Web Programming: Oline Test, PHP project pertamaku

Penyesalan selalu datang terlambat. Kenapa gw baru tau PHP sekarang. Tapi lebih beik terlambat daripada tidak. Awalnya ketika sekolah saya mulai terkoneksi ke intrenet. Dari situ saya mengenal CMS (Content Management System). Saat itu saya mulai ngoprek PHPNuke.

Sebagai web server saya sempet menggunakan IIS trus di instal PHP dan MySQL. Tapi beberapa waktu kemudian saya nyoba PHPTRIAD dan merasa cukup memadai dalam membangun intranet sekolah.

Selanjutnya saya mulai memperdalam web programming PHP dan database MySQL.

Untuk lebih mengenal PHP, saya mulai rajin mengoleksi buku-buku yang relevan. Selain itu saya mulai aktif bergabung dalam milis-milis dan forum diskusi. Salah satu forum diskusi yang telah sangat banyak membantu saya yaitu http://www.diskusiweb.com dari situ saya memperoleh banyak masukkan tentang bagaimana sebuah aplikasi web dibangun.

Sebagai latihan saya mencoba membangun program terapan untuk pelaksanaan tes secara online. Sedikit-demi sedikit program mulai terbentuk. Selama proses konstruksi program saya manfaatkan siswa-siswa dimana saya mengajar (SMP PGRI DEPOK II TENGAH) sebagai kelinci percobaan J. Responnya sangat baik dan memotivasi saya untuk terus menyempurnakan program online test ini.

Saat ini program online test telah memiliki banyak fitur seperti pengendalian waktu, User profile, nilai online (semacam raport), pertukaran pesan, penyajian acak atau sequential.

Selain itu program ini pun telah di manfaatkan oleh beberapa lembaga yang saya sebarkan berdasarkan hubungan relasi secara gratis. Kenapa gratis, karena saya berhutang kepada komunitas pendukung GPL yang telah menshare ilmu mereka tampa berharap imbalan.

Kebahagiaan yang saya rasakan ketika para siswa saya meresakan manfaat dari hasil jerih payah kita merupakan imbalan yang lebih berharga dari materi apapun.

Saat ini saya sedang mempelajari metode pemrogrammman berbasis OOP (Object Oriented Programming) agar pengembangan aplikasi yang saya bangun lebih terstruktur dan memungkinkan volunteer lain memberi kontribusinya*.

4 thoughts on “Web Programming: Oline Test, PHP project pertamaku

  1. bukansaya

    “Saat ini saya sedang mempelajari metode pemrogrammman berbasis OOP (Object Oriented Programming) agar pengembangan aplikasi yang saya bangun lebih terstruktur dan memungkinkan volunteer lain memberi kontribusinya”

    no offense mas.. tapi keliatannya ada yang anegh dweh..

    ohya?, bisa kasih pencerahan??

    Balas
  2. nia

    pak bisa bantu saya gak? saya juga lagi TA tentang pembangunan tes online dgn menggunakan php, cuma q gi bingung tabel2 yg dibutuhkan apa aj?

    semoga sukses…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s