Membangun jaringan thinstation dengan Ms Windows 2003

Untuk membangun jaringan tampa harddisk yang harus dipersiapkan disisi client adalah:

  • PC Pentium I 133 Mhz

    • memory 32 MB,

    • VGA Card direkomendasikan 1 MB (Agar mensupport resolusi 800 x 600 dibutuh kan VGA Card 2 MB).

    • Floppy (opsional jika tidak memperoleh lancard yang memiliki boot rom PXE versi 2.x )

    • Lancard dengan bootrom PXE (PXE versi 1.x masih dapat di gunakan dengan konfigurasi tertentu pada konfigurasi TFTPD yang akan dijelaskan kemudian).

  • PC Server

    • Pentium IV (Pentium III dengan memory 512 masih dapat digunakan untuk max 4 client dgn aplikasi-aplikasi ringan)

    • Memory 512 untuk 10 client, 1 GB untuk 20 client (disarankan mennyediakan memory sebesar mungkin jika akan digunakan untuk aplikasi-aplikasi besar seperti Photoshop, Corel Draw, Webserver intranet dsb).

    • Harddisk (untuk client dibawah 20 titik, Harddisk dengan kecepatan 7200 RPM sudah memadai, jika lebih banyak disarankan menggunakan harddisk dengan kecepatan 10000 RPM atau harddisk SCSI akan memberikan performa yang lebih baik lagi).

  • Network Pheripheral

    • Switch HUB (Hub 100 Mbps cukup memadai, untuk performa yang lebih baik atau sebagai antisipasi pengembangan client Switch HUB dengan port 1 Gbps merupakan investasi yang menguntungkan disamping akan menunjang audio dan video streaming yang cukup memadai)

Saat ini terdapat switch dengan 2 port Gbps, ini sangat ideal untuk jaringan thinstation.

    • Kabel UTP dan RJ 45

    • Lancard (untuk server tentu tidak memerlukan bootrom dan umumnya mainboard P4 telah dilengkapi port untuk LAN, usahakan memperoleh lancard onboard giga ether :))

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan perangkat lunak yang akan diinstall dan di setting di PC Server.

  • Ms Windows 2003 Server

  • thinstation.nbi, thinstation.nbi.zpxe

  • File-file konfigurasi

  • tftpd32.exe

File-file ini dapat di download di http://www.ceds-id.org/ts_source/

Berikutnya proses instalasi

  • Instalasi Ms Windows 2003 Server

Dalam instalasi Ms Windows 2003 server yang perlu diperhatikan adalah network setting. IP addres untuk konfigurasi network pada server harus statik misalnya IP address: 192.168.0.100, subnet mask : 255.255.255.0, Gateaway : 192.168.0.1 (jika terhubung ke network lain atau internet). Begitu pula DNS hanya perlu diisi jika terhubung ke internet. DNS favorit saya : 202.134.0.155 dan 202.134.2.5 untuk terkoneksi ke ISP telkom.

Untuk pertimbangan performa, disarankan menggunakan jaringan workgroup (tidak di set sebagai Domain server).

Setelah instalasi Server, selesai langkah berikutnya adalah meangaktifkan Terminal Service dan dan lisensinya. Klik Start, Control Panel, Add and Remove Program, pilih Install Windows Componen. Cari paket “Windows Terminal Service” dan Terminal Server Licensing” beri tanda centang lalu klik “OK”

Proses instalasi akan membutuh CD Windows pada folder i386. Kemudian Pada seting security kita boleh memilih “full Security” atau “Relaxed Security”. Pertanyaan lain yang harus di jawab adalah sistem lisensi. Kita bisa mengarahkan ke salah satu server microsoft atau memilih “120 days trial”. Jika proses instalasi terminal server telah selesai, Ms windows akan meminta kita merestart sistem.

Selanjutnya setelah proses rebooting selesai, langkah selanjutnya adalah membuat user untuk masing-masing client. Klik kanan pada “My Cumputer”, pilih “Manage” lalu ke “User and Group”. Klik pada “User” lalu di bagian kanan kosong klik kanan, pilih “add new user”. Masukkan username dan password, isian lainnya bersifat opsional. buat user sebanyak jumlah client yang dibutuhkan.

Next, klik pada group, di bagian sebelah kanan cari dan double klik “Remote Desktop User”. lalu klik “add new member”. masukkan nama-nama user yang telah dibuat sebelumnya, lalu klik “OK”, proses penambahan user telah selesai.

Dari sini kita mulai membutuhkan aplikasi third party. Pada drive c:\ buat folder dengan nama tftpdroot untuk menyimpan network boot image yang akan diload client serta konfigurasinya. Masukkan file thinstation.nbi, thinstation.nbi.zpxe, thinstation.conf.network, kedalam folder tersebut.

Buat juga folder tftpd32 di drive c:\ untuk

menampung program tftpd dan DHCP server yang gunanya sebagai tools pengidentifikasi identitas alamat client. serta protokol pengiriman file image yang dibutuhkan proses booting pada client.

Jalankan program tftpd32.exe, lalu isi parameter yang ada di dalam-nya dengan entri sebagai berikut :

Current Directory : c:\tftpdroot

Server Interfaces : (isi dengan IP address server, misalnya: 192.168.0.100

Kemudian klik pada tab “DHCP Server”, isi dengan entri sbb:

IP Pool Starting Address : 192.168.0.101

Size of pool : (sebanyak jumlah client atau lebih)

Boot File : thinstation.nbi.zpxe

Wins / DNS Server : 0.0.0.0

Default Router : 0.0.0.0

Mask : 255.255.255.0

Domain : <kosongkan>

IP Pool sebenarnya bebasa sejauh tiga bagian pertama tetap sama dengan IP address (satu subnet). Jumlah pool sebaiknya di lebihkan dari jumlah cleint untuk mengantisipasi pengembangan atau pengambilan IP address oleh perangkat lain yang kebetulan terkoneksi kejaringan seperti notebook, PC non thinstation dsb.

Setting untuk tftpd32.exe sebenarnya telah cukup, akan tetapi cukup jika terjadi kegagalan, lakukan perubahan-perubahan pada “setting”

Untuk lancard dengan bootrom PXE versi 1.x, file nbi yang digunakan adalah thinstation.nbi dengan memberi tanda centang pada “setting”, “Advance TFTP Option” “PXE Compatibility”.

Program tftpd32.exe ini harus dijalankan sebelum PC client dihidupkan, kita bisa menggunakan service manager third party seperti “firedaemon” untuk menjalankan tftpd32.exe sebagai service sehingga server tidak perlu menjalankan tftpd32.exe secara manual.

Seluruh langkah-langkah di atas adalah proses instalasi praktis thinstation dengan Ms Windows 2003 server, Jika setelah semua steps telah dilakukan dengan akan tatapi jaringan thinstation anda belum berjalan, disarankan membaca dokumentasi thinstation di http://www.thinstation.org/.

