Tip & trik mengelola blog

Setelah sebuah blog dibuat, tentu perlu secara terus menerus dikelola. Selain akan lebih bermafaat bagi pemilik dan tentusaja orang lain, blog yang memiliki angka kunjungan tinggi dapat menjadi sumber pendapatan.

Karena itu perlu diketahui beberapa tip dan trik dasar dalam mengelola blog. Hal-hal yang perlu diperhatikan seorang blogger dalam mengelola blognya antara lain:

Jangan buat terlalu banyak blog.

Meski banyak provider blog di internet umumnya membolehkan seorang user untuk memiliki blog sebanyak-banyaknya namun ini akan menyulitkan bloger sendiri dalam mengelolanya. Lebih baik memiliki sedikit tapi informatif dan up to date daripada banyak tapi kosong.

Rencanakan content sematang mungkin

Jika kita bermaksud membuat blog mengenai hobi yang kita sukai atau disiplin ilmu yang kita kuasai atau tekuni, usahakan untuk menpersiapkan konten-konten yang akan kita lakukan. Lakukan riset dengan berbagai cara. ini akan menentukan kredibilitas blog kita nantinya. Misalnya sudah banyakkah blog sejenis yang ada, seberapa baik content mereka, seberapa tinggi minat pembacanya.Kemudian lihat kemampuan dan kesiapan kita.

Hal yang paling penting dalam kaitan dengan konten blog selalu berani dengan konten baru (tidak harus jadi followers), ini yang membuat dunia blog unik.

Seandainya blog yang akan kita buat adalah blog komunitas, undang partisipan-partisipan dan tanyakan kepastian mereka untuk memberi kontribusi terhadap blog yang akan kita buat nantinya.

Update terus blog anda

Semakin sering anda mengisi blog anda, akan semakin tinggi rating blog tersebut dalam search engine dan semakin mudah netter menemukan blog anda. Blog atau situs yang tidak pernah atau jarang diupdate akan hilang dari search engine.

Selain itu perhatikan tata letek tulisan dan gambar. faktor artistik dan kesederhanaan merupakan dayatarik tersendiri bagi netter.

Perhatikan apa yang disukai pengunjung

Untuk mengetahui keinginan pengujung atau istilah ekonominya market demand, disitu bisa kita lihat statistik pengujung anda, tulisan apa yang paling banyak di baca, kata kunci apa yang digunakan netter hingga mengarah ke situs anda. Lakukan analisa dan perbanyak tulisan pada jenis tulisan yang paling disukai.

Akan tetapi jangan ambil jalan pintas. tulisan-tulisan tertentu yang bermuatan ilegal memang akan berhasil mendongkrak popularitas blog anda, tapi jangan kaget jika suatu saat situs anda terblokir karena pada umumnya pengelola blog server telah menanam program penyaringan isi situs atau ada netter yang malaporkan.

Berikan respon secepatnya

Selalu periksa daftar respon dari tamu blog anda. Beberapa blog server menyediakan mail forwarding terhadap respon-respon yang masuk terhadap blognya. Penulis sendiri menset handphone agar dapat mengakses email dan melakukan pengecekan secara reguler. dimanapun penulis berada.

Ranking search enggine

Aspek Optimalisasi dalam search engine (SEO) mungkin merupakan hal yang terlalu penting bagi blogger, akan tetapi sedikit apresiasi tentang hal ini akan bermanfaat. Sebuah blog potensial mungkin sangat dibutuhkan banyak pembaca, akan tetapi karena kurang search engine friendly jadi luput dari perhatian mereka. Dan ketika dilakukan rekonstruksi desain, judul, tag, catagory sering terjadi peningkatan kunjungan.

Dengan mendaftarkan situs blog kita di search engine netter lain dapat lebih mudah menjangkau blog milik kita. Misalnya untuk mendaftarkan situs blog kita di google.com masuk ke http://www.google.com/intl/id/submit_content.html

Masalah berikutnya menaikkan rangking situs kita pada database search engine tersebut. Pelajari karakteristik setiap search engine seperti web crawler, web index, site map dsb.

