Riwayat Hidup Peter Norton, Pemberi solusi PC Era 80an

peternortonPeter Norton (lahir 14 November 1943) adalah seorang programmer asal Amerika, pembuat perangkat lunak, penulis, dan dermawan. Dia terkenal dengan program komputer dan buku yang memuat nama dan lembaganya. Norton menjual bisnis perangkat lunak PC-nya ke Symantec Corporation pada tahun 1990.
Norton lahir di Aberdeen, Washington dan dibesarkan di Seattle. Dia terdaftar di Reed College di Portland, Oregon, lulus pada tahun 1965. Sebelum mikro komputer ditemukan, dia menghabiskan belasan tahun mengerjakan mainframe dan minicomputer untuk beberapa perusahaan termasuk Boeing dan Jet Propulsion Laboratory. Utilitas sistem tingkat rendah yang paling awal dirancang untuk memungkinkan pemrogram mainframe mengakses beberapa RAM sebelumnya yang biasanya dipesan oleh IBM untuk diagnostik. Ini menjadi inspirasi awal pekerjaannya di dunia PC, di mana kemudian ia dikenal sebagai seorang penulis cerdas tentang utilitas sistem tingkat rendah dan beberapa buku referensi.

Ketika IBM PC memulai debutnya pada tahun 1981, Norton adalah orang pertama yang membelinya. Setelah dipecat selama pengurangan industri dirgantara, ia mengambil kursus program komputer mikro. Suatu hari dia sengaja menghapus sebuah file. Alih-alih memasukkan kembali data, seperti kebanyakan, dia memutuskan untuk menulis sebuah program untuk memulihkan informasi dari disk. Teman-temannya sangat senang dengan program ini dan dia kemudian mengembangkan beberapa program utilitas yang dia jual secara terpisah, satu persatu pada kelompok pengguna. Pada tahun 1982, ia mendirikan Peter Norton Computing dengan modal $ 30.000 dan komputer IBM.

Perusahaan ini merupakan pelopor dalam perangkat lunak utilitas berbasis DOS. Norton mengenalkan program Utilities tahun 1982 termasuk tools Norton UNERASE untuk mengambil data terhapus dari disk DOS. Norton terus memasarkan program ini (terutama dengan berjalan kaki) pada perusahaan pembuat perangkat lunak sendiri, meninggalkan pamflet dengan catatan teknis pada pertemuan kelompok pengguna atau di toko komputer. Suatu hari seorang penerbit melihat pamfletnya, dan melihat bahwa dia bisa menulis tentang topik teknis. Penerbit meneleponnya dan bertanya apakah dia ingin menulis buku. Buku komputer Norton yang pertama, Inside the IBM PC: Access to advance fatures & Programming (Techniques), diterbitkan pada tahun 1983. Delapan edisi buku terlaris kemudian diterbitkan, yang terakhir di tahun 1999. Norton menulis beberapa manual teknis dan buku komputasi pengantar lainnya. Dia mulai menulis kolom bulanan pada tahun 1983 untuk PC Magazine dan kemudian majalah PC Week juga, yang dia tulis sampai tahun 1987. Dia segera dikenal sebagaipengarang penting teknologi komputer pribadi IBM.

Pada tahun 1984, Norton Computing mencapai pendapatan $ 1 juta, dan versi 3.0 dari Norton Utilities dirilis. Norton memiliki tiga orang pekerja yang bekerja untuknya. Dia melakukan semua pengembangan perangkat lunak, semua penulisan buku, semua penulisan manual dan menjalankan bisnis. Satu-satunya yang tidak dia lakukan adalah memasukkan paket-paketnya. Dia mempekerjakan empat karyawan dan pemrogramer pertamanya, Brad Kingsbury, pada bulan Juli 1985. Pada akhir tahun 1985, Norton mempekerjakan seorang manajer bisnis untuk mengurus operasi sehari-hari.

Pada tahun 1985, Norton Computing menghasilkan Norton Editor, editor teks pemrogram yang dibuat oleh Stanley Reifel, dan Norton Guides, sebuah program TSR yang menunjukkan informasi referensi untuk bahasa assembly dan internal IBM PC lainnya, namun juga dapat menampilkan informasi referensi lainnya yang dikompilasi ke dalam yang sesuai. Norton Commander, alat pengelolaan berkas untuk DOS, diperkenalkan pada tahun 1986.

Pada bulan September 1983, Norton mulai mengerjakan The Peter Norton Programmer’s Guide to the IBM PC. Buku ini merupakan panduan yang populer dan komprehensif untuk pemrograman tingkat rendah mengenai platform PC asli (yang mencakup sistem BIOS dan MS-DOS dengan sangat rinci). Edisi pertama (1985) dijuluki “buku baju merah muda”, setelah kemeja merah muda yang dipakainya Norton untuk foto sampulnya, dan pose silang Norton di sampulnya adalah merek dagang terdaftar A.S. [7]
Edisi pertama dari buku baju merah muda, dengan pose lengan silang

Edisi kedua (1988), berganti nama menjadi The New Peter Norton Programmer’s Guide to the IBM PC & PS / 2, lagi-lagi menampilkan lengan silang, cover cover kemeja merah jambu. Richard Wilton turut menulis edisi kedua. Ini diikuti oleh edisi ketiga “buku Norton” ketiga (1993), yang dinamai The Peter Norton PC Programmer’s Bible, yang ditulis bersama dengan Wilton dan Peter Aitken. Edisi selanjutnya di PC Inside Peter Norton, pengenalan teknologi komputer pribadi yang luas, menampilkan Norton dalam pose cross-arm-nya di sampulnya, mengenakan kemeja putih.

Pendapatan Norton Computing naik menjadi $ 5 juta pada tahun 1986, lalu $ 11 juta pada tahun 1987, dan $ 15 juta pada tahun 1988. Produknya memenangkan beberapa penghargaan, dan berada di peringkat 136 pada daftar majalah Inc. Inc. dari 500 perusahaan swasta dengan pertumbuhan tercepat di Amerika , dengan 38 karyawan. Norton sendiri dinobatkan sebagai “Entrepreneur of the Year” oleh Arthur Young & Co. (Pemenang Penghargaan Teknologi Tinggi 1988 Wilayah Greater Los Angeles) [ dan majalah Venture.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s