Masalah di MySQL socket

Musibah dimulai ketika saya mencoba membuang desktop environment di ubuntu server 22.04 yang ternyata berakibat service mysql tidak bisa berjalan.

Pesan error yg muncul ketika service saya coba restart adalah :

09:35:16 g-pc systemd[1]: Stopped MySQL Community Server.
09:35:16 g-pc systemd[1]: mysql.service: Start request repeated too quickly.
09:35:16 g-pc systemd[1]: mysql.service: Failed with result 'exit-code'.
09:35:16 g-pc systemd[1]: Failed to start MySQL Community Server.

Lalu ketika saya login dari terminal mucul error :

ERROR 2002 (HY000): Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’ (2)

Menurut stackoverfflow itu akibat mysql-server yang belum di install, perintah apt install mysql-server bisa mengatasi masalah itu.

Tapi persoalannya mysql-server sudah saya install bahkan database yang sudah dibuat sudah cukup banyak. dan apesnya belum saya backup..

Saya coba beberapa tips dari komunitas seperti men stop service, meng kill pid mysql semuanya gagal.

Akhirnya saya mendapat penjelasan bahwa error 2002 dst itu merupakan indikasi file mysqld.sock hilang. dan bisa di buat lagi dengan perintah :

sudo dpkg-reconfigure mysql-server-*versi mysql*
untuk server saya
sudo dpkg-reconfigure mysql-server-8.0

Alhamdulillah akhirnya masalah terpecahkan. Mysql bisa berjalan normal kembali.

Sempat terpikir membackup database-database dengan mencari lokasi directory data mysql, yang untungnya tidak perlu.

Hikmahnya, budayakan melakukan backup secara reguler agar kalau hal buruk yang tidak kita duga terjadi, kita masih punya rencana cadangan untuk mengatasinya.

Tinggalkan komentar