Ada cara sederhana meningkatkan rangking situs kita yang berlaku universal pada semua search engine. Yaitu dengan mengakses situs kita sendiri melalui mesin pencari. Lakukan hal tersebut sesering mungkin. Penulis sebagai seorang pendidik sering mengarahkan murid saya sendiri untuk mencari dengan kata kunci tertentu misalnya “adi wirawan” ;).

Hindari OOT

Setelah anda menentukan jenis blog, usahakan untuk tetap fokus pada jenis content yang anda pilih. Meski anda boleh menulis apapun kedalam blog anda, tulisan-tulisan yang keluar topik mungkin mengurangi respek pengunjung dan akan mengurangi nilai blog anda.

ada banyak tip-trik lain yang perlu anda ketahui sebagai bloger sejati, anda bisa mencarinya dengan search engine. Sepertinya terlalu banyak aturan ya?, tapi itulah konsekuensi menjadi selebritis di dunia maya.

Kunjungi blog tetangga

Di dunia maya silaturahmi tetap penting, berbagi link (blogroll) merupakan esensi penting dari blog, dari sini terbentuk sebuah komunitas berdasarkan kesamaan interest, latar belakang, profesi. Membaca dan mengomentari baik itu dukungan, kritik, ucapan terima kasih blog-blog tetangga menjadikan dunia blog menjadi hangat, tulus, segar dan membawa pencerahan.

Saat memposting sebuah komentar, ada baiknya kita selalu mencantumkan blog kita sebagai bentuk personal responsibility atas tulisan yang kita buat sekaligus membuka kesempatan readers melacak balik.

About these ads

225 thoughts on “Tip & trik mengelola blog

  1. adhiwirawan Penulis Tulisan

    Terimakasih, sebenernya sudah saya bikin seringan mungkin karena saya juga blogger kelas pemula. tapi kalau ada nggak paham bisa googling atau bisa tanya kan biar kita tambah ilmu

    Balas
    1. cipto

      salam kenal,, seperti bpk saya juga angat pemula, tapi klo bsa blog saya untuk marketing produk yang saya jual, tlong kasih saranya,, terima kasih,,

      Balas
  2. herihidayat

    halo lam kenal
    ohh ya bagi -bagi dong ilmu nya
    biar aq tambah suka ama blog ku
    gimana ya agar orang berminat mengunjungi blog saya ?
    apa yang harus saya rubah
    oh ya makasih
    dahh ikut gabung

    Balas
  3. bimo

    kalo dah install wordpress di PC, trus nanti upload nya gimana ya

    copy aja seluruh fodernya, trus jangan lupa databasenya, klo saya biasa pake phpmyadmin, export dst..

    Balas
  4. khuneesa

    penambahan penjelasan materinya kurang boss…trims

    Maksudnya, uraian per poin atau poin-poinnya?, kalau jumlah poinnya pasti banyak tip dan trik lain sesuai pengalaman blogger sendiri. atau mau nambahin?

    Balas
  5. yayang

    mas kalo udah bkin blog langkah selanjutnya apa mas? trus klo mw bikin tulisan trus dimasukan keblog kita tu gmn cranya ? trus cra daftar ke adsense gmn mas syaratnya apa saja ? duh maaf ya banyak nanya soalnya sya baru blajar buat blog ? makasih ya mas tolong di jawab pertanyaan nya.,.,.,.,.,..,

    Balas
  6. imron46

    mengelola banyak blog tidak masalah, yang penting update postingan terjadwal disela – sela jam mengajar, sepadat apapun jadwal asal disempatkan untuk posting di blog akhirnya justru menjadi pemasukan pasif yang setara dengan gaji, bukankah sebuah cara baru mendapatkan uang..jika saja program online earning dipelajari di bangku kuliah.

