Hacker, membuat dunia maya lebih berwarna

Terminologi hacker sering menimbulkan ketakutan, tapi juga rasa ingin tahu, bahkan obsesi bagi generasi muda untuk menunjukkan eksistensi diri. Jadi apa atau siapa sih hacker itu sebenarnya?

Hacker adalah seseorang memiliki pengetahuan mendalam terhadap cara kerja internal suatu sistem komputer atau jaringan computer (RFC 1392). Masih ada kontraversi seputar arti dari hacker, apakah hacker itu indentik dengan tindakan kriminal atau justru bagian penting dari pengamanan komputer.

Aktifitas hacker dalam konotasi negatif yang tercatat adalah ketika sekelompok orang merusak sistem telepon di amerika pada tahun 1963, kemudian kasus lain yang cukup populer ketika pada tahun 1999 David Smith meluncurkan virus Melissa dan menular pada sekitar 1,2 juta komputer dan mengakibatkan kerugian sekitar 80 juta US dolar.

David Smith ditangkap dan didakwa atas tuduhan criminal computer hacking dan divonis 40 tahun penjara. Namun ia dibebaskan setelah 20 bulan setelah menyetujui untuk memberikan bantuan pada dinas rahasia Amerika FBI dalam pengawasan aktifitas bawah tanah di dunia maya.

Jadi apakah seorang hacker atau cracker itu selalu berkonotasi negatif? Diluar pengertian hacker sebagai seorang yang berprofesi di dunia kemanan sistem komputer, barangkali harus diakui bahwa hacker adalah seseorang yang memiliki kecenderungan melanggar otoritas sistem, menyembunyikan identitas, menyerahkan tanggung jawab pada pengguna dan merugikan pihak tertentu (biasanya pengembang software atau Admin sebuah system jaringan). Akan tetapi juga merupakan sebuah realitas bahwa para hacker tersebut telah memberikan banyak solusi serta memberi kontribusi yang berarti pada optimalisasi teknologi bagi kehidupan. Jadi sebuah dilema apakah para aktifitas hacker itu menganggu keseimbangan atau justru menimbulkan keseimbangan baru.

Saat ini telah banyak karya-karya para hacker yang dinikmati pemakai komputer seperti bocoran serial number perangkat-perangkat lunak proprietary. Tools-tools pengambil kontent internet seperti lagu, video dll, bahkan tips-trik dan file terkompilasi untuk melakukan perubahan konfigurasi sistem guna mengembangkan, menambah fitur atau kemampuan sebauah perangkat lunak.

Jadi berterimakasih lah terhadap para hacker tersebut (berikan donasi😉 ), dan jika anda ingin atau telah menjadi hacker jadilah yang hacker yang menjunjung etika.

8 thoughts on “Hacker, membuat dunia maya lebih berwarna

  1. unies

    Apa Kabar Nama saya Unies, Saya Baru Masuk perguruan Tinggi Swata di Surabaya Jurusan IT Dan menyukai Sepak Bola (Nggak Nyambung ya). Saya mau Bertanya Seputar Hacker mas, sejak Kecil Impian saya itu ingin sekali menjadi seorang Hacker yang Membantu Orang Lain Bukan merusak. Karena Dulu Keluarga saya mempunyai Cerita kelam Tentang Dunia IT Sehingga Harta benda keluarga saya Hilang. Makanya aku Berjanji ingin sekali menjadi Seorang Hacker Yang membantu Orang yang sedang Membutuhkan, Bukan Orang yang banyak duit.
    Mas Adhi Bisakah anda membantu saya bagai mana tahap tahap menjadi seorang Hacker terutama Point Point Penting Dasar Menjadi Seorang Hacker Sejati Dan Bagai mana saya mencari referensi dan Trik2 tentang Dunia Hacker, Karena Di kampus aku terkenal Gaptek Oleh karena Itu aku ingin mereka menjilat ludahnya sendiri.
    Aku juga mau belajar tentang Linux, Linux itu apa aku sekarang masih belajar (Gaptek). dan satu Point lagi Mas, Sutau saat nanti aku ingin menjadi seorang NetworkHack (Networking dan Hacker) dan Ingin membangun suatu jaringan.
    Sekian Cukup Terima kasih Mohon Mas Adhi Mendegar Jeritan Hati saya dan keluraga. Karena aku ingin membalas Budi saya,

    Balas
  2. Hedwig™

    ada yang bilang hacker adalah orang yang suka menjebol sebuah system, kemudian membuat sebuah report agar pemilik system memperbaiki kekurangannya.
    Sementara yang merusak disebut dengan cracker…

    Balas
  3. adhiwirawan Penulis Tulisan

    @Unies: Setahu saya, hacker sendiri bukan profesi formal, tapi beberapa dasar pengetahuan , disiplin ilmu yg mendukung seseorang untuk disebut (menamakan diri) sebagai hacker adalah :
    1. Pengetahuan pemrogramman : komputer itu kan sebuah mesin digital yang hanya mengenal kode biner, on dan off, 0 dan 1, dari situ kode diterjemahkan (oleh interpreter atau compiller) kedalam kode terstandar agar dapat berinteraksi dan bekerja sesuai kebutuhan pemakai. Ada beberapa bahasa program mulai dari assembler hingga bahasa program tingkat tinggi seperti visual basic, PHP, phyton dsb. bahasa-bahasa program datang dan pergi seperti halnya program aplikasi. Beberapa bahasa program cukup lama digunakan seperti C++, IMO bahasa ini merupakan bahasa program yang tepat untuk dipelajari mereka yang serius terjun ke dunia pemrogramman.
    2. Pegetahuan sistem jaringan : Minat anda belajar linux sudah merupakan titik awal yang tepat untuk menguasai jaringan. NOS (Network Operating System) muncul dan berkembang bersama pertumbuhuan teknologi jaringan komputer. Barangkali karena linux merupakan kernel yang diciptakan oleh seorang network engineer di bidang unix sehingga linux mirip unix (unix like).
    sistem jaringan merupakan kunci proses automasi dan komputasi . Sedikit yang bisa dilakukan jika kita tidak memahami jaringan. Ada banyak jenis arsitektur jaringan dari segi hardware, topologi, platform, protokol dsb.
    Protocol jaringan yang banyak direkondasikan untuk dipelajari adalah TCP/IP, saat ini versi TCP/IP yang di pakai masih versi 4 (IP V4) IPV6 namun tengah dirumuskan dan bahkan telahdipmplementasikan di beberapa OS seperti Windows Vista, Linux dll.
    @Hedwig : itulah yang yang saya maksud adanya polemik ambigu mengenai definisi hacker. Saya sendiri berpendapat hacker itu orang yang memiliki kemampuan masuk ke dalam sistem dengan memanfaatkan kelemahan (security hole, bug dsb.) yang ada pada sistem tersebut. Sedang cracker adalah orang memiliki kemampuan membuka secara paksa pengaman terhadap suatu aplikasi terkunci atau terenkripsi. Misalnya yang bisa membuka file dokuument yang terpassword, sistem aplikasi yang dikunci (password, serial number, registrasi online) atau membuka locking system hanphone misalnya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s