Membuat Rumus Kelulusan dengan PHP

Tahun 2009 ini batas minimum kelulusan sekolah dinaikkan, akan tetapi bukan itu masalah yang ingin dibahasa di tulisan ini, perubahan parameter kelulusan itu yang sempet bikin pusing saya, mungkin beberapa rekan IT lain juga.

Bagaimana menulis formula kelulusan yang benar agar data nilai hasil UN dapat diproses secara otomatis oleh komputer untuk memberi keterangan “LULUS” dan “TIDAK LULUS”. Sempat mencoba dengan merubah rumus Pada Spreedsheeet, tapi cukup panjang dan kurang efektif.

Kemudian mendekati hari kelulusan sekolah memberi izin untuk mempublish di web sekolah. Tempting enough …, maka mulai lah saya ngutak-atik script PHP. Dalam perumusan algoritma, ternyata 3 skenario kelulusan yang dideskripsikan berkembang menjadi 8 !!!, damn.. !!, mulai ngerasa penulisan script akan nyita waktu dan pikiran nih. Mana waktunya 1 hari lagi.

In my logic, perlu penerapan nested IF dalam fungsi kelulusan (mungkin programmer lain beda pendekatannya, that’s the beauty of programming). Secara umum skenario kelulusan SMP saya petakan seperti ini.

Untuk lulus skenarionya :

  1. Semua nilai lebih atau sama dengan 4.
  2. Nilai Rata-rata lebih dari 5.5
  3. nilai IPA >=4, Mtk>=4, B.ind>=4.25, Bing>=4.25
  4. nilai IPA >=4, Mtk>=4.25, B.ind>=4, Bing>=4.25
  5. nilai IPA >=4, Mtk>=4.25, B.ind>=4,.25 Bing>=4
  6. nilai IPA >=4.25, Mtk>=4, B.ind>=4, Bing>=4.25
  7. nilai IPA >=4.25, Mtk>=4, B.ind>=4.25, Bing>=4
  8. nilai IPA >=4.25, Mtk>=4.25, B.ind>=4, Bing>=4

Pada skenario 6 sampai 8 harusnya bisa menggunakan if and tapi nggak tau cari-cari di php.net nggak ketemu syntaknya, nemu penggunaan if () && tapi kegunaan dan syntaxnya agak kurang jelas (buat saya :D). akhirnya digunakan nested if.

Emang perasaan udanh nggak enak sih, struktur if yang terlihat di editorial (saya pake phpdesigner2007) menunjukkan anomali karena penempatan elseif dengan “{}’ meng-hiligth if terakhir bukan sesuai hirarki if-nya.

Agak teknis nya, sengaja emang karena dalam tahap belajar PHP dan dibeberapa forum ada yang mengira ini bug, tapi ada juga yang bilang ini penyakit programmer konvensional (gw bgt), biar ada pencerahan dari programmer yang pakar.

Tapi saya nggak akan nguraian lebih jauh teknis pencarian solusi masalah ini karena saya punya blog khusus yang ngebahas teknis. Intinya fungsi kelulusan UN SMP akhirnya selesai, meski agak tambal sulam dan mudah-mudahan nggak ada bug.

Dari jam 8 malem sampe jam 11 lebih fungsi kelulusan selesai dengan PHP beserta pernik-pernik HTMLnya. Kemudian saya ujicoba dengan berbagai variasi nilai yang berbeda-beda. So far so good…😀

Setelah itu langsung di upload di http://belgia83.com/un2009/, jam 12 malem pas, Datang tiga siswa kelas tiga menanyakan informasi kelulusan yang memang sedianya akan di publish malam itu.

Nggak enak juga karena ada kelambatan distribusi nilai UN SMP Kota Depok yang dari rayon kami didistribusikan melalui SMP Negeri 3 Depok. Katanya sih ada pengunduran satu hari.

Jadi saya  hanya bisa minta mereka sabar, paling tidak segala sesuatu yang dibutuhkan untuk pengumuman kellulusan di web sudah selesai.

Pada khirnya saya hanya mendo’akan agar mereka berhasil dan mengambil hikmah dari moment-momen menegangkan buat semua siswa SMP juga guru dan sekolah.

16 thoughts on “Membuat Rumus Kelulusan dengan PHP

  1. david

    persen tingkat kebenarannya berapa ya mas? salam kenal thx inponya

    itu dia, kalau untuk 211 siswa sekolahku sih aku cross check dengan list yang didapet dari pemerintah hasilnya sama, tapi saya agak ragu alur logikanya masih agak kurang matching, tentang gimana php memperlakukan nested if. Dah gitu php membolehkan 2 pendekatan lagi yang pake if () {} sama if ():. Jadi agak heran, dua syntax standar tujuannya apa?

    Balas
  2. sudir

    setelah baca artikel di atas, serasa ada pencerahan, beberapa waktu lalu saya gogling untung mencari “bgmana cara mempublis info kelulusan”, ternyata Tuhan mempertemukan saya dengan tulisan bapak.
    kalo tidak keberatan, saya ingin mencoba skrip yg bapak buat (di jelasin a-z, maklum pemula dalam web) untuk pengumuman kelulusan tahun depan.
    tks, semoga kebaikan bapa di balas oleh Tuhan dengan pahala yang setimpal, amin

    Mudah-mudahan sempat, dan akan saya usahakan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s