    Iya juga sih, kalau saya karena terlanjur banyak blog ngga ketanganin akhirnya dihapusin deh yang kira-kira ke maintain. thx dah mampir

    Balas
  7. oka

    Assalamu’alaikum mas Adi..aku pengen bagusin blog aku..tapi aku masih bingung caranya…ada cara yang mudah gak?
    cara nampilin link gmn?maklum..masih amatiran..hehe

    Balas
  8. rabbani04

    Asa. thank you buat infonya, InsyaAllah bermanfaat bagi para blogger.www.rabbani75.blogspot.com

    Terimakasih juga sudah sudi mampir

    Balas
  9. didik

    Mas, saya mau share and care nih. Saya bikin blog sejak Januari 2009 semua lancar-lancar saja dan tidak ada masalah yang terlalu mengganggu. Saya belajar membuat blog dari buku dan internet juga tanya sana sini. Masalah baru muncul ketika pada tanggal 12 Juni 2009 saya edit entri yang baru tetapi hasilnya tidak muncul di halaman depan. Ketika saya cek ke labelnya ternyata apa yang saya entry sudah ada. Masalah lainnya adalah apapun perubahan yang saya lakukan (baik entri data maupun perubahan profil) tidak tampil di blog saya padahal menurut saya semua langkah dan proses sudah lakukan. Bisa bantu ya Mas? Terimakasih sebelumnya

    masih agak bingung, kalau belum terpublish (masih draft kan dalam daftar tulisan ada keterangannya.

    Balas
  10. Riu

    hai….ke’ mana caranya msukin tulisan dalm blog…coz…..
    aku bnyak tulisan nih tapi… blum bisa msuknya ke’ mana tu…tolong yah makasih.

    login dulu (http://wordpress.com), trus di bawah “Tulisan” kan ada link “add New”, dklik aja itu trus nulis deh. Blog itu kan emang buat semua orang, bukan orang IT aja, jadi dokter, guru (seperti saya), pelajar, ibu rumah tangga bisa mempublish karyanya dan di share tanpa perlu mikir terlalu teknis (web authoring, desain dll).

    Balas
  11. uchi jelek

    makasih sarannya…….memangnya setiap blog harus punya tema sendiri ya…?

    Dalam menulis blog sebenarnya tidak ada keharusan itu, seperti blog saya ini juga gado-gado. Esensi blog adalah menulis dan berbagi. Tidak seperti media publikasi konvensional dipagari beberapa aturan seperti segmentasi pembaca, standar penulisan misalnya jumlah karakter, tema, ejaan dsb.
    Meski begitu tetap, membangun tema blog merupakan opsi yang perlu dipertimbangkan karena berkaitan dengan komunitas yang akan dibangun, iterest, apresiasi pembaca dan sebagainya.

    Terimakasih sudah mampir.

    Balas
  12. Rahmat Ade

    Memang perlu banyak belajar nih dalam mengelola blog agar blog kita ter-manage dengan baik.
    Btw, thanks for sharing… :-)

    sama-sama, thx dah ninggalin jejak di blog ku

    Balas
  13. muchlis arhani

    mas.. terima kasih ilmunya…
    saya baru belajar nieh…
    semoga bisa menjadi selebritis dunia maya seperti mas…

    Balas
  14. bq. jasni

    thanks bang infox, mgkin sy hrus belajar bnyk. bang,tolng mampir d blog sy ya liat dn komen isix apa yg hrus d ganti. udh bs d akses lwt google.selanjut tolng emailx ya sy pengen brbgi.thanks before.

    Balas
  15. Jifong

    Wah…bagus banget nih blognya mas. Saya jadi ingin sekali belajar tentang mengelola blog yang benar biar banyak pengunjung yang tertarik dengan blog saya seperti blog mas Adi ini. Bagaiman sih mas untuk membuat entry di blog biar menarik? terima kasih buat mas Adi semoga blog ini terus berkembang dan menjadi tempat persinggahan para netter yang ingin belajar ngeblog. Salam kenal dari saya.

