Dari Workshop E-Learning Rakyat Kang Onno di Kota Depok

13235435_10206559619491006_5797440149300386037_oSelepas pelaksanaan workshop e-learning yang digagas KOGTIK di SMK Negeri 3 Depok, Minggu 15 Mei 2016, Saya coba mem follow up nya dengan meminta siswa mendaftar ke Web server Moodle nya kang Onno di http://cyberlearning.web.id

Kemudian tidak lupa saya minta siswa- siswi saya segera mengirim pesan ke guru-guru mereka untuk memberitahu kesiapan mereka untuk mengikuti pembelajaran online berbagai mata pelajaran.

Kebetulan ada 14 guru dari berbagai mapel yang dikirim sekolah mengikuti workshop tersebut.

Dari situ saya berandai-andai, jika saya hanya berperan sebagai guru bimbingan, akan sangat sulit mencontohkan bagai mana berperan sebagai guru mapel dalam aplikasi elearning tersebut.

Menjelaskan, mendorong sesuatu yang tidak kita kerjakkan sendiri pasti bukan pekerjaan mudah. Sementara membiarkan para guru meng ekplorasi dan menemukan caranya sendiri sudah terbukti selama ini tidak berhasil. Penetrasi pemanfaatan TI secara masif di sekolah belum pernah menemukan bentuk / contoh konkret yang ideal.

Meski pemerintah tetap berkeras hati menyingkirkan pembelajaran TI dan kesetaraan Guru TI dengan guru mapel lainnya, saya masih berharap hal itu dipertimbangkan lagi. Meperjuangkan Posisi TI sebagai sebuah entitas mata pelajaran dan Guru TI sama sederajat denan guru mapel lainnya bukan sekedar urusan ego dan perut, tapi demi pemerataan penguasaaan TI di seluruh lapisan masyarakat. Dan terciptanya generasi techno literate di era globalisasi sekarang ini.

One thought on “Dari Workshop E-Learning Rakyat Kang Onno di Kota Depok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s