Baca juga artikel “trouble shooting thinstation” di situs ini. ;)

Bagi yang kesulitan mencari Lancard PXE bisa pesan ke saya di awr05@yahoo.com karena kebetulan sedang kelebihan stok ;). Jenis lancard IBM intel etherexpress PCI-100.  (sudah pxe versi 2.x).

Ada juga beberapa lancard 3com 3C905 TXM, semuanya second. Harga Rp. 40 ribu belum termasuk ongkos kirim :D

About these ads

144 thoughts on “Membangun jaringan thinstation dengan Ms Windows 2003

  1. adhiwirawan Penulis Tulisan

    Lihat di situs tetangga :). http://indrairawan.blogspot.com/2007/07/menghemat-dengan-membangun-jaringan-pc.html
    atau bisa juga menggunakan software third party anywhereTS di http://www.anywherets.com
    Untuk client :
    1. Lancard PXE seperti dijelaskan di atas tidak memerlukan software apapun di sisi client (Kan ngga perlu disket atau harddisk lagi)
    2. Lancard tampa PXE (seperti realtek dll) perlu disket yg di isi image loader (silahkat kunjungi : http://www.rom-o.matic.net
    3. windows 95, 98, me : perlu software tambahan yang terdapat di CD windows 2000atau 2003 pada folder support. (D:\i386\support) untuk menginstall program remote desktop user
    4. Windows XP : program remote desktop user terdapat pada menu : start, accesories, connection, remote desktop user. tulis IP Address dari PC server.
    5. Linux dengan sesi Gnome : ada pada menu Aplication, Iinternet, Terminal Service Client.
    Untuk server dengan Windows XP performa jaringan tidak optimal karena tidak di desain untuk server, kecuali jika aplikasi third party memberikan fitur-fitur yang memadai untuk tujuan server management seperti Citrix Metaframe.
    Demikian semiga bermanfaat . :)

    Balas
  2. Wahyu

    Saya sudah mencoba tetapi Lan Card untuk sisi client tidak dikenali, versi PC client saya PC terbaru HP7700 dual core dengan lancard intel 82566dm gigabit network. bagaimana saya bisa mengupdate image file di tftpdroot dengan lancard punya saya karena disi client sudah sukses untuk Booting sesuai image file tetapi gagal di inisialisasi lan ?Mohon bantuannya. Saya menggunakan server win XP dan client boot PXE NIC.

    Balas
  3. Ridwan

    Saya sudah gunakan thinstation sejak 2th yg lalu.spek server p4 D 2.66ghz/ram 1gb/hdd 80gb. Bisa melayani 40 client. Diaplikasikan untuk praktek kompter disekolah .client menggunakan p166 dgn lan card intel(2nd ex-ibm pc).bila ada yg mo share knowlege PM ke saya

    Balas
  4. Ridwan

    Oh ya lupa ,untuk yg ingin menghilangkan/reset 3bulan trial terminal server win2003 . email aku aja & agar client bisa jalanin ms ofize 2007, servernya win2003 Sp2. Aplikasi yg tdk bs jalan di client autocad + photoshop ( yg laen lancar2x aja). Kalo untuk 3client mending pake betwin aja .

    Balas
  5. Ridwan

    Kalo servernya pake XP SP2 harus instal patch buatan sala(terminal server patch)krn default xp cuma ngijinin 1user yg login jd bila ada yg rdp otomatis yg laen logout.aku dah berhasil. Untuk boot image bisa pake anywherets (gampang instalnya,hanya gak support citrix ,kecuali beli yg pro & dah komplit ada dhcp/tftpd servernya built in).kekurangannya dukungan driver untuk client sedikit

    Balas
  6. Ridwan

    Kalo mao bikin boot image sendiri secara online bisa ke thinstation.org disitu ada link nya( gw lupa) .ada yg udah coba win2008 server?katanya dukungan untuk rdpnya lebih komplit dibanding win2003 server.sekarang yg dipake win2003 server + citrix metaframe xp

    Balas
  7. rea

    coba dech nggak usah pake licensi, aku udah coba sejak 3 th nan lancar2 aja, dan juga bisa pake trivialnya windows2003 enggak perlu tftpd32 untuk DHCP nya aktifkan kasih scope, lebih ringan tu, eh yang aku lupa pernah pake, bisa share ke USB/flesdisk (ditambahin mnt/usb gitu,…. ) mungkin ada yang udah nyoba sharing dong detilnya….

    trimakasih kalo ada yang komentar

    Balas
  8. lukman basawi

    mas adi irawan tolong kasih tau caranya nyeting client tanpa hardisk
    gue punya win2003server r2 niatnya mau di pasang di pc p4 3.ghz memori 1 gb. komputer client 5buah pentium3 550. niatnya biar konek keinternet. tolong bales ya
    atau kirim artikelnya ke email gue ya. lukman_wiwin@yahoo.com

    Balas
  9. Wirya

    Mas mau nanya, saya saat ini sedang mencoba membuat jaringan Thinstation tapi menggunakan media booting floppy disk dulu karena saya belum punya lan card yang ada eprom, saat booting pake disket boot, berhasil resolve DHCP & memperoleh IP address, tetapi saat mulai loading kernel, keluar pesan error sebagai berikut :

    Segmentation fault
    /etc/thinstation.init: shift:120: can’t shift that many

    Kira-kira itu problem di mana ? dan bagaimana solusi nya ?
    Tolong emal ke saya ya mas solusinya, terima kasih.

    Keterangan :
    os = win 2003 server
    thinstation yang versi 2.2
    tftpd32.exe yang versi 3.23

    Balas
  10. adhiwirawan Penulis Tulisan

    Saya belum pernah nemuin masalah itu sih.Sepertinya proses unpacking file boot image yang gagal. NBI file nya, compile sendiri atau menggunakan yg bawaan dari thinstation?, Spesifi clent-nya apa?, biar safe untuk TS V. 2.2 siapkan memory 64 mb. lalu di konfigurasi trivial FTP-nya yg di load file apa? thinstation.nbi atau thinstation.nbi.zpxe? coba satu per satu.
    pada thinstation versi 2.2, terdapat cukup banyak driver-driver yang di jejalkan ke dalam nbi file nya. jadi HW requirement di sisi client lebih besar dri versi sebelumnya.
    Sebaiknya coba tes dengan Thinstation versi 2.1

    Balas
  11. Wirya

    File nbinya yang bawaan dari Thinstation, Spek client P4 (masih taraf percobaan jadi belum nyari komputer butut) memory 512 MB Lan card 3Com 3C905B-TX. Bukannya yang meload file itu cuman DHCP server mas? Kalo boot pake disket yang dipakai file thinstation.nbi mas. yang zpxe kan buat boot pake lan card.

