Menganalisa butir soal di Wirawan Test

Ada banyak fitur yang sudah bisa dimanfaatkan dalam menggunakan Onlinetest untuk melakukan tahap evaluasi belajar.

Akan tetapi untuk memperoleh hasil analisis yang optimal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Panduan ini dibuat setelah dilakukan ujicoba lapangan dengan metode trial and error😀

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah butir soal soal yang diinput sebaiknya sama dengan jumlah soal yang disajikan (dikerjakkan testee).

Onlinetest memang memungkinkan pembuatan sebuah bank soal dimana pembuat soal bisa menginput sebanyak-banyaknya soal dan menyajikan kepada peserta tes secara terbatas. Misalnya jumlah soal yang dinput 100 butir, yang disajikan 40 butir.

Dengan metode penyajian acak maka kemunkinan peserta tes mencontek semakin kecil karena setiap peserta memperoleh soal dan susunan yang berbeda.

Semakin tinggi rasio perbandingan soal diinput dengan soal disajikan akan semakin kecil antar peserta tes mengerjakan soal yang sama.

Akan tetapi jika soal dimaksudkan untuk dianalisa. Ini akan mengurangi bobot analisa per butir soal karena setiap butir soal tidak dikerjakkan oleh jumlah peserta yang sama. Misalnya butir soal nomor 1 dikerjakan oleh 30 peserta tes, soal nomor dua oleh 25 peserta tes saja.

Jadi untuk kebutuhan analisa butir soal, buatlah soal yang sama dengan yang disajikan.

Yang semakin banyak peserta tes, semakin tinggi validitas dan akurasi hasil analisa. Dari ujicoba kami, pada jumlah peserta mulai 1-60, fluktuasi poin daya pembeda dan tingkat kesulitasi masih tinggi. Artinya soal yang sebenarnya memiliki daya pembeda tinggi mungkin masih tanpak rendah ketika jumlah peserta yang sudah mengenrjakkan masih di bawah 60. Memasuki jumlah peserta tes 80 ke atas hasil analisis tanpak stabil pada setiap butir soal. Ini barangkali agak menyulitkan bagi sekolah yang memiliki siswa realtif sedikit.

Dengan mengetahui hasil analisis butir soal, diharapkan pembuat soal bisa memiliki ukuran mengenai bentuk butir soal yang baik, mengasah kemampuan dalam melakukan evaluasi sekaligus mengumpulkan butir-butir soal bisa membedakan antara peserta tes yang telah menguasai suatu keompetensi dengan yag belum. Semoga….

6 thoughts on “Menganalisa butir soal di Wirawan Test

  1. had1

    mantap …lagi coba oprek pak, mau tambah fitur dump database supaya konfigurasinya bisa kayak moodle n mo perbaiki tampilan analisis butir soal karena saya perhatikan tampilannya hanya bagus kalu jumlah pilihan jawabannya 4, sedangkan kalu 3 atau 5 tabelnya bergeser. oh iya apa memang pada fasilitas pembuat soal, fitur editornya memang dihilangkan ya? mau coba pake tinymce dan plugin latex supaya bisa tulis rumus, satu lagi..masih bingung dengan fasilitas kartu soal cara pakenya gimana ya, isi indikator kd dll? belum sempat coba semua sih mungkin saya lewatkan linknya🙂

    Balas
    1. adhiwirawan Penulis Tulisan

      silahkan.., masalah tampilan tabel memang blum banyak diujicoba baru pake firefox. untuk editor, yang pake tinimce sudah pernah dicoba tapi banyak dikeluhkan pengguna seputar konfigurasi dan fleksibilitas.
      Setelah di ujicoba dengan bahasa html memang agak riskan tapi buat para guru ternyata lebih prefer belajar html.
      Mengenai kartu soal pakenya dengan memberi awalan (prefik) kode di setiap butir soal sesuai kode masing-masing. nanti saya upload screenshootnya. ini untuk mengembangan ke format silabus, promes, prota, RPP online..
      anyway… makasih atas masukan-masukannya …

      Balas
  2. budi

    Pa masih ada beberapa tambahan kalau boleh ide …
    1. Error page masih banyak yang belum ada, | jika salah username, password
    2. Di bagian Buku tamu berikan anti spam bos, karena kalau habis tulis pesan dan di refrest 10x maka akan masuk ke db 10x juga
    3. Top Banget, nih scripts.
    —————————————————————
    ada beberapa hal setting umum yang harus di lakukan pada confic.inc nya yaitu pada root dan pada /test.
    ————————————————————–
    Saya sedang mengopreknya juga, nanti kalau ada hal2 yang boleh di share saya kasih pa. Thanks alot,

    nah ini ya saya mau.., selain informasi, saran, sekaligus solusi..😀, thx n ditunggu hasil oprekannya…

    Balas
    1. budi

      Maaf Pa kalo saya kurang berkenan, saya sudah cobain dan udah saya tampilkan juga online, kami mencoba menerapkan ujian online di lingkup Cirebon, dimana website hasil oprekan yang masih jauh dari sempurna ini adalah asli scripts dari mas adi, jadi saya hanya mengembangkan saja. Rencana Akan di gunakan untuk ujian online setiap sekolah di lingkungan cirebon. Mohon masukan dan sudi melihat-nya. Namun masih dalam kerangka pengembangan juga, mohon Ide dan masukan dari sang masternya langsung.
      ——————————————————————-
      Perubahan yang kami lakukan :
      – klik kanan sengaja kami matikan untuk beberapa browser yang support
      – Menu register kami pisah sementara antara guru dan murid
      – Buku tamu kami hiden sementara sebelum ada anti-spam nya, belum nemu juga
      – Menu General kami kurangi
      – Menu guru kami tambah sedikit.
      ——————————————————————
      alamat demo ujian online kami di : http://online.mgmptik.web.id

      Waduh saya sungguh merasa tersanjung dan berterimakasih karena script sederhana yg saya kembangkan bermanfaat untuk hal sebesar itu.
      Saya rasa perubahan di atas sangat tepat, disamping tentu dalam penerapannya nanti barangkali akan butuh penyesuaian terhadap pengguna yang multi lembaga juga mungkin multi jenjang.
      Tapi yang terpenting dengan adanya terobosan seperti ini saya angkat topi. Dengan harapan benar-benar terasa manfaatnya bagi siswa dan guru.
      Mengenai web demo saya belum sempat lihat, nanti kalau sempat saya usahakan sekaligus komentar lebih lanjut.

      Balas
  3. budi

    Ada beberapa tambahan lagi, karena website itu untuk bersama sama seluruh sekolah yang ada di kota cirebon, maka untuk user id siswa kami pisahkan berdasarkan sekolah masing-masing di ikuti oleh no urut :
    user id guru —-> menjadi : guru-1
    user id siswa —–> KODE SEKOLAH (case sentistive)-nourut

    contoh user id guru : guru-1
    contoh user id siswa : S1-9 keterangan : (SMP N 1 Cirebon) No urut 9

    Balas
  4. andi

    mau tanya pak, untuk membuat soal, saya kerepotan kalau ada gambar, karena tes online ini tidak menampilkan tampilan seperti word dan gambar tidak bisa dimasukkan, mohon pencerahan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s