Mencoba berbagai LMS

edmodo01Setelah cukup akrab dengan Moodle, sebagai guru TI saya penasaran dengan berbagai layanan Learning Management System yang ada sat ini. Beberapa yang cukup populer adalah Edmodo.

Maka mulailah saya bersama-sama murid-murid saya mengekplorasi situs edmodo.com dan aplikasi edmodo yang ada di aplikasi smartphone.

Kesimpulannya, sangat menarik, dan membantu. Sebenarnya saya pernah mencoba edmodo sekitar tiga tahun lalu. Tapi karena benyak kekurangan seperti tidak bisa mengerjakkan soal di smartphone jadi eksperimen edmodo bersama siswa saya terhenti.

Tapi saat ini sudah banyak mengembangan fitur yang tersedia di Edmodo. Maka jadilah dua semester ini saya da murid-murid saya akrab dengan aplikasi ini.

Memasuki semester genap awal tahun 2020 muncul kendala. Banyak komputer yang mendadak tidak bisa mengakses. Dari sekitar 30 siswa hanya 6 sampai 8 saja yang berhasil membuka situs edmodo di komputer lab. Padahal kecepatan internet di lab sangat besar.

Kami coba cari solusi dengan membersihkan cache browser, tidak berhasil. Lalu dicoba menginstall browser lain seperti firefox, google chrome, tetap tidak jalan. Masih belum putus asa saya coba tanya ke om google seputar permasalahan login ke edmodo.com ini. Ada yang menyarankan masuk melalui sign up edmodo tapi tidak bisa juga.

Akibatnya dua kelas yang saya ajar tertunda kegiatan pembelajaran karena ketergantungan ke LMS edmodo ini. Akhirnya di kelas yang ke tiga saya putuskan beralih ke LMS lain yaitu google classroom.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s