    Satu hal lagi saya gak menggunakan service dhcp server dari windows tapi menggunakan yang dari tftpd32. Dan memang bisa digunakan kan?
    Baik akan saya coba dulu pake yang versi 2.1

    Terima Kasih mas

    Balas
  12. tif

    Mas, sebenarnya definisi thinstation sendiri apa sih? apa bedanya dengan LTSP? Dan kenapa diskless ada yang pakai Thinstation dan ada yang pakai LTSP. Memang yang jadi pertimbangan apa? Maaf, pertanyaannya ngeborong, maklum masih awam. Sebelumnya makasih ya…

    Balas
  13. adhiwirawan Penulis Tulisan

    Definisi baku sendiri mungkin ngga ada ya (CMIIW), cuma dalam konsep networking ada dua jenis jaringan thin dan thick station (kurus dan gemuk). thick station contohnya nya adalah jaringan peer to peer. Pada jenis jaringan client server, client kadang merupakan PC lengkap dgn HD, memory besar, prosesor cepat. Seperti Jaringan dengan MS Windows Server. dll. Barangkali itu belum termasuk katagori thin station.
    Thinstation atau thin client adalah jaringan komputer dengan kondisi clent atau workstation yang sangat minim. Penekanannya pada ketidak beradaan media booting (Kernel). Karena itu disebut juga diskless workstation.
    Perbedaannya thinstation lebih mengembangkan jaringan diskless dengan boot image kernel linux (linux box) untuk berbagai paltfrom (MS Windows, Linux, Apple dll) atau protokol jaringan seperti ICA, terminal server (RDP), Tarantella. Sedangkan LTSP lebih pada single platform yaitu linux.

    Balas
  14. adhiwirawan Penulis Tulisan

    Buat mas wirya: DHCP hanya mengirim / memberkan alamat IP bagi client. Setelah alamat diberikan TFTP lah yang mengirim paket-paket data ke virtual client.
    Betul Thinstation.nbi.zpxe merupakan file yang digunakan untuk client dengan lancard yang memiliki bootrom pxe. Tapi pxe versi tertentu tidak berhasil dikenali sebagai pxe client oleh server thinstation.

    Balas
  15. thevamp

    pak ciri – ciri untuk mengetahui Lancard PXE atau bukan bagaimana caranya ? mungkin ada tanda – tandanya untuk mengetahui Lancard PXE ? maaf pertanyaannya newbie banget. terimakasih

    Balas
  16. adhiwirawan Penulis Tulisan

    Lancard pada dasarnya ada dua macam: dengan flashrom dan tanpa flashrom atau kadang disebut eeprom, intinya pada pcb lancard itu ditanam ROM.
    Karena sebagian besar ROM pada lancard kegunaannya untuk network booting jadi dikenal juga dengan nama Lancard dengan bootrom.
    Kegunaan bootrom adalah untuk mengkoneksikan diri (PC diskless Client) ke server. Jenis bootrom yang dikenal saat ini misalnya RPL, PXE, BOOTP.
    Ciri lancard dengan bootrom secara fisik terdapat slot ROM pada lancard dan dalam kondisi terisi.
    Ciri lain saat proses booting muncul short-cut untuk masuk ke menu boot agent (MBA), misalnya untuk lancard jenis 3Com dengan menekan ctrl+alt+b
    untuk mengetahui sepsifikasi lancard dengan bootrom bisa di cek di : http://www.etherboot.org/db/
    Kalau ingin tau bentuk fisik dan merek dan seri yang memiliki boot rom coba deh googling dengan kata kunci lancard PXE, cari pada daftar gambar.

    Balas
  17. Wirya

    Saya dah coba pake yang versi 2.1, stop loading nya di waktu pengenalan Hardware,tempo hari pake yang versi 2.2 keluar pesan error Segmentation fault /etc/thinstation.init: shift:120: can’t shift that many tanpa bisa sampe tahap pengenalan hardware, mungkin hardware yang saya pakai terlalu wah atau apa ? soalnya pakenya P4 PGA 478 2,8 Ghz, MB Asrock, Lan card 3Com 3C905B-TX. Musti nyari yang butut kali ya untuk coba lagi.

    Mas bisa kasih screenshot gak tahapan booting di client ampe muncul login screen ke terminal service, kira2 muncul apa aja, misalnya pertama-tama resolve DHCP dan memperoleh IP Address, terus loading Linux kernel, terus deteck hardware, so on (belum pernah berhasil sih, jadi masih bertanya2 kira-kira kayak gimana)

    Balas
  18. adhiwirawan Penulis Tulisan

    membangun jaringan dengan client yg ramping ;). jadi nggak perlu pake harddisk n pentium empat. Cukup Pentium 1 s/d 3 memory 24 – 64 mb.
    perawatan lebih mudah, nggak usah semua komputer di install satu-satu. lebih aman dan cepet (secepat server) .. (promosi :D)

    Balas
  19. sidhi

    1. Untuk Bang RIDWAN (yg kasih coment di hal. ini) Alamat email anda apa ya? Soale anda bilang email ke anda utk keperluan mengatasi lisensi 3 bulan terminal server windows 2003. Sy gak nemu tuh alamat email anda.
    2. Untuk Bang Adhiwirawan. Sy memiliki IBM NetVista 8363 thinclient. Kecil banget tanpa HD,Floppy. dsb. Bisakah langsung boot ke Win2003 terminal server? Sebelumnya sih sy menggunakan LTSP lalu rdesktop ke 2003 terminal server. Artinya kernel boot-nya dari LTSP dulu baru dia rdesktop ke 2003 terminal server. Pertanyaan sy, bisakah dibikin langsung boot ke 2003 terminal server? Maaf Newbi banget.

    Balas
  20. sidhi

    Netvista 8363 sy Pakai flashbios standar masih blm bisa boot pak. Tapi kalo dengan komputer client lain – yg mendukung pxe bisa boot, bahkan berhasil masuk ke win2003server. File boot : thinstation.nbi.zpxe. Mungkin ada teman2 yg pengalaman menngunakan netvista8363?

    Balas
  21. adhiwirawan Penulis Tulisan

    oh iya, instalasi client cukup memasang lancard pada CPU client, lalu disambungkan ke server (biasa-nya sih melalui switch hub),
    Sebelumnya catat dahulu mac adress pada lancard tsb. lalu buat file pake notepad dengan nama: thinstation.conf-
    Isinya lihat pada tulisan : https://adhiwirawan.wordpress.com/2007/11/15/thinstation-windows-2003-file-file-konfigurasi/
    file-file konfurasi lain tidak perlu.
    Jika lancard dengan bootrom PXE tidak ada bisa menggunakan disket (http://www.rom-o-matic.net) atau CD (ISO file dapat do download di http://www.thinstation.org) sebagai media boot agar terkoneksi ke server

    Balas
  22. hery

    saya ingin menggunakan diskless dengan thinstation. saya mohon bantuannya….

    mas punya video instalasinya ga?
    perbandingan thinstation dengan PXES dan LTSP?
    thinstation yang mana kalo saya ingin bootnya lewat disket?
    file pa ja yang saya harus konfigurasi?

    kalo bisa ajarin saya dunk……
    mohon balasannya lewat email saya.

