Kaum Yahudi, perjalanan panjang sebuah ras pilihan Tuhan

Hari hari terakhir ini, dunia menyaksikan drama berdarah-darah di sebuah dataran yang diklaim sebagai sebuah tempat oleh yahudi sebagai akhir perjalanan kaum mereka yang dicerai-beraikan oleh takdir. Sebuah tempat yang pernah ditaklukan Nabi Daud sekitar 3 milenium kebelakang. The promising land.

Sejak saat itu, wilayah pertemuan tiga benua Asia / Eropa / Afrika itu menjadi saksi bisu penaklukan, kejayaan, pengusiran, perbudakan bahkan pembantaian para keturunan Nabi Musa ini.

nt_israel-flat

Kitab-kitab agama samawi memberi catatan khusus tentang ras ini sebagai kaum yang diberi anugrah dan keistimewaan dibandingkan kaum lain, tapi juga sebagai kaum yang dimurkai sekaligus dikutuk Tuhan.

Peristiwa-peristiwa yang menimpa mereka dalam beberapa momen sejarah membentuk sebuah karekter kaum yang begitu berbeda dibandingkan ras-ras lain. Yahudi dan ras lain ibarat dua sisi berbeda dari sebuah koin. Keunikan ini kadang menimbulkan rasa takut, benci, iri, was-was kadang iba dalam kadar yang berbeda di setiap zaman.

Ada masa ketika semua perasaan itu mencapai klimaks meletus menjadi kombinasi yang begitu mematikan, didorong oleh sentimen agama, ditambah situasi kontemporer yang sangat tidak kondusif kemudian meletus menjadi upaya-upaya sistematis dalam bentuk pengusiran dan pembunuhan masal.

Sebuah trauma yang semakin membekas di dalam lingkaran sejarah yang terus berputar dan secara tragis  kemudian kembali ke titik yang sama. Sebuah kaum yang memiliki latar belakang sejarah begitu panjang, tercerai berai di berbagai penjuru dunia, tampa tanah air.

Saya ingat sebuah film Amerika yang menceritakan sebuah keluarga yahudi di era 80-han. Sebuah kehidupan keluarga yang sudah membaur budaya amerika saat itu, lengkap dengan dinamika kehidupan remaja sama seperti kehidupan remaja amerika lainnya. Lalu salah seorang anak-nya mengalami semacam reinkarnasi?, some how dia kembali ke masa perang dunia II tepat sebelum peristiwa holocaust era Hitler. Sebuah proses menuju kematian tak terelakkan menuju kamar gas di salah satu kamp konsentrasi.

dikisahkan tepat setelah gas mulai merengut nyawa si gadis, ia kembali ke waktu 80an. Dalam kebingungan si gadis berdialog dengan sang bibi yang benar-benar pernah mengalami peristiwa tersebut, kemudian meluncur sebuah nasehat yang ia sampaikan kepada keponakannya tersebut. “Kita adalah kaum yahudi, dimanapun, seperti apapun dan kapan pun kita hidup dan tinggal, ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan, bahwa kita adalah seorang yahudi”, kurang lebih begitu.

Saya cukup banyak merenung setelah menonton film itu, trauma yang dialami sebuah ras yang diwariskan secara genetis melampaui rentang waktu ribuan tahun, hampir mewarnai setiap episode sejarah umat manusia. Membangun sebuah generasi dengan semangat yang luar biasa untuk tetap survive , meski acap menjadi korban. Dan pada saat yang sama pun atas dasar motivasi yang sama, menjadi kaum yang berupaya menjadi penakluk dunia tak kenal ampun.

25 thoughts on “Kaum Yahudi, perjalanan panjang sebuah ras pilihan Tuhan

  1. hermanvarella

    Yahudi, ras paling kejam dan jahat…… paling manipulatif, paling bermuka dua, paling tidak bisa di percaya… yahudi…. dibenci….

    Balas
  2. wyd

    mungkin kata ‘penakluk dunia’ kurang pas yah.

    saya mendapat e-mail berisi peta daerah kekuasaan yahudi atas jalur gaza mulai tahun 1954 hingga sekarang. dan anda tahu, meski saya ga suka menggunakan kata2 ini, tapi daerah itu terus meluas dan benar2 menghimpit bangsa palestina. seorang penakluk dunia akan menaklukkan daerah primitif belum berpenghuni, paling ga tidak merampas milik orang lain.

    anda tentu ga mau kan bertetangga dengan orang yang sekian tahun kemudian ternyata hanya tinggal dapur yang anda miliki karena bangunan lainnya telah diambil si tetangga tanpa anda pernah melakukan kesalahan atau transaksi meski hanya transaksi lisan…

