Lembar Jawaban Online

Selama ini guru pengguna onlinetest terbiasa menuliskan butir soal beserta kuncinya di komputer. Perlu waktu menginput butir-demi butir soal yang nantinya akan dikerjakan oleh siswa.

Terpikir juga untuk menyediakan fitur Lembar Jawaban Online. Jadi disini guru hanya memasukkan kunci jawaban untuk setiap nomor soal (konsekuensinya penyajian soal tidak boleh acak :D). Lalu dari sisi siswa disediakan lembar jawaban untuk di layar (hanya jawaban, bukan soal atau opsi!).

Penerapannya cukup bervariasi :

  • Melakukan tes untuk soal-soal dari berbagai sumber tercetak seperti soal-soal dari buku LKS, buku-buku bank soal, arsip Ujian Nasional, Atau ujian formatif lainnya.
  • Ulangan yang soalnya dibacakan secara lisan, ini sangat efektif misalnya setelah kita mengajarkan suatu materi, tes dapat dilaksanakan secara spontan dan tanpa persiapan yang memakan waktu. Kenyatannya kita bisa membuat konci sambil mendiktekan soal😀.
  • Mengoreksi soal tercetak : sebenarnya hampir sama dengan poin pertama, tapi kami  sering memanfaatkan fitur ini untuk mengoreksi lembar jawaban anak secara bersama-sama (multi user).

Soal-soal yang hanya berisi kunci jawaban ini tetap bisa dianalisis oleh onlinetest.

4 thoughts on “Lembar Jawaban Online

  1. Lia Af

    Sekarang tes online sudah mulai terangkat kepermukaan, ya pak? Ok, semoga dapat di manfaatkan oleh guru-guru sebagai salah satu sarana penunjang KBM. Salam kenal

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s