    Balas
  23. adhiwirawan Penulis Tulisan

    buat Mas Wahyu: saya pake thinstation 2.2.1, cuma yang di tutorial ini direkomondasikan pakai versi 2.1.1 dulu karena sederhana dan lumayan lengkap. monggo, maturnuwon sampun mampir teng griyo kulo
    Buat Ujik Pacitan: klo setting server sudah, coba hidupkan client dalam kondisi file tftpd32.ee aktif di server.
    Perhatikan tamplan layar di client, pesan kesalahan apa yang muncul. lalu Perhatkan juga di jendela tftpd32.exe tab “log”-nya.
    Buat poniyem: sama-sama, senang bisa membantu, semoga bermanfaat.
    Buat Hery : Perbandingan antara thinstation dengan LTSP sudah saya bahas di atas,
    Video tutorial ya, menarik juga ….., terimakasih atas masukkannya, akan saya usahakan.
    Untuk boot dengan disket nanti kalau sempat akan saya buat tulisan khusus sekalian dengan boot CD (mungkin flash), sementara silahkan baca di http://rom-o-matic.com.
    file-file konfigurasi sudah saya bahas di tulisan lain pada blog ini, silahkan lihat di: https://adhiwirawan.wordpress.com/2007/11/15/thinstation-windows-2003-file-file-konfigurasi/

    Balas
  24. putra

    mas pada waktu booting kok saya mengalami thistation.nbi.zpxe…….error oxoooooo3b,.thinstation.nbi.zpxe error 0x0000003b cauld not laod nomor network device permasalahanya apa ya? wasalam

    Balas
  25. doni

    2 client sya sudah bisa masuk ato login,setelah itu sya coba cek ip melalui ipconfig dan ternyata ip 2client tersebut sama dengan ip server saya.Yang ingin saya tanyakan apakha memang begitu ato seharusnya tiap client ipnya berbeda?
    Mohon pencerahannya….

    terima kasih
    wassalam

    Balas
  26. asep

    Salam kenal…mas tolong donk minta artikel lengkapnya tentang thinstation…mau coba di skul kita n sekalian buat tugas akhir saya..thanks

    Balas
  27. Ridwan

    Buat sidi ,email saya r1dw4nm@gmail.com.
    Buat ngilangin 120hari trial saya buat file batch.misalnya hapuslicensi.bat.isi file batch tsb adalah:
    net stop “terminal server licensing”
    echo y | del %windir%\system32\lserver\*.*
    net star “terminal server licensing”

    jalankan file batch tsb bila ada reminder licensinya terminal services

    Balas
  28. Ridwan

    Buat doni .insya allah berhasil.jd kita gak perlu instal ulang term server lagi.kalo msh blm bs email aja.
    Aku dah pakai di 2sekolah .lumayan ngirit biaya operasional.kalo mao canggih lg bs liat ke hematpc.com(bukan iklan lho.aku sih blm pake.cuma dah liat demonya)

    Balas
  29. doni

    Saya mau tanya lagi nie mas…

    Gmana cara settingnya supaya client ga bisa utak atik system pada Server…

    misal ilangin cmd,g bisa buka drive c….

    dan gmn cara setiap user mempunyai folder private tersendiri sehingga tidak bisa di acces oleh user laen…
    kan biasanya dia berada di document setting…

    Wassalam

    Balas
  30. adhiwirawan Penulis Tulisan

    Bisa aja sih, syaratnya drive atau partisi yg mo di-manage mesti NTFS format. klik kanan di folder atau drive yg mo diatur tsb. lalu pilih sharing and securty, pilih tab security lalu lakukan pengaturan seputar user-user yang berhak mengakses, batasan akses (full acces, read, write, list dsb), ownership dll.
    Maaf baru sempet jawab karena kesibukkan pekerjaan.

    Balas
    1. Rury Zeiril

      Dear mas Adhi

      Maaf nih terlambat ,
      saya ingin mengaplikasikan apa yg mas utarakan diatas hanya saja saya kesulitan mendownload file thinstation.nbi, thinstation.nbi.zpxe . mungkin mas masih memilikinya atau mungkin ada link khususnya boleh dong kabarin saya

      Thank’s

      Rury Zeiril

      GSM 081315006950

      Balas
  31. hyattdi

    Salam Kenal Mas….!!! Mau cari2 ternyata ketemu juga di sini, udah lama saya kepengen buat thinclient / thinstation yg pake windows tapi gak berhasil2, makasi bgt ya mas. Kalo ada dalam percobaan ada yang kurang ngerti saya boleh tanya2 kan mas….. rencananya saya mau cobain buat kantor neh…. heheheh. Thanks bgt….!!!!!

    Balas
  32. rudi

    trims udah di donlot.

    nanya (terus hehe …) lagi yah…. saya mendapat kendala ketika memulai booting ke verbose mode nya
    muncul pesan

    rhine disable.
    mknbi-1.4.4/first32.c (elf) (gpl)
    top of ramdisk is 0x017f0000
    ramdisk at 0x00940000 size 0x00eb0000
    you passed an undefined mode number

    press to see video modes available to continue or wait 30 secs.

    uncompressing linux …. ok , booting the kernel

    kendalaku dimana ya ……

    Keterangan :
    os = win 2000 server
    thinstation yang versi 2.2
    spek klient
    p2 memori 24 mb
    thinstation.nbi.zpxe

    trims mas ………

    Balas
  33. rudi

    sori ketinggalan , setelah muncul pesan itu , kompe klien lgsg hang

    wirawan: file thinstation.nbi pada thinstation versi 2.2 lebih besar >10 mb, membutuhkan memory pada klien yg lebih besar berdasarkan ujicoba kami utk memory client 24 MB menggunakan network boot image (NBI) thinstatin versi 2.1.1 ke bawah atau gunakan memory client yg lebih besar.
    Catatan:

    kondisi memory kadang berpengaruh, memory yg telah rusak meski masih terbaca kadang membuat proses net booting gagal.

    file berekstensi zpxe hanya merupakan native file, agar proses transfer file nbi bisa dilakukan, ini dibuat untuk mengatasi perbedaan bootrom antara PXE dan etherboot(tpboot) pada lancard.

    pheriperal pada klien seperti VGA card yang telah di support dapat dilihat di http://thinstation.org

