Jaringan: Upgrade Flash ROM Lancard Intel Pro/100+

Bermula dari Lancard yang saya punya (lumayan banyak) nggak bisa untuk net booting diskless workstation pada thinstation maupun LTSP. Anehnya di PXE versi 0.9x dan 2.x nggak ada masalah, meski metoda proses pengambilan kernel boot image dari server berbeda.

Ada lebih dari sepuluh lancard intel seken yang saya beli mubazir. Akhirnya setelah konsultasi sama temen saya usahakan upgrade lancard dengan bootrom PXE versi 1 ke yang versi 2.x. (Entah kenapa PXE versi 1 nggak bisa net booting barangkali ada rekan yang bisa ngejelasin).

Setelah googling berminggu-minggu (sambil kerja yang laen sih). Saya terdampar di situs www.intel.com/support/network/adapter/pro100/bootagent/ kemudian say print dokumentasi-dokumentasi yang berkaitan dengan permasalahan yang saya hadapi. Setelah dipelajari maka mulailah pertaruhan dimulai (Kesannya :)).

Mulai dengan mendownload file proboot.exe dari situs intel di http://downloadcenter.intel.com/Product_Search.aspx?Prod_nm=proboot di situ kita memlilih jenis lancard yang sesuai dengan kartu jaringan yang kita punya.

Selanjutnya tentukan sistem operasi yang akan digunakan untuk menginstall (sebenarnya mengekstrak) file proobot.exe ini. Saya memilih DOS. Proses download akan segera dimulai.

File proboot yang telah di ekstrak tersebut akan di simpan dalam folder: INTEL12.3 ada baiknya gunakan harddisk atau bisa juga memburning file tersebut ke cd bootable (dos atau win98) karena kapasitas file proboot.exe dan hasil ekstrak-nya tidak cukup dalam satu disket.

file yang dihasilkan diantaranya: IBAUTIL.EXE file-file *.FLB dokumentasi dsb.

Kemudian pasang lancard intel yang akan di upgrade hidupkan kembali PC. Sebaiknya jika ada lancard lain dicabut dahulu dan kabel UTP tidak perlu dipasang.

Setelah berada di DOS prompt masuk ke folder INTEL2.3 (CD INTEL12.3 <enter>

ketik IBAUTIL -UPGRADE <enter> akan muncul pertanyaan “create restore image of NIC 1 before proceeding (Y)es (N)o?

Jika kita menjawab ya berarti versi PXE yang ada dalam flash ROM lancard akan dibackup terlebih dahulu dalam file *.FLB. dan jika kita ingin mengembalikan versi tersebut kedalam flash ROM lancard dapat dilakukan dengan mengetikkan UBAUTIL -RESTORE nantinya.

Setelah kita menjawab pertanyaan di atas proses upgrade akan segera dilakukan dalam waktu beberapa detik dan lancard anda sudah ter-upgrade.

Lakukan pengujian dengan menhubungkan PC diskless ke server untuk masuk ke menu bootrom saat booting tekan ctr+S.

Jika semua berjalan lancar bootrom telah berisi Intel Boot Agent versi terbaru dan siap dipakai sebagai lancard diskless workstation.

Terimakasih buat intel yang membuat lancard versi ini dalam jumlah besar sehingga mudah mencarinya di toko-toko komputer. dan situs intel.com yang menyediakan patch update untuk flash ROM PXE versi terbaru. Oh iya juga buat kang google yang acap kali memberi solusi dari kebuntuan permasalahan yang saya hadapi.

7 thoughts on “Jaringan: Upgrade Flash ROM Lancard Intel Pro/100+

  1. adhiwirawan Penulis Tulisan

    Thx dud’s, btw ada temen yg kasih tau 3com 905C TXM baru harganya 45 ribu di depok, tpi order dulu.
    Kita tinggal nyoba giga ether biar bisa pasang game online n install beryl atau desktop effect di cleint😉.

    Balas
  2. Iman sopanda

    Mau ngasih tahu ada 5 monitor, 15inch merek zyrex, harganya Rp. 300 rb. permonitor, siapa yang minat hub: iman sopanda no. tlp: 081319475754

    Balas
  3. SYAMSU

    Mas ADHI
    klo cari Lan Card yg ada Bootroomnya dm Ya?
    Klo bisa minta alamat yang jualnya??
    terima kasih

    Kalau di jakarta di harco, tapi pedagang banyak, yg nggak paham apa itu LAN Card yang bootrom PXE, biasanya kami cari-cari sendiri dari tumpukan lancard yg mereka tunjukkin. Informasi terakhir lancard baru ada (3Com 905C TXM, harganya sekitar 185 ribu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s