Dari lomba menulis blog pelajar Kota Depok

Bermula dari sebuah telepon rekan blogger (Andri) yang meminta bantuan menyeleksi posting-posting kompetisi blog yang disponsori Gunadarma. Setelah ngobrol sebentar akhirnya saya sanggupi untuk membantu.

Menunggu beberapa hari muncul email dari mas Dodi mengirimkan daftar link dari para blogger peserta lomba. Ada 38 link dari siswa-siswi SMA Depok dalam format excel. Dijelaskan juga metode penilaian yang diharapkan.

Menilai tulisan sulit untuk tidak subyektif,  Selain bobot kwalitatif yang kalau dikonversi secara kwantitatif pasti kadang agak bias, apalagi jika sudah membaca beberapa tulisan muncul argumentasi berulang jadi cenderung memberikan penilaian yang lebih kecil😦.

Meski begitu obyektifitas tetap berusaha dipertahankan. Akhirnya saya buat program kecil dengan php. Terlebih dahulu tabel excel di konversi ke MySQL (database faforit🙂 ) lalu ditambahkan field nilai-nilai dari aspek yang dinilai. Abis itu buat form deh dengan hanya menampilkan tema, tulisan dan input nilainya. Jadi saat skoring saya nggak liat nama, jenis kelamin😉, atau asal sekolah.

Dari Pictures

Tulisan dicopy paste dari blog ke dalam database agar bisa dikerjakan secara offline (ngirit kuota badwidth telkomselflash n antisipasi masalah akses internet seperti backbone yang kena tsunami who knows..).

Pegel juga baca 37 tulisan one by one, makan waktu sekitar 4 jam. Hasil akhir diurut by skor dan lima besar pun nongol (mau tau aja).

After all, cukup surprise dengan bobot tulisan anak SMA (mungkin karena dah diseleksi di sekolah ya)… eh iya lupa… Kota Depok😀, they r very talent, briliant, pure. Saya menandai beberapa posting blog yang memiliki pandangan cukup tajam dan mendalam terhadap isu yang diangkat (kemacetan di Kota Depok), dan memaparkan skema pemikiran yang terstruktur mulai dari latar belakang, pendeskripsian masalah hingga solusi.

Beberapa blogger muda lainnya mencoba menulis pengalaman pribadi berkaitan dengan isu kemacetan ini dengan gaya bahasanya, sah-sah saja karena itulah uniknya blog.

Saya yakin jika budaya menulis melalui blog ini  terus dipupuk, akan muncul blogger-blogger muda yang cerdas, kritis, jujur dari Kota ini. Yang pada akhirnya bisa mengangkat citra Kota Depok dalam percaturan informasi global. Semoga.

One thought on “Dari lomba menulis blog pelajar Kota Depok

  1. ãñÐrî ñâwáwï

    Wahhh… top markotop, gut marsogut mas adhi:mrgreen:

    Saya sendiri malah cuma tak buka’in satu-satu trus tak nilai berdasarkan kriteria yang ada, ga pake apalagi bikin applikasi seperti mas adhi. Mangstaph dehhh…

    Nanti kalo ada lomba bisa dimintain tolong lagi nih, hehee…
    kemaren kemana pas acara launching kok pas malem ngilang?

    Cuma aplikasi pendek. Idealnya sih penilaian ada yg khusus nilai aspek bahasa, aspek ide, dll. jadi lebih kredibel dan obyektif ya.
    Waktu GL, ada yg ngajak makan jadi pulang duluan deh, sampain maaf aja ma temen-temen ya, tapi seru, sempet ngikutin talkshow Mas Enda Nasution.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s