    Balas
  16. boby

    mas mau nanya nih,? apa manfaatnya blog berbayar dg yg gak, apa gunanya domain+hosting buat blog kita, dan gimana caranya tau domain+hosting itu mbantu blog saya?kasih tau saya mas,Makasih

    tujuan blog berbayar barankali
    1. pesonalisasi : sebenernya blog sudah sangat personal dengan memiliki domain sesuai identitas kita.
    2. keleluasaan : blog yg free memang membuat pembatasan seperti dalam menerima script, jenis data dll. tujuannya demi keamanan bersama. juga dalam ukuran atau web space. Dalam blog berbayar semua dierahkan pada pemilik baik fitur, tingkat keamanan sd resiko.
    3. komersialisasi : nah kalau kita ingin menikmati reward finansial dari aktifitas blogging barangkali blog berbayar perlu dipertimbangkan secara serius.
    sebenarnya blog yg free dan berbayar punya kelemahan dan kelebihan, misalnya untuk blog berbayar karena kebanyakan bersifat sewa tahunan harus selalu dijaga jangan sampai terhapus atau suspended. ada beberapa perbedaan lain antara blog yg free dan berbayar, silahkan aja ditambahkan.

    Balas
  17. ALAMNASYROH

    TRIMS BERBAGI INFONYA, sangat berguna bagi kita dlm menata blog, salam kenal , buat para blogger
    http//www.alamnasyroh.blogspot.com

    sama=sama, terimakasih dah mampir …:)

    Balas
  18. oyauyus

    Wah makasih atas pencerahannya, sebagai pemula ifo ini sangat membantu. Terutama bagi saya (baru belajar mengenal blog).
    pokoknya thanks abis,…

    Balas
  19. Zulianson

    I like it.Thanks.But i must learn any more..As a new comer..

    if you like in writing, or intent to like in writing, or hate but have to able in writing just write and publish, write and publish. I believe everybody can ….

    Balas
  20. azkila

    tQ ilmunya..
    tapi Aq masih bingung megelola blog..
    maklum pemula..
    salam kenal..

    yang penting nulis n publish mbak…kalau kesalahan atau kekurang sempurnaan bisa diperbaiki lain waktu. semangat ya…

    Balas
  21. Aginc

    Thank’s mas atas infonya, saya pengguna yang masih sangat baru di wordpress, mudah-mudahan info dapat bermanfaat buat saya.

    Balas
  22. sobari

    Asw mas

    saya ucapkan terima kasih ya mas. Tulisannya membuat saya lebih faham. saya masih pemula

    salam kenal
    Sobari
    (sabrikoe.blogspot.com)

    Balas
    1. adhiwirawan Penulis Tulisan

      Langsung meluncur ke TKP, ternyata benar contentnya bisa dibilang identik …:D, ada bebarapa perbedaan sih, salah satunya tgl update disitu 22 Agustus 2008.
      Selisih sekitar 10 bulan dari artikel ini (28 Oktober 2007).
      Tapi buat saya, kalau tulisan itu merupakan double content dari artikel ini saya nggak terlalu mempermasalahkan, terus terang malah ada rasa bangga juga ketika tulisan kita dianggap penting :D.
      Sekedar review, tips blogging di atas saya buat dari kacamata saya sebagai blogger pemula.
      saya membaca banyak tips-blogging yang punya bobot jauh lebih baik dari artikel ini. Tapi dari komen yang masuk saya senang bahwa pengetahuan saya yang terbatas pun ternyata punya manfaat bagi orang lain.
      Sekedar informasi sebagai blogger saya sangat aware terhadap isu orisinalitas tulisan, meski rank blog saya jauh dibawah dibandingkan rekan blogger lain saya berusaha menjaga agar artikel, tulisan yang saya masukan semurni mungkin dari pemikiran sendiri. meski ide itu pasti berasal atau terinspirasi dari pemikiran orang lain.
      Saya akui kadang saya menulis mengikuti tren yang berkembang seperti tuisan saya terakhir mengenai facebook. Tapi tujuannya tidak semata-mata jumlah pembaca, melainkan lebih pada refelksi pemikiran saya atas isu itu, khususnya dari sudut pandang saya sebagai seorang pendidik.
      Mengenai kesalahan ketik atau kalimat yang janggal, jangan heran itu sudah jadi ciri khas saya :D…, tapi itulah bedanya blog dengan media masa konvensional. artikel tidak harus sempurna saat di publish. toh kalau memang ada kesalahan bisa diedit lagi ;).
      Anyway., terimakasih kritiknya…, kalau sempat tolong beritahu lagi seandainya ada tulisan saya yang sama dengan tulisan diblog atau situs apapun lainnya.
      Buar mas Gunawan…, salam kenal… tetep semangat blogging dan semoga sukses di bisnisnya ..