    Balas
  34. rudi

    trims mas atas sarannya.

    kami ada pake di lab kami.
    ohya apa betul kalau di winxp , pemakaian thinstation ini dibatasi usernya sampai 3 user saja? sedang di windows 2003 unlimited ?

    wirawan: defaultnya 1 malah, ada patch atau reconfigurasi registry yg menghilangkan pembatasan jumlah user, tapi cara seperti itu masuk dalam katagori werez.
    Selain itu, XP tidak di desain untuk server, sehingga performa kurang maksimal. Kelebihannya XP lebih mensupport banyak device, serta GUI yg lebih menarik.
    Barangkali untuk jumlah klien 3 – 8 bisa menggunakkan XP

    Balas
  35. hyattdi

    Salam….mas adhi
    Sudah saya install semua berjalan lancar, ketika booting dari muncul layar thin stationnya trus ada tulisan “Press F2 verbose mode” setelah sekian lama tidak berubah2, kemudian saya tekan F2 , pada laya muncul tulisan “Configuring and Starting Network…..” dan itu terus tidak berubah – ubah.
    Pada sisi server di Tftpd32 di bagian tab tftp servernya muncul tulisan berulang – ulang seperti
    “item destroy”, “Rcvd DHCP Rqst Msg…..”, “Previously allocated adress acked…..” freeing DHCP decline Msg….” dst
    apa yang kurang ya Mas kira2…???? Mohon pencerahannya…..!!!!!

    wirawan: coba periksa file thinstation.conf- pada baris : SESSION_0_RDESKTOP_SERVER=…. apakah sudah sesuai dengan ip address server.
    pake thinstation versi 2.2.x ya?, berapa memory pada client?, (dibutuhkan sekitar 64 mb)

    Balas
  36. teguhbayu

    gimana cara nya membangun jaringan yang ideal untuk labor sekolah. dan gmna caranya membangun jaringan dengan pemakaian satu hardisk aja harap kira nya di balas di e-mail ssaya…
    plissss demi anak sekolah yang jauh dri dunia teknologi. terima kasih atas perhatian nya.

    Sepertinya artikel di atas udah lengkap deh, ada screenshoot-nya pula. saya review sekilas deh :
    1. siapan PC server P4 hd 40 GB memory 1 – 4 GB (paling krusial memory)
    2. swintch hub 8 s/d 32 port
    3. pc client bisa p1 s/d p4 (sekolah saya pke P1 tapi P2 ke atas lebih nyaman dlm transisi/rendering gambar)
    4. lancard bisa :
    a. lancard yg memiliki bootrom PXE (intel, 3com905C TXM atau yg lain) atau …
    b. lancard lain (tampa PXE bootrom) dgn media boot alternatif, floppy, CD dll.
    5. CD Windows 2003 server
    Langkah-langkahnya seperti di artikel di atas.
    Silahkan dicoba dulu kalau ada kendala dengan senang hati akan saya bantu. Jadi konsepnya untuk sekolah “High tech, low cost” maksudnya pengembangan lab sekolah yang berorientasi pada nilai pakai bukan pada harga komputer yang mahal atau spesifikasi hardware yang tinggi.

    Balas
  37. hyattdi

    Iya mas saya pake versi 2.2.1 untuk clientnya sih yang saya coba ramnya 512 sama 256. mas udah di rubah sesuai dengan ip server kok tetep aja ya muncul tulisan “Configuring and Starting Network…..” malah kadang sebelum masuk ke layar thinstationnya pas bootingnya ada tulisan “Searching for Server (DHCP)…..
    …..F?.F?.F?.F?.F?. ”

    setelah client di shutdown dan di nyalain lagi baru bisa masuk ke layar thinstationnya dan langsung dengan permasalahan seperti yang di atas……( sori mas banyak tanya….maklum newbie neh…..), mohon penceerahannya lagi….!!

    Yang di folder c:\TFtpdRoot hanya ada 3 file seperti yang mas kasih petunjuk diatas (thinstation.conf.network, thinstation.nbi, thinstation.nbi.zpxe)

    Balas
  38. hyattdi

    Selamat Malem Mas….heheh
    sangking kepengen bisanya ane malem2 gini masih nyoba terus neh….. tapi apa daya, belum bisa2 mas. udah upgrade tftpd32 3.23, memang permasalahahn booting yang keluar ….F?.F?.F?.F?.F?. sudah tidak ada lagi… pas booting langsung ke layar thinstation…. tetapi sudah itu mandek … pada client lain ( P4, ram 512, ati radeon xpress 200) setelah di tekan F2 dan keluar Configuring and Starting Network dibawahnya keluar pesan

    “DHCP not found! Network Not initialized.
    This error probably accured because you haven’t got the correct,
    module loaded for you network card.
    Debug not enabled, boot halted.”

    Balas
  39. Wirya

    Mas Adi, saya dah nemu cpu butut dan juga lan card 3com905C TXM yang ada boo Promnya
    pertanyaan saya, gimana meng integrasikan file boot nya ke e prom lan card. Mohon pencerahannya.

    Balas
  40. elmo

    Kalo caranya nambahin module untuk network card Atheros(R) L2 Fast Ethernet di file thinstation.nbi-nya Thinstation 2.2rc5 prebuilt gimana yah??.. soalnya ngga tersedia disitu.. Thanks.

    Balas
  41. lia

    mas adhiwirawan,aku gi buat jaringan tanpa harddisk OS window server 2003 pke citrix juga, tapi buat booting ke disketnya masih kurang paham??? kira2 pake sofware apa ya buat Img-nya biar bisa masuk ke OS???

    di sisi client OS XP di server OS window server 2003, dan untuk konfigurasinya aku pake citrix tapi ternyata jarang baget referensi bahannya???

    buat bang RIDWAN

    tolong dunk, gimana caranya buat jaringan diskless dengan menggunakan window server 2003 + critrix metaframe???

    Balas
  42. lia

    buat bang Ridwan aku boleh minta tutorialnya ga???

    aranya buat jaringan diskless dengan menggunakan window server 2003 + critrix metaframe???

    Balas
  43. pvrpl3g1rl

    jadi penasaran mo bikin THINSTATION juga…ajarin y mas?hehehe.
    lumayan,spy kl lab kebobolan,maling’a cengo krn pc’a diskless…hehehe.
    lab kemalingan,lum sebulan ngerasain komp baru…hiks,…

    wirawan: Iya, sekarang dah bukan jamannya lagi ngebanggain komputer mahal dan spek tinggi, yg jauh lebih penting nilai pakai buat lembaga kan.
    dah beli switch hub belum?, klo belum saya saranin yg 2 portnya giga ether, sekarang dah murah dan gain performance rewards nya jauh lebih baik dari yang 100 mbps semua.

