Tutorial: Apa itu blog?

Blog merupakan kepanjangan dari web log, sebuah situs yang berisi tulisan yang terarsip secara terurut berdasarkan waktu pengisiannya (biasanya dengan urutan menurun). Berbeda dengan situs jenis lain seperti portal, search engine, blog lebih sederhana. Namun perkembangan blog hingga saat ini telah jauh berkembang sehingga tidak sesederhana pada awalnya, sebuah blog biasanya dilengkapi banyak fitur seperti plug-in, template, dan sebagainya sehingga memerlukan tehnik pengelolaan yang semakin kompleks.

Secara garis besar blog dapat dikelompokkan kedalam blog pribadi dan blog komunitas. Pada awalnya barangkali blog pribadi dimulai dari situs diari online. Yaitu situs catatan harian seseorang yang dipulikasi di internet. Yang menarik dari blog pribadi selain naskah tulisan blog bisa dilengkapi dengan galeri foto, arsip video atau atau audio, jadi bukan hanya teks dan gambar. Dalam perkembangannya, isi atau content dari blog diisi pula dengan tulisan yang berkaitan dengan minat pemilik blog. Misalnya seseorang yang memiliki hobi fotografi mengisi blognya dengan hasil karya serta tehnik dan pengeetahuan fotografi yang ia miliki seperti jenis-jenis kamera, tehnik sudut pengambilan gambar, pemrosesan gambar digital, dan sebagainya.

Ketika content sebuah blog mulai dijadikan referensi orang-lain muncul moto “abadikan pengetahuan dengan menuliskannya”.

Blog komunitas merupakan sarana brainstorming, pertukaran informasi dari sekolompok orang yang memiliki minat yang sama. Jadi mirip sebuah forum diskusi dengan fitur yang terbatas, dan lebih bernuansa nonformal. Kelebihan blog komunitas adalah kekayaan contentnya karena diisi dan dikelola oleh sekolompok orang (tidak sendiri).

Meski anggotanya tidak sebanyak forum diskusi, mailling list, atau BBS (Bulletin Board System) keberadaan blog-blog komunitas telah memberi kontribusi terhadap kebutuhan informasi digital.

Fitur-fitur yang disediakan blog diataranya adalah :

Theme

Theme adalah format tampilan sebuah blog yang meliputi tata letak, komposisi warna. Fitur theme ini biasanya disediakan provider blog secara instan sehingga bloger tinggal memilih theme yang disukai sesui dengan jenis blog yang akan dibuat.

Namun seorang bloger terkadang tidak puas dengan theme yang ada sehingga dapat mendesain themenya sendiri.

Template

Template merupakan jenis-jenis konten yang akan menjadi bagian dari komponen blog yang akan dibuat. Templete yang disediakan sebuah provider blog misalnya tulisan, komentar, link, statistik dan sebagainya. Template apa yang akan kita pilih dapat ditentukan oleh bloger sesuka hati.

Plug-in

Plug-in hampir sama dengan templete, umumnya plug-in merupakan fitur tambahan yang belum disediakan sebuah server blog tapi dibutuhkan.

 

Saat ini telah banyak situs-situs di internet yang menyediakan blog secara gratis seperti wordpress, eblogy, 365 degree, multiply dan sebagainya.

Selain itu seorang web administrator bisa juga membuat blog server sendiri untuk intranet dengan mendownload CMS blog seperti yang disediakan situs http://www.wordpress.org. Dengan cara ini sebuah institusi seperti sekolah yang telah memiliki jaringan lokal bisa menyediakan blog ekslusif bagi anggotanya.

3 thoughts on “Tutorial: Apa itu blog?

  1. Ping balik: IQ’s Blog » Blog Archive » Pembukaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s