Bimbingan TI versus Bimbingan Konseling

Tadi ngobrol sama adik yang guru BK mengenai mapel TIK di SMP. Dia bingung waktu dibilang TIK itu di K13 jadi seperti BK, dia tanya emang ngebimbing apa?. Saya jelaskan kita seperti guru BK yang membimbing siswa kasus per kasus sesuai kelebihan dan kekurangannya.

Bukannya paham, dia keliatan tambah bingung, mungkin dalam hatinya mikir “Weleh… gw punya saingan nih….”. Pas saya terangkan bahwa obyek bimbingan itu bukan hanya siswa tapi guru dan TU dia seperti tersentak kaget. Akhirnya saya uraikan secara rinci seputar juknis dan panduan seorang guru pembimbing TI di sekolah.

Baca lebih lanjut

Fitur-fitur tesembunyi wirawan test

Screenshot from 2015-04-02 10:57:16Sebenarnya tidak sungguh-sungguh berniat menyembunyikan fitur-fitur tertentu yang ada di wirawan test. Tapi kadang sebuah fitur atau tools saya buat secara insidental. misalnya ada siswa yang tidak sengaja terhapus nilainya. akhirnya saya membuat scrpipt memasukkan nilai secara manual.

Setelah jadi script tersebut tidak saya buatkan menu linknya. Maka jadilah saya sendiri yang tau fitur tersebut :D. Tapi beberapa teman guru yang menggunakan wirawan test saya beritahu meski akhirnya mereka sering lupa karena kesulitan menghapal nama script php dan lokasi folder script tersebut.

Baca lebih lanjut

TIPS: Menjawab soal pilihan ganda tanpa kertas LJK

ljkonlineAgar soal dikoreksi secara otomatis, kita membagikan soal dan lembar jawaban komputer yang kemudian akan di scan. Hasil scan berupa image akan konversi menjadi jawaban dan dibandingkan dengan kunci jawaban yang telah dimasukkan sehingga memperoleh nilai.

Dengan memanfaatkan situs wirawantest.net, ada cara yang lebih terautomasi serta lebih cepat untuk melaksanakan latihan, try out, ujian dan semacamnya.  Baca lebih lanjut

Lab Sekolah dengan LTSP ubuntu 12.04 berjalan di 40 Klien tanpa harddisk

11066540_1569837556605824_6364413512878735889_o
Akhirnya mirgrasi jaringan Lab komputer sekolah dari Fedora K12LTSP ke ubuntu 12.04 mencapai tahap akhir. Ujicoba running dengan 40 thin client dengan menjalankan beberapa aplikasi berhasil tanpa kendala yang cuku berarti.

Sempat ragu, apakah server kami cukup memiliki resource untuk melayani ke 40 klien tersebut. Sejauh ini aplikasi-aplikasi berjalan baik. dan serverpun terasa masih berjalan normal.  Baca lebih lanjut

Tips menggunakan wirawan test mandiri di kelas…

11008057_10203922478844138_2748637768398554490_n Tahukan Bapak / Ibu sekalian, kita bisa berujian on lan di ruang kelas dengan perangkat seadanya. Yang dibutuhkan adalah :

A Guru : Laptop (yg sudah terinstal wirawan test) HP (untuk akses poin) atau Akses poin nganggur :)

B. Siswa : laptop atau tablet/ipad atau smatphone (BB juga boleh)

Baca lebih lanjut

Wirawan Test RC5.2 perbaiki beberapa bug.

Setelah saya meng upload CMS ujian online wirawatest isunya adalah upaya mengadopsi perangkat mobile seperti smarphone dan tablet/ipad, ada beberapa bug juga kekurang nyamanan yang terasa. Untuk itu beberapa perbaikan segera dilakukan supaya ketidaknyamanan tersebut berkurang.

Akhirnya perbaikan-perbaikan berhasil dilakukan dan wirawan test RC5.2 ini tampil lebih ramping kurang dari 200kb..!!!, cepat dan fleksibel di segala ururan layar.

Baca lebih lanjut