    Balas
  44. syahputra

    mas saya pelajar smk jaringan. sekolah di seri langkat tanjung pura, sumatra utara. sebentar lagi kami tamat dan rencananya kami mengadakan gibyardi sekolah. dan masalah nya saya di minta untuk membangun jaringan komputer dengan thistation.

    setelah saya cari di internet, program itu tidak bisa didownload lagi.

    mas tolong bantu saya ya….,
    mas boleh kirim E-mail ketempat saya untuk sarannya.

    salam kenal mas Adhiwirawan

    Balas
  45. Tomy Ida Irawan

    Mas, Pak atow siapapun lah…
    Saya bener2 baru dn teknologi ini, mohon artikel & Softwarenya dikirim ke email saya.
    Sy orang ndeso yg mo blajar untuk maju jd ya mohon pencerahanya….
    Maturnuwun

    Balas
  46. agil newbie

    MAs Wirawan, minta penjelasan donk ttg sound redirect, soalnya kalo -r sound nya aktif,klien gak mau konek. Aku kesulitan bgt utk urusan yg ini. Dari jaman jebot gagal terus. Aku penasaran banget si ama problem yg satu ini meskipun aku sebenernya lebih seneng ngaktifin BartPE buat nge-load mstsc.exe. So simple. Utk urusan drivernya bisa di slipstream ke master Xp-nya, baru di build. Msalahnya akan lebih menyenangkan kalo aku cuma perlu booting network tanpa ngurusin clientnya.
    MAkasih mas.
    Oh ya… buat temen2 yg pengen ngilangin grace period server 2003,aku biasanya sebelum mulai fresh install , setting tahun di BIOS aku tambahin 10 tahun. Setelah semua proses kelar, balikin lagi tahunnya. Alkhamdullillah normal.

    Balas
  47. afdoli (pamekasan)

    1. apa keunggulan Diskless Thinstation sama Office station
    2. Bagaimana metode kerjanya Windows Terminal Service
    3. Terminal Service berada pada layer apa pada OSI
    4. Kalo Boleh kirimin No. Telp. ato HPnya
    Minta tolong kirim ke email saya mas…!!!!!!! lag garap TA

    Balas
  48. aad

    mas adhi…
    saya pengen nanya tentang jaringan diskless,soalnya aq masih bingung tentang diskless tsb.kan aq mw gunain topik itu untuk maju TA
    kirim penjelasannya ke emailq ya mas…
    makasih

    Balas
  49. hirzi

    mas, pertanyaan saya sama seperti sdr afdoli. tolong kirim ke email juga ya! lagi ngerjain TA juga, tapi ada tambahan desktop virtualization. o iya klo bisa minta masukannya juga tentang desktop virtualization. terimakasih atas bantuannya

    Balas
  50. yant

    mas saya pakai windows 2003 dan client 20 pc, kira-kira gimana cara agar setiap pc client tidak selalu log off dan cara merubah setingan bootp timeout

    Balas
  51. edi

    mas…saya lagi cari lan card 3com 3c905CTXM apa sejenisnya yang bisa baca PXE. tlg info dimana saya bisa dapatkan ? thx

    Balas
  52. Erlanz

    mohon bantuannya …..
    saya menggunakan satu server & satu klien
    saya sudah jalan kan cara diatas
    di komp. klien tampil
    CLIEN MAC ADDR: 00 E0 18 E8 AB 2F , GUID: 00000000-0000-0000-0000-000000000000
    CLIEN IP: 192.168.1.10, MASK: 255.255.255.0, DHCP IP: 192.168.1.4

    PXE-E79: NBP IS TOO BIG TO FIT IN FREE BASE MEMORY
    PXE-M0F: EXITING INTEL PXE ROM

    Balas
  53. Syamsu Anwar

    mas adi irawan tolong kasih tau caranya nyeting client tanpa hardisk
    gue punya win2003server r2 niatnya mau di pasang di pc p4 3.ghz memori 2 gb. komputer client 5buah pentium3 550. niatnya biar konek keinternet. tolong bales ya
    atau kirim artikelnya ke emai : anwar_smkn1@yahoo.com

    artikel diatas dah di coba?

    Balas
  54. tata

    Kalo menggunakan card lan biasa bisa ngak, contohnya card lan bawaan dari mainboard?,

    lancard biasa maksudnya yg nggak ada PXE bootromnya?, bisa aja pake CD atau disket. klau kita dah download thinstation dari situs soruce forge ada folder bootdisk yg berisi file batch untuk bikin floopy bootable client atau iso untuk burning CD bootable clent.
    Beberapa lancard onboard sudah built-ini PXE, seperti compaq deskpro yg slim, mainboard ASUS P5VE yg lama dan ada bebera lagii tapi saya lupa.

    Balas
  55. DAYU

    Mas.. tolong dong kasih pencerahan.
    saya belajar bikin jaringan untuk warnet 1 server 4 client dengan pc station pake hub switch. tapi kok pc stationnya tidak bisa connect dengan server ( host unreachable),, kira – kira kenapa ya?

    Balas
  56. dio

    untuk 20 client sy butuh berapa biaya untuk membangun thin client dgn server win 2003

    Gini, kalau clientnya sudah ada, tinggal beli server
    Pentium 4 core 2 duo atau AMD AM2 5000 Mhz
    memory 2 atau 4 GB
    Harddisk sekotar 80 GB
    – Kalau bisa yg lancard onboardnya gigaether
    – UPS untuk server (opsional tapi sangat disarankan)
    Anggaran relatif sekitar 2,8 s/d 5
    Lancard PXE (baru 150 ribuan second 3 ribuan), atau lancard biasa (yg
    biasa sekitar 15 ribu) + floppy drive
    Switch hub 24 port ada yg 100 mbps(fast ethernet) sekitar 600 – s/d 800
    rb, yg + 2 port giganet sekitar 1,8 – 3,2 jt
    Kabel belden Australia sekitar 500 rb / dus (1000 feet)
    RJ45 sekitar 60 ribu / 100 pcs

    Kurang lebih begitu lah, kalau ada yang ditanyakan silahkan aja.

    Balas
  57. Wagi

    Ass Mas mau tanya kalua pake XP2 caranya gmn klau mau di jadikan server kayak server 2003, tp yang nggak menggunakan tftpd32, kalau ada yang tahu share ma aku donk..wasalam

    Kurang tau ya, Apa XP punya addon Trivial FTP-nya, kalau DHCP servernya sih ada. Kalau masalah auto run kan bisa menggunakan firedaemon untuk menjadikan TFTPD atau aplikasi tripartit sejenis sebagai service?

    Balas
  58. andry

    mas berapa banyak client maksimalnya???

