Pendidikan: Kurikulum = Microsoft? Cape deehh….

Menjelang US tahun lalu salah satu sekolah yang kami bantu proses instalasi jaringannya saya beri bonus free instalasi LTSP server dengan ubuntu.

Meski senang, dan cukup sering digunakan beliau mengatakan masih menngajarkan siswanya aplikasi berbasis microsoft. “biar sesuai kurikulum” ujarnya.

Salah satu rekan pengajar TIK, di sekolah semester lalu masih menggunakan LKS berbasis Microsoft meski lab sekolah telah bermigrasi ke linux (K12LTSP berbasis Fedora Core 5), “Biar sesuai dengan kurikulum” argumennya.

Klimaksnya saat LKS semester genap ini datang, Saya menolak LKS mata pelajaran TIK karena tidak relevan dengan yang dipraktekkan di LAB, Meski berusaha defensif tapi adu argumentasi berlanjut hingga penelaahan Silabus KTSP 2006. Kesimpulannya, materi yang diberikan pada semester genap kelas 8 adalah spreedsheet.

Tanpa maksud mencari siapa yang harus disalahkan dalam miss persepsi ini, saya melihat superioritas Microsoft di dunia pendidikan begitu kuat. Fanistisme microsoftmania mungkin hampir seperti agama bagi sebagian mereka. Takut di cap “murtad” barangkali kalau pindah platform😀.

Sebagai newbie di dunia linux berhadapan dengan karakter seperti ini salah salah kita terdorong agar sama fanatik-nya dengan mereka. Kalau keberpihakan terhadap perangkat lunak yang kita pilih tidak lagi didasari nilai pakai dan nilai ekonomi maka secara harfiah kita telah memenjarakan logika dan akal sehat dan tetap menggenggam keyakinan bahwa yang biasa kita pakai adalah yang terbaik dan yang tidak pernah atau baru dicoba beberapa saat sebaiknya ditinggalkan.

Ini tentu tidak adil, tidak adil bagi diri kita sendiri, tidak adil bagi OS kompetitor yang sudah dicap “tidak sesuai kurikulum” dan tidak adil terhadap siswa-siswi yang berhak tahu bahwa sebenernya ada pilihan buat mereka.

4 thoughts on “Pendidikan: Kurikulum = Microsoft? Cape deehh….

  1. adhiwirawan Penulis Tulisan

    Ironisnya, Ms Office 2007 jadi nggak relevan dengan KTSP 2006😀, misalnya sistem menu file, edit, insert dst pada KTSP kelas 8 di aplikasi pengolah kata dan spreadsheet.
    Harusnya Penyusun kurikulum pesen ke developer Ms, supaya mengembangkan perangkat lunak yang tidak menyimpang dari Kurikulum kita😀, mau nggak ya ???

    Balas
  2. wakhinuddin

    Thank U Adhi….
    Ada satu keluaran Microsoft, yaitu Microsoft proyek, bagus untuk dipelajari terutama teman2 yg aktif mengolah data yang ada skripnya..

    Menarik, maksudnya script apa?, basis dot net ya?. bisa lebih mendetail nggak pak?
    terimakasih sebelumnya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s