Living with: Linux Edubuntu (1)

Terus terang saya tidak begitu berharap banyak. Hari-hari saya lalui dengan rutinitas mengelola lab sekolah yang berbasis windows 2003 server (Thinstation). Saya sudah cukup puas dengan segala keterbatasan kemampuan finansial sekolah kami bisa menyediakan akses internet pada PC-PC lama (Pentium I) sambil ngoprek web intranet berbasis PHP MySql.

Suatu pagi, ketika saya memasuki lab sekolah, dimeja saya tergeletak sebuah bungkisan kertas yang cukup tebal dengan cetakan alamat di depannya. Ketika saya ambil ternyata sebuah kiriman pos dari Belanda yang berisi 5 CD edubuntu 6. 05 Dapper Drake.

Penasaran saya masukkan CD tersebut ke dalam CD-drve di komputer server, pada pilihan menu awal, sapa pilih boot from harrdisk. Kemudian saya baca baca dokumentasi yang tersedia.

Setelah melakukan persiapan partisi sesuai petunjuk teman, saya mulai menginstal CD tersebut ke server dengan tujuan menjadikan server sekolah dual boot.

Setting IP addresss dan DHCP tidak begitu sulit karena tidak jauh berbeda dengan windows 2003 server. Proses instalasi pun so far so good.

Selesai instalasi, PC mereboot secara otomatis dan kemudian masuk ke grub boot loader. Setelah masuk ke login screen, masalah mulai muncul…. Saya tidak bisa login dengan akses root. Bingung, saya telepon teman yang sudah cukup familiar dengan linux. Akhirnya saya berhasil masuk ke tampilan x windows Gnome edubuntu.

Wah lumayan menarik. saya coba berbagai aplikasi yang ada, terutama edutainment. Lalu saya tes browser untuk mengases internet. tidak ada masalah.*

2 thoughts on “Living with: Linux Edubuntu (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s