    Tergantung performa server dan jaringan, juga aplikasi yang dipakai, misalnya jaringan fast etehrnet (100 mbps) dengan spek server p4 memori 1 GB, aplikasi office max 15 client agar bisa berjalan norrmal.
    Pada jaringan giga ether (minimal dari switch ke server). Memory 8 GB, Harddisk UW SCSI (katakan terbaru), bisa sampai 60 client.
    Dari beberapa testimonial mada forum thinstation, ada yang telah mengimplementasikan dengan >200 client.
    Spesifikasi diatas bisa berbeda di lapangan, beberapa keluhan kelambatan sistem sebagian besar akibat keamanan server yang lemah, misalnya akibat serangan worm, exploit dll.
    Buat pengguna linux ada alternatif menggunakan K12LTSP ver. 6 ke bawah untuk klient P1, atau edubuntu V.6.06, 7.04, 7.10, ubuntu alternat CD untuk client P2 ke atas.

    Balas
  59. uniq

    Ass,..
    Maz…nih q lg bwt TA d3pjj.Q tertarik ambil judul nih….cz sesuai bgt dengan kondisi diskul q.Masalahnya q msh radak bingung and g paham ma thinstation..dll.
    1. Misalnya kalo g pake thinstation bs ta?pake windows 2003 ja?(tanpa harddisk lo ya)?

    setahu saya MS atau vendor lain belum ada nyediakan network boot image (nbi) selain thinstation.org, bahkan citrix juga menggunakan nbi dari thinstation

    2. Selain thinstation apalagi yg fungsinya sama?

    LTSP (Linux Terminal Server Project), ini aplikasi diskless dari linux, bisaditerapkan di berbagai disktro linux. Tapi yg paling mudah pake K12LTSP, dan edubuntu)

    3. Apa kelebihannya thinstation sendiri juga win 2003 knp g win 2000 ja?

    Windos 2000 server sudah menyediakan terminal server beserta lisensinya. tapi terdapat kelemahan pada resolusi layar (max 256 color = 8 bit), serta kompatibilitas dengan aplikasi-aplikasi-nya.

    4. kalo sy ingin bwt diskles sebaiknya pake lan +bootrom pa pake disket ato cd ya(hemat mana)?

    paling ideal pake cd+PXE bootrom, pake CD atau Disket juga bisa sih

    5. sekalian minta nomor ato ym yg bs dihub utk consultasi(maklum taraf biginer)…hehehe:( mohon dibantu ya!

    awr05@yahoo.com

    Balas
  60. oom

    mas saya pake jaringan winconnect dengan server Windows XP. saya pengen jaringan tersebut pada sisi client tanpa hardisk dan bisa booting pake LAN. Fasiiltas PXE di client sudah ada. Gimana caranya? apa softwarenya? dtitunggu banget jawabannya karena mendesak.

    Maaf, sekali saya belum pernah pake winconnect, saya baru coba pake in-xp plus tftpd32.exe, konsepnya sama, kecuali untuk pengaktifan terminal servis nya.

    Balas
  61. dinni

    bagaimana sich……..cara membangun web server dgn win.2000 server dan beserta gambar nya ya………..

    perlu waktu untuk bikin screenshoot-nya. sementara gini dulu :
    1. download file xampp dari http://www.apachefriends.org/

    2.double click hasil downloadnya untuk mulai install hingga selesai
    3. selesai dengan install web server.

    aplikasi intranet bisa diinstall di c:\xampp\htdocs\

    Balas
  62. hawa

    terima kasih artikelnya bagus sekali. saya lagi butuh banget ttg informasi diskless, oh iya apa bisa kalo menggunakan os xp ya??

    bisa, pernah ditanyakan, silahkan liat ke comment di atas

    Balas
  63. Syamsu Anawar

    Mas adi
    mo nanya nich???
    1. Gimana biar client login automatis??
    2. Desktop Client bisa dikasih gambar tidak??klo bisa gm caranya??
    makasih sebelumnya. klo bisa jawabannya dikirim via e-mail : anwar_smkn1@yahoo.com

    1. Setiap user di set / disesuaikan dengan MAC Address pada lancard. Lihat artikel file-file konfigurasi
    2. Sepertinya nggak bisa, CMIIW.

    Balas
  64. uniq

    kalo bwt disket bootnya gmn?adakan pentunjuk yg jelas, krn disini susah cari lancard bootrom

    sudah saya kirim via email berserta filenya, dah berhasil?

    Balas
  65. uniq

    truz..kalo mo pasang sofwrae monitoring kira2 pake apa ya?truz konfigurasinya gmn?mohon bantuannya…
    mungkin bs ditulis artikelnya…sama langkah 2 membangun ftp server..biz masih bingung ma tftp server?apakah fungsinya sama?

    klo thin station, mungkin pake tools bawaan win 2003 aja, di administration tools, terminal services manager.
    FTP server untuk intranet atu internet? ada paket bawaan windows 2003 server untuk ftp server atau software 3rd party seperti filezilla (sudah built-in dalam xammp) klo untuk internet disarankan pake linux biar lebih secure.
    Untuk Xampp step-stepnya mudah, tinggal dowload di http://apachefriends.com

    Balas
  66. passlink

    Mas, boleh tau dong menghilangkan lisensi 3 bln terminal service di windows sever 2003 gimana? gue da coba tapi belum berhasil.. begitu juga kalo pake win 200 server apakah caranya sama?? thank infonya

    Balas
  67. hadi

    Mas ,

    thanks untuk artikelnya , saya mau nanya , saya ikuti semua artikel diatas ,tftp ,dhdcp jalan normal , tapi pada saat boot linux selesai dan ada tuliasan anywherets ada pesan hostname file not found,config file mach ardess not found , padahal sudah saya masukkan ke dalam directory root tftp nya , mohon penjelasannya .

    thanks

    hadi

    Balas
  68. hadi

    Mas Adi ,

    ini mas pesan di clientnya :

    can’t get global configuration file, using default configuration file

    getting configuration for host na …… not found
    getting configuration for ip addres … not found
    getting configuration for mac adre…. not found

    Thanks

    Hadi

    harus rubah, konfigurasi di /tftproot/ *.conf
    uncomment yang tidak perlu atau :
    lebih disarankan membuat konfigurasi per client, silahkan baca di :

    https://adhiwirawan.wordpress.com/2007/11/15/thinstation-windows-2003-file-file-konfigurasi/

    Balas
  69. Deden

    Saya sudah berhasil install thinstation dengan menggunakan windows 2008 server dan 10 pc client intel, akan tetapi pada 10 pc lain yang amd setelah tapi setelah file Thinstation.nbi.zpxe selesai di kirim dari server langsung macet setelat tulisan done, tidak seperti pc intel yang bisa login, kira-kira apanya yang salah ?