      Balas
  23. Ping balik: tips mengelola blog | Tips Ngeblog

  24. jegol

    Brkelas dan punya pemikiran yang cerdas!!!

    mau kenalan tpi saya masih sungkan pak untuk sher lewat dunia maya, maklum masih baru kenal internet, alamat email aj masih baru apalagi yang namanya blog baru bikn sehari yang lalu, tapi kalo bapak mau add YM-nya saya (maswa31),

    terimakasih dan wassalam…

    Balas
  25. aepms

    ooh ternyata gtu toh caranya jdi blogger sejati…, susah2 gampang…,tpi makasih atas tip & triknya..udah lama Q bwt blog nih tpi baru X ni tau cara mengelolanya…

    Salam Kenal…

    Balas
  26. dian

    aslm
    menarik infonya pak…. (karna guru ya???)
    ada yg mw saya tanya ni pak
    kan ada beberapa blog gratis tu….
    sebenarnya yg lebih mudah pengelolaannya dan ga ribet yang mana si?
    saya baru coba 2, tapi yg satu dah lupa nama dan pw nya…
    yg blm di coba wordpress.
    mohon penjelasannya
    ayau adakan rekomendasi buku untuk pegangan dalam mengelola blog? (kyk kuliah aja )
    thanks infonya
    waslm

    Balas
  27. m4lt4

    trim’s gan.post anda sangat membantu saya.masalahnya saya masih awam untuk ngeblog. mohon bimbingan dan pencerahan dari agan. posting nya agan saya ambil ya.

    Balas
    1. adhiwirawan Penulis Tulisan

      Istilahnya blog walking, jadi kita baca artikel sesama blogger baik yg ada di blogroll (daftar blog yg sudah kita data) maupun diluar itu.
      Dari situ kita bisa berbagi inspirasi, saling mendukung dsb….

      Balas
  28. Awenx182

    Lm knal brow sblumny…..
    Mw nanya ne…..sbgai blogger pemula stelah mmpnyai blog trnyta mmbingungkn jg ea ,,,,1 diantranya saya :):)….mw nnya nee ?? Gmna cranya mengunggah fto,trus applksi2 dn sbgainya…bgaimna ???
    Trus 1 lgi gmna cra mnggambarkan jati diri tntang saya lewat tulisan d halaman….
    Sbelumnya…..trim’z bnyank…..wassalam
    \m/

    Balas
  29. daeng oprek

    wah, tips yang bagus, makasih ya, Blognya keren nih, dan banyak juga pengunjungnya, sukses. o ya saya ucapkan SADAMDA BASEMEN, artinya salam damai dan bahagia selalu menyertai, amin….:))

    Balas
  30. dian meliana

    makasih mas atas artikelnya. kebetulan saya sedang mencari tips agar blog saya dikunjungi banyak orang. kalau ada waktu, mampir ke blog saya ya…dan ditunggu tipsnya untuk blog saya tersebut. sekali lagi, trims. sukses selalu!

    Balas
  31. yudh1th

    Waaaah…mas Adi,tulisan anda sangat membantu saya,sudah lama iseng2 bikin blog,tapi tak pernah saya liat,masih utuh,abis bingung sich,baru2 iseng saya liat,lalu lewat google q cari totorial tentang mengelola blog,ketmu blog mas adi dan langsung klik,meski masih rada2 bingung tapi tetap bermanfaat,trima kasih mas Adi…

    Balas
  32. Ngabdan Syakuro

    terima kasih MAs Adi atas tulisannya saya juga lagi belajar ngeblog tapi masih jauh dari tulisan Mas yang lebih maju. Bahkan saya nengalami jalan buntu. karena tidak ada yang membimbing tata cara ngeblog terlebih dalam soal bahasa yang masih balita yaaaah cuma iseng – iseng sambil menyumbangkan pengalaman di dunia mobil.
    kalau Mas sempet mampir doong di blog saya ” ketapangjayamotor@yahoo.com

    Balas
  33. Ping balik: tugas tik « snovita343

  34. Ping balik: TUGAS | ferywahyu

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s