Linux + AVG: Scan Virus partisi Ms Windows tampa tertular

Sekarang dikalangan linuxer mulai populer trik mengobati program dan data di partisi windows (NTFS, FAT) dengan scan virus dari system linux. Ide sederhana tapi brilian, jadi tampa maksud jadi plagiator, saya ikut mesosialisasikan trik ini buat temen-temen.

Sebelumnya saya hanya menggunakan salah sistem linux untuk menyelamatkan flashdisk-flashdik yang terkontaminasi virus secara manual. Cari file yang berukuran tetentu (biasanya 42 byte) trus, hapus. backup data dalam flashdisk Kemudian format flashdisk, lalu copy lagi data ke flashdisk. Cara ini tentu masih menyisakan virus, trojan dsb, yang tersimpan dalam file atau dokumen.

Cara lain adalah dengan menginstall program anti virus di linux. Selain untuk menscan system linux sendiri, ternyata anti virus ini justru lebih bermanfaat untuk menscan virus-virus yang berada pada partisi windows.

Sejauh ini saya mencoba metoda scan dalam satu PC (dual boot), media eksternal (flashdisk, HDD dengan IDE 2 USB). Kabarnya bisa juga scan ke PC lain melalui melalui protokol Samba (saya belum nyoba).

Sebelum mulai menginstall program anti virus, ada baiknya sistem linux kita dilengkapi dengan paket ntfs-3g agar dapat melakukan baca tulis di partisi ntfs serta FAT. Untuk linux distro terbaru (seperti ubuntu GG (7.10) barangkali paket ini telah built-ini, jika belum tinggal install aja.

Langkah pertama tentu saja mendownload anti virus for linux (ada aAVG atau ClamAV) lalu install. setelah itu jangan lupa update database antivirus secara online (Untuk ubuntu harus dari coomand line karena memerlukan hak hak akses root). misalnya : sudo avgupdate -o

Eh, iya sebelum mulai nyeken, jangan lupa ntfs konfiguration nya dibuat read dan write (bisa dilakukan pada mode GUI, cari aja yah di menu, kalo ntfs-3g telah trinstall pasti ada).

Nah proses scannning bisa dilakukan di modus GUI (aplication, aaccesories) atau command line. Untuk command line ketahui dulu dimana media yang akan di scan ter-mounting, biasanya di /media/[media].

baru ketik perintahnya :

avgscan -scan /media/windows atau: sudo avgscan -scan /media/windows klo di ubuntu

agar langsung menghapus virus yang ditemukan perintahnya :

avgscan -clean /media/windows atau: sudo avgscan -clean /media/windows klo di ubuntu

4 thoughts on “Linux + AVG: Scan Virus partisi Ms Windows tampa tertular

  1. Ping balik: Senjata Paling Ampuh Menyelamatkan Data Dari Komputer yang Terinfeksi Virus « root@fandigunawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s