LTSP di ubuntu 10.04

Dua hari ngoprek LTSP di ubuntu 10.04 lumayan cape dan pegel juga, terutama waktu masuk tahap ngebangun environment untuk clientnnya. Padahal udah make jurus local mirror tapi ternyata tetep ada beberapa modul yg didownload juga. Kadang jadi rindu kembali ke K12LTSP yang sayangnya nggak di kembangkan lagi. (dirubah menjadi K12linux) tapi sepertinya jadi kalah populer oleh LTSPnya ubuntu.

Setelah proses instalasi berhasil kesan pertama yang saya peroleh adalah tampilan login screen pada sisi client yang didonimasi warna putih, kurang lebih sama dengan LTSP pada ubuntu 9.04 yang pernah saya install sebelumnya.

Rencananya LTSP server akan melayani 10 client Dell Optiplex P3 yang kebetulan sudah memiliki onboard lan dengan botrom PXE. Sebenarnya saya sudah siapkan switch yang + 2 port giganet agar tidak terjadi bottleneck dari sisi server ke klien2nya. Cuma sayang ternyata lancard Onboard pada motherboard server hanya berjenis fast ethernet.

Lab LTSP ini rencananya diperuntukkan buat kegiatan siswa RPL yang akan banyak melakukan kegiatan komputasi yang berkaitan dengan web. Jadi secara teori seharusnya sudah memadai. Tapi semuanya tentu baru bisa dilihat setelah lab benar-benar dimanfaatkan untuk kegiatan praktikum sehari-hari.

4 thoughts on “LTSP di ubuntu 10.04

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s