IPCop, Satpam buat jaringan sekolahku

Tulisan ini pernah dipublish di blogspot, tapi karena nggak ke maintain dan terlanjur lengket sama wordpress jadi ku posting ulang di sini. Sekedar jurnal perjalanan membuat akses internet di sekolahku lebih bersih, cepat dan terkontrol.

Terkontrol?, bagaiman dengan kebebasan mengakses informasi? Memang kekuasaan berdampak ganda, disatu sisi cenderung membuat pemiliknya arogan, abuse of power, playing god, diktator, sewenang-wenang, pilih kasih, cari enaknya sendiri. Saya merasakan itu, meski terkadang dibungkus niat baik.

Akan lebih mudah jika semua orang diberi kebebasan yang seluas-luas-luasnya, dan menggunakannya secara bertanggung jawab. Tapi tidak semua orang seperti itu, ingat “kejahatan timbul tidak hanya karena niat, tapi bisa karena ada kesempatan”. 

Karena itu ada pembatasan, pembagian otoritas, ada admin (root), user and guest. Menjadi Network admin artinya memiliki kekuasaan, tapi dibarengi tanggung jawab. tanggung jawab untuk membuat fasilitas IT yang tersedia nyaman digunakan oleh semua pihak. Untuk siswa, guru, dan lainnya.

Nggak mungkin kan kita menjelaskan ke setiap pengguna bahwa saat kita membuka youtube atau mendowload aplikasi dll. bandhwidth yang terpakai sangat besar, atau kalau sebuah komputer dipakai jejak historisnya akan tersimpan. Jadi alasan itu yang menjadi justifikasi saya memasang firewall, URL Filter di lab sekolah🙂

Nginstall firewall distro IPCOP Bosen liatin siswa tiap bebas buka friendster ama primbon, terpaksa (beneran terpaksa) saya install firewall. Pertama karena pusing ngoprek jaringan, maklum dasar pengetahuan gw pas-pasan. Mana lagi seru-serunya coding php n mysql (yabg ini mah sukarela). Kedua, ngeri juga soalnya temen yang biasa jadi tumpuan nanya lagi sibuk. Kalo di telp ngga bisa lama n lagi ngerjain proyek web server dari bosnya di infosulusi. Jadi pas mulai libur tadi siang abis bagi raport, mulai den nyiapin segala sesuatunya, mulai dari pc p3 ram 64 mb + hd 6 gb, 2 lancard. Dl iso ipcop versi 1.4.20, trus di burning deh. Proses instalasi sebenernya sederhana selain configurasi lancard yg sempet bingung maksud green n red. Cuma makan waktu 20 menitan selesai. Tes load webcontrolnya. tes akses internet ok. ternyata ipcop untuk urlfilternya harus install ad.on. Ya terpaksa deh dl lagi. Sempet bingung lagi untuk ngakses ke mesin firewall, ternyata harus enable ssh. Selesai itu masalah lagi waktu masukin daftar block domain, ngga efektif. Terutam si primbon ngga bisa di blok, fs sampa halaman depan bisa, tapi ngga bisa login. Games.com ngga bisa di blok juga. Sempet muter-muter ngga ada solusi, bahkan tambah addon DOT ngga ternyata untuk blok service atau port tertentu. Ahirnya ngblok by ip. Jadi setiap domain yg mo di blok di cari ipnya dulu baru beres. Yang jadi masalah perubahan konfigurasi ip ternyataa harus ngrubah konfigurasi ltsp. Duuh keburu mumet, akhirnya beres-beres dulu n pulang.

3 thoughts on “IPCop, Satpam buat jaringan sekolahku

  1. Arie

    LOWONGAN KERJA SATPAM / SECURITY BAGI LULUSAN SD, SMP, STM, SMA, SMU, SMK, SMEA

    GOLDEN MILENIUM SECURITY, Bergerak di bidang jasa Pengamanan, yang bekerja sama dengan Mall, Hotel, Apartement, Bank, Rumah Sakit dan gedung perkantoran yang ada di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok dan Tanggerang.

    KETENTUAN YANG BERLAKU :

    01. Pengalaman kerja Satpam / Security tidak di Utamakan.
    02. Setelah dinyatakan lulus seleksi oleh Kami, maka calon anggota Satpam / Security langsung mengikuti pelatihan selama 1(satu) minggu dan langsung penempatan kerja.
    03. Selama pelatihan di sediakan Mess (tempat tinggal).
    04. Gaji yang akan diperoleh per bulan setelah bekerja adalah UMR DKI + Lemburan.
    05. Biaya administrasi sebesar Rp. 500.000 (dipotong dari gaji setelah bekerja).
    06. Biaya baju seragam, atribut Satpam / Security, pelatihan dan piagam sebesar Rp. 1.500.000 (dibayarkan di muka pada saat seleksi dengan mendapatkan tanda terima penerimaan kerja, uang akan di kembalikan saat itu juga apabila dalam ujian dinyatakan tidak lulus seleksi penerimaan anggota Satpam / Security).

    PERSYARATAN YANG HARUS DIPENUHI :

    01. Jenis kelamin Pria / Wanita.
    02. Membuat surat lamaran kerja beserta daftar riwayat hidup.
    03. Melampirkan Ijasah foto Copy (setelah bekerja yang asli di lampirkan).
    04. Pas Foto berwarna 4 X 6 sebanyak 4 lembar.
    05. Foto Copy KTP sebanyak 4 lembar.
    06. Foto Copy Surat Keterangan Kelakuan Baik dari kantor Polisi.
    07. Surat Keterangan Sehat dari Dokter / Puskesmas yang asli.
    08. Tinggi badan Pria 170 Cm, Wanita 160 Cm.
    09. Umur Maksimal Pria 38 Th, Wanita 25 Th.
    10. Meterai sebanyak 3 Buah.

    APABILA SEMUA PERSYARATAN DAN KETENTUAN
    TERPENUHI DI JAMIN LANGSUNG BEKERJA

    Lamaran Dapat Di kirimkan
    Melalui Pos ke :

    GOLDEN MILENIUM SECURITY
    Gedung CIMB NIAGA Lt. 5
    Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
    Jakarta – 12920

    Atau Lamaran Dapat Di kirimkan
    Melalui Email ke :

    (arie_golden@yahoo.com)

    Untuk Informasi
    Hubungi Sdr. Arie
    Telp : (021) 32228536
    HP : 0855-1029572
    0813-17926502
    (Mohon Maaf Kami Tidak Melayani SMS / Missed Calls)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s