Hari-hari pertama mengajar linux

Hari-hari pertama mengajar TIK menggunakan linux berjalan lancar. Para pengajar lainpun nampak tidak menemui kesulitan berarti kecuali akses internet speedy yg lebih lambat dari yang diharapkan. Sosialisasi yang dilakukan sebelumnya ternyata cukup efektif. Guru dan siswa telah dijelaskan dalam berbagai kesempatan tentang migrasi dari windows 2003 server thinstation ke Linux K12LTSP. Bahkan beberapa guru bidang studi tertentu meminta CD Linux yang kami berikan dengan senang hati.

Selain itu running test yang dilakukan pra KBM dengan spesifikasi server P4 Celeron 2.23Mhz, RAM 1 GB, diskless client 15 Pentium 1, 32 mb, plus 2 unit Pentium 2 menunjukkan performa yg cukup untuk baik untuk aplikasi browser, spreedsheet dan wordprosesor.

Dari pantauan sepintas sebagian besar siswa tidak menyadari bahwa mereka belajar komputer pada platform Linux, beberapa siswa tampat excite dgn OS baru mereka. no complain.

Dalam pemberian materi awal saya mencoba menjelaskan bahwa perbedaan mendasar dari Linux dengan OS lain adalah pada cara software ini dibuat, dikembangkan dan didistribusikan. Perlu waktu untuk membuat mereka benar-benar paham mengenai konsep GPL.

dibawah ini beberapa komentar siswa ttg Linux yang mereka sampaikan dengan gaya dan bahasa mereka sendiri.Buat para pembaca tulisan ini saya minta bantuan vote ttg komentar yg paling baik.

6 thoughts on “Hari-hari pertama mengajar linux

  1. adhiwirawan Penulis Tulisan

    Nama: maryuni
    TTL: Depok, 17 februari 1995
    kelas: VIII-D
    Ternyata di program linux itu banyak sekali program yang tadinya saya tidak tahu sekarang saya menjadi tahu.
    Waktu saya di kelas 7 saya hanya di ajarkan oleh guru saya tentang microsoft windows. Dan sekarang saya di kelas 8, saya di ajarkan oleh guru sayatentang linux. Sekarang saya sudah tahu apa perbedaan microsoft windows dengan linux.

    Nama;Reni permata suci.
    tempat tanggal lahir;09/Maret/1994.
    kelas;8C
    Hari Pertama Bersama Linux;
    Menurut saya belajar mengenai Linux tidak terlalu sulit karena yg mengajarnya pun tidak mem-buat hati saya jadi tegang.Gurunya pun baik dan 5abar bgt.Lagi pula waktu belajarnya pun tidak membosankan.dari penjelasan pak Adi juga, yg membuat otak saya jadi cepat mengerti.

    Nama : adetia
    Jenis kelamin : laki-laki
    T/T/L : BOGOR , 20 JANUARI 1994
    Kelas : VIII – C
    Ini hari pertama saya belajar dengan linux di kelas 8 . Karena di kelas 7 saya belajar tentang Micrsoft Word . Mudah -mudahan saya bisa lebih mengerti lagi tentang linux , karena bahasanya aga berbeda dengan Ms.Word . Mudah -mudahan saya lebih dekat lagi mengenal linux

    NAMA:ADRIAN REYNALDI,AHMAD AFFANDI
    TTL:DEPOK22 JUNI 1994,DEPOK 12 MEI 1994
    KELAS:8C
    HARI PERTAMA BERSAMA LINUX
    HARI SAYA BERSAMA LINUX BIASA SAJA TAPI DIKARENAKAN
    LINUX KUMPLIT JADI MENGGUNAKANNYA AGAK BINGUNG,
    KARENA SAYA SUDAH TERBIASA MENGGUNAKAN MS.WORLD
    SAYA PUN SENANK KARENA DIAJARI PROGRAM LINUX OLEH PAK GURU

    Nama : INTAN PANGESTIKA NOVIANDA
    T.T.L : Depok, 8 November 1993
    Kelas : 8-D
    HARI PERTAMA BERSAMA LINUX
    Hari ini tepatnya tanggal 23 agustus 2007 disekolah saat belajar komputer, komputer mengeluarkan program baru yang harus dipelajariyaitu Linux. Dahulu saya saat duduk dikelas 7 saya mempelajari tentang microsoft windows.Saat mempelajari program Linux ini saya senang walaupun saat pertama agak bingung karena tampilannya sedikit berbeda dengan tampilan microsoft windows, meskipun agak bingung tapi saya tahu sedikit tentang linux. Dengan mempelajari program linux ini saya jadi tambah pengetahuan tentang bagaimana cara mengoperasikannya dan program apa saja yang ada diLinux ini.

    NAMA:KANTIA, PANGESTU RIA ANDANI
    TEMPAT TANGGAL LAHIR: 11-05-94, 25-06-94
    KELAS:8-c
    Hari pertama saya bersama Linux sangat menyenangkan, Saya tadinya tidak tau menjadi tau karena berkat adanya program ini.Berkat Linux saya bisa lebih memahaminya karna Linux memakai bahasa saya sendiri yaitu, bahasa INDONESIA.Berkat adanya Linux juga saya bisa lebih mudah memakai INTERNET, EMAIL, dan sebagainya.Program Linux ini sangat mengasyikan, menyenangkan, dan lebih mudah untuk diketahui.
    Pertama saya masuk sekolah SMP PGRI saya sangat menantikan program Linux ini.Saya bertanya kepada pak guru, ‘kapan kelas saya praktek komputer’ karna saya ingin cepat-cepat memakai program Linux karna program Linux membuat saya ingin mencoba lagi.Berkat Linux tugas-tugas sekolah saya cepat selesai seperti, membuat Organisasi sekolah.Wah…..betapa hebatnya program Linux ini.