    Adi Wirawan : Saya nggak punya niat membela Zionis (yahudi yang terobsesi untuk membangun tanah air dengan ibu kota Yerusalem), apa yang mereka perbuat tidak bisa dibenarkan dari sudut pandang apapun termasuk ajaran Agama mereka.
    Sebagai Muslim saya juga merasakan sakit melihat saudara kita diperlakukan diluar batas peri kemanusiaan dan punya keinginan kuat membantu sebatas kemampuan yang ada.
    Masalah pelik yang dihadapi di sana muaranya adalah munculnya semangat zionisme berdasarkan ramalan kitab mereka untuk membangun kekuatan (negara) di wilayah itu (Kanaan) yang pada akhirnya menuju sebuah pengendalian dunia oleh kamu yahudi.
    Meski kesimpulan ini terkesan pranoid, tapi peristiwa demi peristiwa terjadi mengarah pada upaya sistematis untuk mewujudkan hal itu.
    Di sisi lain jika kita menyelami perjalanan kaum yahudi dalam sejarah, Ide Zionisme dari sudut pandang mereka merupakan upaya pembelaan diri dari kaum minoritas untuk menghindari tekanan yang selalu mereka alami dimanapun mereka hidup. Puncaknya peristiwa holocaust di Eropa.
    Jadi pilihannya (mungkin terlalu kasar), menjadi budak atau memperbudak.
    Tragis-nya pada saat ide zionis ingin diwujudkan wilayah Yerusalem berada diwilayah kekuasan negara Muslim (Palestina), yang pada awalnya tidak memiliki kebencian yang khusus terhadap kaum yahudi.
    Saya mengatakan ini mengingat kekuasaan-kekuasaan yang mendiskreditkan kaum ini terjadi pada masa kekuasaan Mesir Kuno, Romawi, Dan Kepausan (Paus Urbanus II). Meski harus diakui dalam masa Islam kaum yahudi menjadi warga negara kelas 2.
    Sebagai orang awam, saya hanya melihat konflik di timur tengah yang terjadi sekarang menempatkan rakyat Palestina sebagai korban tak berdosa. Dan kita bukan hanya muslim punya tanggung jawab untuk menghentikannya sesegera mungkin.
    Kalau nggak sentimen agama, ras yang semakin menajam bisa mengarah ke konflik yang lebih kejam dan melampaui batas tolerasi nilai kemanusiaan.

    Balas
    1. west

      klo kiat lihat sejarah memeang benar bhawa daerah palestina adalah daerah yang dijanjikan tuhan kepada mereka,karena pada waktu itu mereka taat pada tuhan.dan perlu di ketahui sejarah kaum yahudi lebih panjang daripada sejarah agama nasrani maupun islam.
      dan menurut saya,tidak ada yang perlu di salahkan.semua konflik yang ada di palestina tidak ada hubungan ya dengan islam ataupun agama yang lain.jadi menurut saya,jika kita mempunyai toleransi dan percaya kepada tuhan kita tidak perlu ikut campur urusan mereka.lebih baik kita mendoakan mereka agar semua masalah yng mereka hadapi dapat tuntas dengan baik dan tidak ada yang di rugikan.
      kesengsaraan yahudi di masa lalu, dan kesengsaraan palestina sekarang siapa yang harus di persalah kan?
      yahudi hanya menagih janji.

      Balas
  3. Kuyu

    yang harus kita benci bukanlah orang yahudi.ny…
    tapi yang harus kita benci adalah perbuatan mereka,
    perbuatan oknum yahudi lah yang berbuat seperti itu,
    (saya mengatakan oknum karena tidak semua orang yahudi berbuat demikian),
    oknum yang membuatideologi zionis,

    Tidak semua orang yahudi setuju akan adanya negara israel dan ideologi zionis…

    yang perlu kita perangi sekarang adalah ideologi zionis mereka,
    karena ideologi tersebut yang menyebabkan ini semua…

    apabila ideologi tersebut telah musnah maka insyaallah apa yang kita harapkan terjadi,,,,!

    Adi: Sebuah pemikiran yang konstruktif, saya sangat setuju.
    Akan tetapi meski dikatakan oknum, zionisme merupakan gerakan yang terorganisir, dan bergerak diberbagai dimensi kehidupan (politik, ekonomi, militer dll).
    Berarti pertanyaannya, bisakah paham zionisme berdampingan dengan paham lain? jika tidak, seberapa jauh petualangan para “oknum” ini akan berjalan? sampai jerusalem dikuasai secara mutlak.
    ?, atau tidak berhenti sampai disitu?

