Remote login multi platform dengan nomachine

Bermula dari usaha ngakses ubuntu LTSP Server dari PC atau laptop ber OS (yang bukan diskless client). Dah coba berbagai protokol (VNC, XDMCP, RDesktop) semuanya kurang memuaskan.
Akhirnya cari-cari alternatif lain, ketemu situs http://nomachine.com Ternyata meski sebagian software bersifat komersial, software dengan fitur-fitur dasar ber status “free forever”😀.
Dan yang cukup menggembirakan adalah janji kemudahan proses instalasi, tersedia dalam berbagai platform serta performa gafis yang katanya sangat baik. Kalau melihat servis lain yang ditawarkan perusahaan ini dibidang load balancing, sepertinya janji itu cukup make sense.
Akhirnya saya coba download file installer yang berekstensi DEB, karena rencananya akan diinstall di server ubuntu dengan client ubuntu pula. Adapun file-file yang saya download adalah : nxclient_3.4.0-7_i386.deb, nxnode_3.4.0-14_i386.deb, nxserver_3.4.0-14_i386.deb.
Untuk server ketiga file di atas harus diinstall semua dengan urutan client, node terakhir server. Sedangkan di sisi client cukup nxclient yang diinstall.
Setelah itu kita bisa langsung login dari sisi client dengan mengklik aplication, nxclient for linux, nxcleint for linux.
Pada NX Connection wizard kita bisa membuat sortcut di desktop dengan konfigurasi yang kita setting. MIsalnya untuk display output saya menentukan lebar 1024 dan tinggi 675 pixel agar tidak melebihi area display notebook saya😀.

login screen nomachine dari sisi client

 

Configurasi yang bisa set untuk login ke server

Hasilnya .....

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s