Analisis butir soal pada Wirawan Test

Lagi-lagi onlinetest chalange, setelah cukup puas dengan beberapa pengembangan fitur onlinetest (meski banyak rekonstruksi, penyempurnaan lain yg diharapkan), kami menilai sudah saatnya keinginan user dalam fitur analisis butir soal dipenuhi.

Meski terkesan agak terlambat mengingat analisis butir soal merupakan proses yang sangat kompleks, bahkan setelah kami baca literatur-literatur mengenai ini sampai pada kesimpulan tetap perlu pemrosesan manual, kami tetap mulai mecoba automasi sebisa mungkin.

Seperti biasa, kelinci percobaan-nya adalah para siswa sekolah tempat saya mengajar (http://www.belgia83.com), dan supaya lebih valid saya menambahkan field (kolom), kompetensi dasar pada setiap butir soal.

Output yang diharapkan dapat diperoleh hasil analisis butir soal berupa :

  • Soal katagori sulit, sedang dan mudah
  • Kelompok tingkat kemampuan Testee
  • Analisis efektifitas soal berdasarkan kroscek terhadap dua poin di atas.

Sementara target pengembangan fitur analisis butir soal hanya sampai tiga poin di atas. Kedepan kombinasi dari ketiga poin diatas  akan dijadikan skor kualitas kompulan soal, meski nilai obyektifitas skor tesebut belum tentu valid, setidaknya kita bisa belajar membuat butir soal dengan lebih baik.

Hasil pengembangan fitur analisis butir soal ini akan dikemas dalam rilis onlinetest RC-4, di https://sourceforge.net/projects/onlinetest/ yang akan kami upload pada sekitar akhir januari 2009.😀

5 thoughts on “Analisis butir soal pada Wirawan Test

  1. Andriy

    Wahhh… terus berinnovasi aja nih pak adhi…
    btw, saya dahh pernah nyoba onlinetest ini, *lupa versi berapa*
    ada beberapa bugs yang saya temukan, diantaranya siswa bisa menambah soal dengan mudah, karena password u/ mengerjakan soal dengan password untuk bantu soal sama… trus, pendaftaran siswa tanpa mengetik apapun bisa mendaftar, trus timer diserver saya nggak jalan😀, dan usul… Kalo mau lebih bagus ID siswa bisa dengan nis/nisn, supaya data siswa dapat dipergunakan/diintergrasikan untuk hal yang lain2.

    tapi Overall cakep, ntar kalo banyak waktu luang aku coba bantu kembangin pak adhi… sambil nunggu yang RC-4 keluar [nunggu mode=on]

    Semangatttt Terus pak adhi…

    Makasih masukkannya, masalah-masalah security di atas tadinya nggak terlalu prioritas karena resiko siswa memanfaatkan security hole tsb kita anggap rendah. Tapi saat ini sedang di tangani khusus oleh rekan Iman Hermawan.
    Masalah ID siswa dengan NISN bisa-saja, Klau di intranet sekolah saya juga inport dari cvs (database NISN), jadi fitur registrasi siswa dihilangkan. Klau yng di http://onlinetest.ceds-id.org mungkin tetep pake sis soalnya peserta tes kan belum tentu punya NISN.
    Masalah timer kayaknya bidang mas adriy deh😀, soalnya itu java script. saya malah tidak begitu meguasai java script apalagi language-nya. Barangakali di disable di browsernya?.
    Masalah integrasi memang tujuan jangka panjang kita, yaitu sebuah automasi dalam skala luas tapi fleksible di lingkungan sekolah.
    Itulah potret persekolahan di kita, banyak rencana, sementara sumber daya terbatas, Beda dengan lingkungan akademis atau korporat, tapi di situ seninya. Kalau mau gabung akan kami terima dengan tangan terbuka, tapi dimatangin aja dulu tekadnya tau kan…😉.

    Balas
  2. Binnahar

    Saya termasuk pengguna dari onlinetest, btw yang RC-4 udah jadi blom nih, saya udah nunggu nih, saya pake buat anak-anak sekolah di SMK swasta di Tanjung Priok nih.

    Tetap semangat pak adhi

    Sabar ya pak…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s