    Balas
    1. Rio Tango

      Sepertinya anda salah dalam membaca sejarah kaum yahudi..anda membaca dr sudut pandang org yahudi sendiri…Peristiwa Holocaust??? Secara logika apa ada ruangan yang bisa menampung jumlah orang pada saat itu? bahkan Roger Garaudy (Prancis), Robert Maurison dan org2 barat yang menyangkal tentang holocaust malah di tangkap..aneh ya? itulah kebohongan Yahudi agar mendapatkan simpati dr org2 seperti anda yang kurang faham..
      “I could Kill All The Jewish in The World, but i kept some alive, so you can see why I was killing them” (Adolf Hitler).
      Bahkan Hitler pun memberikan alasan mengapa ia sangat2 ingin menghabiskan yahudi.
      Hadist Rasululloh S.A.W :”Tidak akan terjadi hari kiamat sebelum kaum Muslimin memerangi orang-orang Yahudi. Kemudian kaum Muslimin membunuh mereka sampai orang Yahudi bersembunyi di belakang batu atau pohon. Maka batu -atau- pohon itu berkata :” Wahai Muslim, wahai hamba Alloh, ini di belakangku ada Yahudi, kemarilah lalu bunuhlah”. Kecuali pohon Gharqad (sebuah pohon berduri yang dikenal dikalangan bangsa Yahudi), sesungguhnya Gahrqad itu adalah salah satu pohon bangsa Yahudi.”…mudah2an anda tdk terjerumus dengan upaya pemikiran dr kaum2 pluralisme yg akan menghancurkan iman anda.

      Balas
      1. adhiwirawan Penulis Tulisan

        Saya melihat dan menilai sejarah sebagai seorang muslim, dan saya tidak pernah ragu akan apa yang saya yakini,
        Peristiwa pengusiran dan pembunuhan kaum yahudi pun adalah fakta-fakta sejarah yang dicatat sejarahwan muslim dan non muslim, bahkan termaktub di Al Qur’an dan Asunnah.
        Mengenai polemik peristiwa Holocaust, saya juga pernah membaca artikel-artikel yang saudara maksud. saya tidak mau terlibat terlalu dalam. tapi kamp-kamp konsentrasi itu memang ada.
        Seorang teman yang pernah pernah tinggal di Jerman dan mengunjungi beberapa peninggalan kamp konsentrasi menceritakan pada saya betapa merasa bersalahnya orang Eropa / Kristen akibat peristiwa itu.
        Kalau setelah itu para zionis memanfaatkan momentum Holocaust untuk mendapat dukungan negara2 kolonialis guna menguasai tanah Palestina saya rasa itu langkah yang strategis buat mereka.
        Mengenai Hadist di atas, saya tidak ingin membantah, hanya saja, ada masa di mana Para Penguasa Muslim pernah memperlakukan kaum lain (termasuk yahudi) dengan adil tanpa dilandasi kebencian, maski pada waktu itu pun Hadist tersebut bukan tidak deketahui kaum muslim.
        Menurut saya, ekspresi kebencian tak terkendali yang diperkuat dalil-dalil agama bisa menjadi bumerang karena menyebar luaskan rasa amarah dan putus asa yang bukan tidak mungkin berbuah tindakan teror membabi buta.
        Dan itu sama sekali tidak akan menolong saudara kita di Gaza….

      2. Rio Tango

        ehm..liat aja peristiwa kemaren serangan israel atas kapal mavi marmara…menurut anda gimana?🙂 …Al-qur,an itu firman Alloh dan Firman Alloh tdk pernah salah dan pasti akan terjadi..Islam itu Rahmatan Lil alamin, tp bagaimanun kita berbuat baik thd mereka…gambaran Al-Quran ttg sifat-sifat yahudi itu pasti..Sombong..angkuh..hatinya sdh tertutup..dan temapt yang pas buat mereka adalah Neraka Jahanam bersama “sekutu2” yang mendukung mereka..Insyaalloh

      3. adhiwirawan Penulis Tulisan

        Lalu apakah deskripsi itu dan pernyataan Hitler yang menjadi pembenaran pembunuhan dan pengusiran kaum yahudi tanpa pandang bulu dalam Islam?.
        Apakah ada pemimpin Islam (dari Nabi Muhammad hingga Khulafaur Rasyiddin) memberi contoh generalisasi sifat buruk suatu kaum menjadi kebijakan untuk memghabisi suatu ras?
        Kalau Rio mengingatkan saya mengenai bahaya pluralisme, boleh saya ingatkan Rio tentang bahaya “Radikalisasi Islam”?.

  4. west

    saya sangat setuju sama mas adhi. menurut saya segala bentuk kejahatan entah itu moral maupun fisik sama sekali tidak di benarkan oleh islam.coba kalian semua lihat foto kaum yahudi ketika jaman hitler.sangat miris sekali walau pun saya seorang muslim.tetapi saya sampai meneteskan air mata, mulai saat itu saya berjanji untuk menjadi muslim yang mempunyai toleransi yang tinggi

    Balas
  5. antz

    perlu anda ketahui pencetus holocaust sendiri adalah orang yahudi. memanfaatkan hitler sebagai pelaksana. dan tujuannya memindahkan secara paksa dengan mengorbankan orang yahudi dan agar yang masih hidup mau kembali ke tanah palestina.