    Nama:Yudha Syahri Maulana
    Tempat Tanggal Lahir:Depok,05-Agustus-1994
    Kelas:8c
    Hari Pertama Bersama Linux
    Ketika baru pertama praktek komputer Pak Adi memberi tau isi-isi Linux.Saya sangat terkesan dengan program Linux karena sangat mengasyikkLinux memakai bhs Indonesia dan mudah di mengerti.Dari pada Ms.Word saya lebih suka dengan Linux.
    Kan.Mudah,tampilannya bagus,dan game seru-seru.Ketika membuka Aplikasi saya kira sama dengan Ms.Word engga taunya beda bahasa, kalau Ms.Word memakai bhs Inggris,tapi kalau Linux memakai bhs Indonesia dan mudah di mengerti.Dari pada Ms.Word saya lebih suka dengan Linux.
    Ketika saya baru masuk sekolah tahun pelajaran 2007-2008 saya sangat menantikan hari praktek komputer karena baru pertama kalinya saya sekolah di PGRI praktek komputer dengan program Linux.Lalu Pa guru T.I.K Pa Adi memberikan penjelasan tentang program Linux,wah betapa hebatnya proram Linux itu, cara pembelajarannya meng4syikkan & engga ngebosenin.

    NAMA : Joko setiadi
    T.T.L : Depok,18-06-1993
    KELAS : 8-D
    Hari pertama bersama linux
    Linux,linux itu mirip seperti Microsoft hanya ada sedikit peredaan,walaupun masih belum begitu mengerti,tetapi saya begitu ingin mempelajarinya.Hal yang pertama kali saya pelajari adalah aplikasi-aplikasi yang ada di linux,seperti aksesoris,edutainment,grafis,internet,permainan dan lain-lain.Disini pengganti ms word adalah word processor dan sepertinya tidak jauh beda dari ms word.

    NAMA;Muhamad LUTFI Sanubhari
    TTL ;DEPOK 26-06-93
    KLS ; 8c
    Hari pertama bersama Linux aku merasa belum mengerti dengan Program ini, saya yang biasa memakai Ms.Wordmungkin akan Cepat untuk mengerti Linux,Karna Linux sedikit berbeda dengan Ms.Word.Ms.Word memakai bahasa Inggris sedangkan Linux memakai bahasa Indoneisia

    Nama:Wasty.Everina
    tempat, tgl lahir:Bandung,08-09-1993,
    kelas:VII-c(8-c)
    Hari pertama barsama linux
    Hari pertama bersama linux memang meyenangkan walaupun sedikit tidak mengerti sich!!!tapi saya dapat mengenal lebih jauh lagi tentang komputer,komputer itu sangat penting,komputer selalu di pakai di berbagai perusahaan,kalau misalnya saya tidak dapat memakai komputer saya tidak dapat melamar pekerjaan karna komputer adalah salah satunya dipakai diberbagai perusaan!!!tapi mudah-mudahan saya dapat mengenal lebih dalam lagi tentang komputer ,cita-cita saya adalah ingin lebih kenal lagi tentang komputer,saya ingin mejadi orang yang sukses dan tidak nora sama komputer,udah dulu yach!!itu semua curhatan ku!!daAaHh….aAhH

    Nama:Heru purnomo
    jenis kelamin:laki-laki
    ttl:DEPOK,25-11-1993
    kelas:8c
    senang,tapi saya masih bingung karena baru pertama kali menggunakan LINUX .soalnya pas kelas satu masih menggunakan MICROSOFT WINDOWS mungkin lama-lama akan terbiasa menggunakan LINUX ,tetapi menggunakan LINUX lebih mudah dan menyenangkan daripada MICROSOFT WINDOWS

    Nama;wiwi widiawati.
    tempat,tgl lahir;jakarta,29 maret 1994.
    kelas; 8-c
    Hari pertama saya bersama linux sangat menyenangkan,ya…. walaupun sedikit ada rasa gerogi dan takut salah mungkin karena pertama kali saya memakai linux,tapi mungkin kalau sudah terbiasa rasa gerogi saya dan rasa takut salah saya akan hilang.
    Kalau masalah tentang linux kayanya saya lebih gampang mengartikannya,karena banyak bahasa indonesia,ya…….,maklum deh kalau masalah bahasa inggris kayanya saya belum mahir.enak juga sih kayanya memakai linux.

    Nama:Rosmaliani S
    ttl:Bekasih 11 april 1994
    kelas:VIII C
    HARI PERTAMA BERSAMA LINUX
    Hari pertamaku bersama linux agak sedikit grogi mungkin karena baru pertama tetapi lama -lama jadi asik juga bahasanya mudah di mengerti,lengkap,jelas dan asik tetapi tetap saja sedikit aneh.Hari ini seperti hari pertama belajar komputer memang sih ini hari pertama belajar komputer di kelas 8 dan hari pertamaku belajar linux .

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s