Opini: Satu laptop untuk satu guru

Proyek OLPC Nicholas Negroponte harus diakui merupakan proyek sangat idealis sekaligus ambisius yang jika berhasil direalisasikan akan membawa perubahan secara dramatis tidak hanya pada paradigma baru di pendidikan dan informasi, lebih jauh bisa mengatasi kesenjangan kesejahteraan masyarakat secara global karena akses informasi bisa bisa memperluas kesempatan memperbaiki hidup.

Meski demikian sebagai sebuah proyek pendidikan, OLPC menyisakan beberapa permasalahan, baik dari daya beli pasar di negera-negara berkembang yang menjadi target proyek tersebut, juga beberapa permasalahan lain seperti penyalah gunaan akses informasi seperti yang erjadi di Afrika Selatan, sinergisitas dengan kemampuan SDM pembimbing dalam hal ini guru dan orang tua.

Oleh karena ini muncul ide kenapa tiak dimulai dengan proyek satu laptop untuk satu guru. Tentu saja ini lebih rasional dan low profile dibandingkan dengan memberikan OLPC.

Jumlah kebutuhan yang relatif lebih kecil, serta daya beli pasar yang lebih kuat tentu membuat satu laptop untuk satu guru akan lebih mudah direalisasikan di Negara manapun. Selain itu, apresiasi guru terhadap TI, juga dapat membantu pemanfaatan OLPC ke arah penggunaan komputer yang lebih konstruktif.

Di Indonesia dengan kurikulum pendidikan yang baru KTSP menuntut seorang guru mulai dari tingkat dasar, hingga menengah memiliki kemampuan pengolahan data dengan Komputer. Saat ini kebutuhan adminstrasi saja sudah sangat sulit dilakukan secar manual. Mulai dari membuat rencana pembelajaran, evaluasi, apalagi hingga melakukan penilaian portofilio.

Kepemilikan laptop yang dilengkapi kemampuan komunikasi seperti akses internat dan intranet akan sangat membantu guru dalam meningkatkan mutu pendidikan baik secara individu, institusional sekaligus menyeluruh.

Obyektifitas penilaian dan kematangan perencanaan yang dibantu komputer baik yang dilakukan stand alone lebih-lebih integreted akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi yang terhadap proses belajar dan pembelajaran.

Pada gilirannya para guru yang telah memanfaatkan dan memiliki apresiasi tinggi terhadap TI akan menjadi partner sekaligus guide, inspirator bagi siswa-siswa mereka untuk memiliki dan memanfaatkan komputer sebagai sahabat belajar dan sebagai bagian dari kehidupan mereka.

Bagaimanapun OLPC merupakan proyek idealis yang harus mendapat dukungan penuh semua pihak guna membangun dunia yang lebih baik bagi generasi penerus. Seperti Om Nick bilang OLPC adalah proyek pendidikan bukan proyek laptop. “Idealism make the live going forward, money make the live going”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s