    Balas
    1. adhiwirawan Penulis Tulisan

      Kebetulan saya sudah pernah nonton filmnya, hmmm…, jadi penasaran…, apa orang yahudi pencetus holacoust itu dianggap pahlawan atau penghianat oleh kaumnya ???

      Balas
  6. williejoe

    saya jd tertarik nih mas adhi… boleh minta referennsi film2 atau buku yg mnceritakan tntang sjarah kaum yahudi???

    Balas
  7. sistematis

    sudah tersebut dalam Al-Quran, kalau orang-orang yahudi dan orang-orang kafir akan selalu memusuhi Islam dari zaman Nabi Adam sampai hari kiamat…

    Balas
  8. JI Malasyia

    Yahudi tu bgai bangkai Babi yang bsuk dan berbau, dan sepatutnya kita kubur, sbagai kaum non Yahudi, kita hrus berperang memerangi mereka, krn mereka adalah kaum yg tak bermoral, kitab-kitab yang mereka yakini pun, tak masuk diakal,,.. Bajingan Kaum Yahudi, Matimu adalah harapan KAMI…

    Balas
  9. Anti Yahudi

    kaum yahudi.. kaum biadap,,, kaum kafir… Setiap Berjanji pasti akan berdusta,,dan mengingkarinya,,, kaum yg di istimewakan oleh allah,, tapi mereka terlalu sombong dan,,,mempersekutukannya.. masyaallah… tunggu aja,,, kedatangan imam mahdi,, biar kalian serta teman dajjal kalian,, di basmi,,, sudah tertullis di dalam kitab suci al’quran..

    Balas
  10. Seraphim

    saudara Adhi, saya byk baca komentar anda, dan saya melihat anda adalah seorang yang mempunyai cara pandang yang bijak, artinya cara pandang yang penuh pertimbangan, menimbang permasalahan dengan objektif yang jelas tanpa terpengaruh sesuatu yang bersifat samar,, pertimbangan anda selalu melalui pengamatan, segi pandangan sejarah, dsb ( dgn kata lain sebelum anda berbicara anda terlebihi dahulu menyelidiki perkataan anda dengan seksama ) saya kagum mempunyai saudara sebangsa seperti anda, Indonesia sekarang membutuhkan figur2 pemuda seperti anda, yang melihat untuk mempersatukan, meskipun dalam perbedaan, mari kita bersatu menjunjung tinggi perdamaian, dan menyudahi peran2 iri dan dengki serta amarah yang semua hanya akan menghancurkan kita, untuk sesuatu hal yang tidak membangun sama sekali… terima kasih saudara telah berbagi kasih dengan membangun sesama, salam persaudaraan- dari saudara mu yang berbeda namun sehati dengan anda.. salam kasih…

    Balas
  11. lucifer 666

    Kalian aja yg bodoh ngejudge yahudi spt itu apa kalian tau gimana sikap nabi tercinta kalian muhammad pd yahudi membunuh 600 sampe 900 yahudi dan dari dulu hingga kini yahudi dibenci islam padahal islamlah yg membantai yahudi ketika yahudi tercerai berai diseluruh penjuru dunia dan tinggal dinegara2 arab mereka disiksa ditindas difitnah dijadikan budak jika gak mau jd muslim apa itu ajaran agama islam yg katanya rahmatan lil alamiin

    Balas
    1. Kutuk Israil

      membunuh 900 yahudi itu kecil di banding penyiksaan ribuan yahudi yg dipaksa masuk kristen oleh ratu Isabel Spanyol sang pewaris katholik, yahudi yg lari dari spanyol diterima oleh negara turki yg muslim, sejarah pun mencatat 10.000 yahudi di bantai oleh Tsar Rusia sang pewaris Kristen Orthodox, dan kekejian terakhir di lakukan oleh sang jagal hitler yang melenyapkan 6.000.000 yahudi di kamar2 gas, kita tau hitler itu dari Jerman di mana agama Prosetan eh,, Protestan lahir,, itulah kebiadaban2 Kristen yg mengaku agama damai tapi faktanya agama yg haus darah, MATIUS 10 : 34 jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang. Coba buktikan kalau Islam pembantai yahudi, tidak ada secuilpun sejarah mengatakan hal itu

      Balas
  12. AriC

    “Kitab-kitab agama samawi memberi catatan khusus tentang ras ini sebagai kaum yang diberi anugrah dan keistimewaan dibandingkan kaum lain, tapi juga sebagai kaum yang dimurkai sekaligus dikutuk Tuhan.”
    Coba agan jelasin knapa Tuhan murka dan mengutuk mereka? Apakah murka-Nya tanpa sebab? Apa Anda lebih pemaaf daripada Dia?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s