil  dari manapun sejauh masih bisa ada akses internet.

Jadwal Mid Semester Genap TIK 2008

Jadwal untuk pelaksanaan online test mata pelajaran TIK dan Bahasa Sunda, yang akan dimulai senin,  25 Maret 2007. Terbagi 36 sesi dengan jumlah peserta per sesi sekitar 19 siswa.

Fiile dalam bentuk pdf di simpan di :jadwal-mid.pdf

Tutorial: Trik di Ms Excel

Trik-trik yang saya tulis di bawah ini saya dapet selama bekerja dengan excel untuk keperluan administrasi kelas selama saya mengajar.

  • Nomor Urut Otomatis
  • Konversi Bilangan ke Huruf
  • Membuat rangking
  • Rumus Kelulusan UN 2008
  • Rumus Kelulusan UN 2011

Jadi bukan mau ngajarin tapi sekedar share aja, siapa tahu bermanfaat buat yg lain juga.

Buat yang punya trik-trik baru silahkan posting juga di sini, biar ilmunya bermanfaat :)

Read more…

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya.