TIPS: Menjawab soal pilihan ganda tanpa kertas LJK

ljkonlineAgar soal dikoreksi secara otomatis, kita membagikan soal dan lembar jawaban komputer yang kemudian akan di scan. Hasil scan berupa image akan konversi menjadi jawaban dan dibandingkan dengan kunci jawaban yang telah dimasukkan sehingga memperoleh nilai.

Dengan memanfaatkan situs wirawantest.net, ada cara yang lebih terautomasi serta lebih cepat untuk melaksanakan latihan, try out, ujian dan semacamnya.  Baca lebih lanjut

Lab Sekolah dengan LTSP ubuntu 12.04 berjalan di 40 Klien tanpa harddisk

11066540_1569837556605824_6364413512878735889_o
Akhirnya mirgrasi jaringan Lab komputer sekolah dari Fedora K12LTSP ke ubuntu 12.04 mencapai tahap akhir. Ujicoba running dengan 40 thin client dengan menjalankan beberapa aplikasi berhasil tanpa kendala yang cuku berarti.

Sempat ragu, apakah server kami cukup memiliki resource untuk melayani ke 40 klien tersebut. Sejauh ini aplikasi-aplikasi berjalan baik. dan serverpun terasa masih berjalan normal.  Baca lebih lanjut

Tips menggunakan wirawan test mandiri di kelas…

11008057_10203922478844138_2748637768398554490_n Tahukan Bapak / Ibu sekalian, kita bisa berujian on lan di ruang kelas dengan perangkat seadanya. Yang dibutuhkan adalah :

A Guru : Laptop (yg sudah terinstal wirawan test) HP (untuk akses poin) atau Akses poin nganggur :)

B. Siswa : laptop atau tablet/ipad atau smatphone (BB juga boleh)

Baca lebih lanjut

Wirawan Test RC5.2 perbaiki beberapa bug.

Setelah saya meng upload CMS ujian online wirawatest isunya adalah upaya mengadopsi perangkat mobile seperti smarphone dan tablet/ipad, ada beberapa bug juga kekurang nyamanan yang terasa. Untuk itu beberapa perbaikan segera dilakukan supaya ketidaknyamanan tersebut berkurang.

Akhirnya perbaikan-perbaikan berhasil dilakukan dan wirawan test RC5.2 ini tampil lebih ramping kurang dari 200kb..!!!, cepat dan fleksibel di segala ururan layar.

Baca lebih lanjut

Wirawan test sudah ramah tablet dan smartphone

Rilis wirawan test terbaru (rc.5.01) sudah dimodofikasi supaya nyaman dipakai menggunakan gadget seperti tablet atau smartphoneFeatured image. Bahkan bisa dikatakan mengerjakkan soal menggunakan tablet akan terasa lebih nyaman dari pc desktop ataupun laptop.

Selain itu perbaikan dilakukan seputar kompatibiltas dengan versi Msql dan PHP terbaru. Jadi aplikasi wirawan test dapat diinstal menggunakan web server dengan paket WAMP, XAMPP atau LAMPP terbaru.

Baca lebih lanjut

Form Penilaian diri berbasis web

Sebenernya pengen ikut-ikutan pake terminologi “Aplikasi” :) penilaian diri biar kedengeran “keren” di kuping, tapi akhirnya saya lebih sreg memilih kata “Form” atau Formulir biar nggak terkesan seram.

Ide biasanya datang karena desakan atau pas lagi kepepet. Diawal penerapan kurikulum 2013 ini kita sebagai guru dituntut melakukan aneka penilaian yang salah satunya adalah penilaian diri.

Lalu muncullan ide untuk membuatnya terintegrasi dengan  online test yang sudah saya kembangkan. Kebetulan di situ sudah ada fitur matrik jawaban yang bisa dimodifakasi / disulap menjadi form / fitur penilaian diri siswa. Baca lebih lanjut