Software-software gratis yang gak kalah dengan software berbayar

Menggunakan SisOp Ms Windows nggak berarti semua harus beli atau ngebajak, hidup kan pilihan dan kebebasan memilih merupakan ciri orang merdeka.

Jadi secara logika kita bias menggunakan SisOp M$ Windows yang kita cintai berserta aplikasi-aplikasinya secara legal tapi tetap nyaman tentu dengan meminimalisir biaya yang mungkin tidak perlu kita keluarkan.

Jadi saran saya buat kamu-kamu yang tidak bisa hidup tanpa Ms Windows gunakan software secara legal, Insya Allah keamanan data dan content-conten lain dalam media penyimpan akan lebih terjaga.

Berikut Aplikasi-aplikasi yang bebas kamu downlaod dan install di kompie kamu tanpa harus nyari crack atau keygen-nya dan berdasarkan penilaian saya yang subyektif ini cukup handal bahkan beberapa lebih baik dari software sejenis yang berbayar.

1. Open Office Org

Adalah aplikasi perkantoran yang meliputi pengolah kata, pengolah angka, presentasi, aplikasi vektor, basis data dan sebagainya.

Secara umum kualitasnya masih dibawah Ms Office, tapi Open office juga punya banyak kelebihan dari rifalnya itu. Misalnya dukungan XML yang lebih baik, adanya penyimpanan format PDF dan sebagainya.

 

2. Aplikasi Browser

Untuk browser, aplikasi-aplikasi free software sudah jauh meninggalkan propriatary software dari sisi fitur, kecepatan dan keamanan. Sebut saja firefox yang telah menjadi banyak pilihan dengan inofasi halaman multitabnya.

Kemudian Google Chrome, pendatang baru yang menawarkan kecepatan dan keleluasaan browsing.

 

3. Izarc

Untuk urusan kompresi dan dekompresi, sudah cukup lama saya menjadi menggemar software satu ini. Ukuran file nstallernya yang begitu kecil tapi menawarkan kelengkapan format-format file kompresi yang bisa ditangani.

Satuhal lagi Izarc juga menyediakan pilihan bahasa Indonesia dengan dengan kualitas translasi yang cukup baik sehingga tidak membingungkan pengguna.

 

4. VLC Media player.

Kata yang tepat untuk aplikasi tak berbayar ini adalah “Fantastis..!!!”, mulai dari ketersediannya pada banyak platform, hingga kemampuan memutar begitu banyak format video beserta subtitlenya dengan GUI yang sederhana.

Nah untuk urusan subtitle VLC juga memungkinkan penyesuaian (sikronisasi) antara video dengan subtitile secara manual, baik kedepan atau kebelakang.

Kelebihan lainnya untuk kompie dengan speaker bevolume rendah VLC dapat meningkatkan volume hingga 200 persen.

Dan satu hal lagi, sesuai namanya Video Lan….… “C” apa ya ????😀, VLC menyediakan fitur membroadcast file video dalam jaringan lokal.

 

5. Inkscape

Buat yang hobi menggambar, pertimbangkan Inkscape. Aplikasi vector ini menawarkan kemudahan dan kelengkapan fitur. Sangat cocok buat pemula termasuk saya yang sering kesulitan membuat gambar sederhana seperti mambuat bangun-bangun 2 atau 3 dimensi untuk pembuatan soal matematika misalnya.

Dengan Inkscape, bahkan siswa-siswa SMP saya yang baru pertama kali menggunakannya mampu menggambar gedung sekolah dengan hasil yang baik. Kelebihan software ini salah satunya adalah pembuatan path yang simple.

 

10 thoughts on “Software-software gratis yang gak kalah dengan software berbayar

  1. teguh

    hallo pak Adi,, masi inget sama saya nda pak? hehe saya teguh. kembali mampir, baru mulai bloging lagi nih setelah sekian lama blog dan ide saya mati suri. Alhamdulillah sudah make ubuntu sekarang dual boot si ma Win7.

    pak kalau di ubuntu harus instal driver buat vga lagi apa ngga si pak?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s