    Balas
  70. Fanani

    Mas trimakasih atas tutorialnya.
    Saya mau nanya , apa perbedaan anatara Thinstation dan LTSP ?

    pernah dijawab coba lihat comments di bawah. Simplenya thinstation dan LTSP sama-sama sistem komputer jaringan dengan diskless client. Bedanya Thinstation multiplaform, LTSP untuk linux.

    Balas
  71. arief

    mas adhi… tolong kirimin file konfigurasi untuk thins pd w s 2003 saya sudah pernah coba…tapi pas masuk layar thin … pas ngeload tftp server selalu not found saja ..gimana solusinya ya ??? trim.s

    pake thinstation versi berapa?

    Balas
  72. Doel

    mas, saya mau tanya..
    1. untuk isi bootrom pakai alat apa
    2. Ethernet nya apa masih ada yg jual
    3. apa bisa pake kabel coax
    4. Trus ngisi atau ngedit rom nya pake apa

    mohon penjelasannya mas? terima kasih…

    Balas
  73. Didik Purnomo

    Assalamulakum Wr.Wb
    Selamat pagi dan salam sejahtera

    Saya adalah pengguna baru diskless workstation dan pengalaman saya masih kurang mohon kepada mas adhiwirawan untuk selalu memberikan update tentang diskless secara continue, ini saya juga punya pertannyaan
    1 apakah yang dimaksud file-file konfigurasi yang tertera di atas?
    2 bootnya untuk diskless workstation menggunakan apa?

    tolong berikan saya tutor secara dasarnya saja instalasi diskless workstation sekian saja dari saya terima kasih

    selamat pagi wasalamualikum wr.wb

    Balas
  74. Didik Purnomo

    Assalamulakum Wr.Wb
    Selamat pagi dan salam sejahtera

    Saya adalah pengguna baru diskless workstation dan pengalaman saya masih kurang mohon kepada mas adhiwirawan untuk selalu memberikan update tentang diskless secara continue, ini saya juga punya pertannyaan
    1 apakah yang dimaksud file-file konfigurasi yang tertera di atas?
    2 bootnya untuk diskless workstation menggunakan apa?
    dan apa SO nya

    tolong berikan saya tutor secara dasarnya saja instalasi diskless workstation sekian saja dari saya terima kasih

    selamat pagi wasalamualikum wr.wb

    Balas
  75. amril

    Ms Windows 2003 Server
    *

    thinstation.nbi, thinstation.nbi.zpxe
    *

    File-file konfigurasi
    *

    tftpd32.exe

    saya ingin download file-file tersebut kok dah gak bisa?alamat tidak diketemukan

    ya lagi suspend, sabar yang dalam minggu-minggu ini

    Balas
  76. heru

    mas adhi mo tanya nech…!!!, bisa kasih tau spesifikasi komputer supaya jaringan thinstation bisa dipake game online…., yang sekarang sy pake server dualcore ram 1gb, hdd 160gb, client p3 800mhz, ram 128mb, koneksi speedy unlimited.

    Balas
  77. elhadiry

    Alhamdulillah sudah bisa, dari usaha yg gigih akhirnya membuahkan hasil. Trim’s mas Adi. Tinggal satu nih laptop fujitsu P3 yg bandel, pdhl sdh pake boot cdrom & pxelinux segala, NIC rtl8139 hang di tengah jalan. Msh menunggu comment teman2 dan pencerahan mas Adi selanjutnya…

    Balas
  78. SYAMSU ANWAR

    ASS
    mas adi klo drive D bisa ga foldernya tidak bisa dibaca semua oleh client.mohon pencerahan.
    makasih sebelumnya
    klo bisa kirim via email :alghifari2001@gmail.com

    Balas
    1. Lilip

      Walaikumussalam,,
      (coba ikut jawab ya.. :) )

      bisa..
      caranya :
      -kli kanan pada drive D
      -pilih “share”
      -trus tinggal setting deh hak akses yang mau dikasih, apakah semua user bisa melihat atau dibuat private aja..

      selamat mencoba.. :)

      Balas
  79. Lilip

    Assalamualaikum..

    Pak, alhamdulilah skarang jaringan thinstation network saya sudah berjalan lancar..klien sudah bisa menikmati pasilitas tanpa harus menggunakan hardisk..

    nah,, setelah saya uprek uprek, ternyata klien juga bisa browsing internet sama seperti server..

    PERTANYAANNYA ADALAH….
    bisa ga, kita ngatur klien agar cuma klien tertentu aja yang bisa akses internet..

    misal :
    saya ada 20 klien pake thinstation, dengan rule sbb :
    -5 PC boleh pake internet dengan full akses,
    -10 PC boleh pake internet tapi aksesnya terbatas (ga boleh buka FB, FS, situs-situs por*o, dll
    -5 PC lagi sama sekali ga bisa buka internet..

    nah, kira2 bisa gak ya saya buat seperti itu??
    kalo bisa, gimana ya caranya..?

    terimakasih… :)

    Balas
    1. adhiwirawan Penulis Tulisan

      untuk membatasi akses sebaiknya menggunakan url filter yang sekaligus firewall. di sekolah saya menggunakan IP-COP. dibutuhkan 1 pc khusus dengan 2 lancard (min pentium 1, saya sendiri pake p3)., hdd sekitar 5 GB, memory 64 mb.
      kalau itu sudah dibuat baru dilakukan pengelolaan akses internetnya dengan plug-in2 yang tersedia.

      Balas
  80. akhlis

    Asslmu’alaikum,,,
    Pak, saya mo nyoba aplikasi thinstation network ini, tp saya mo coba cari file thinstation.nbi, thinstation.nbi.zpxe nya susah bgt ya,,,dimana cari’y, kalo bisa di share atow dikirim lwt email saya di akhlis.rajasa@gmail.com. trimakasih ditunggu pak,,

    Balas
  81. Lilip Rifai

    Pak adhi, terima kasih banyak atas masukannya yang mengenai IP-Cop kmarin_sungguh sangat membantu. :)

    kalo bapak tidak bosan sih, saya mau ijin bertanya 1 kali lagi. (CMIWW):D

    Di jaringan thinstation ini kan saya hanya menggunakan 1 OS Win2003 server yang berlisensi. sedangkan kliennya tidak menggunakan OS yang sama yang di ambil dari server tadi.

    Nah, apakah metode ini MELANGGAR HAKI atau tidak?? soalnya kan disini 1 OS Lisensi digunakan untuk 20 PC.

    Kalo seandainya memang tidak melanggar UU HAKI, bisa kasih tahu saya referensi yang mendukung hal tersebut ga?

    hhee,, maf ya Pak kalo banyak nanya…
    semoga Ilmu yang bapak amalkan bisa menjadi cahaya penerang di “hari yang akan datang”…
    amiin… :))

    Balas
    1. Lilip Rifai

      maaf pak, RALAT.

      maksud saya kliena juga menggunakan OS yang sama yang di ambil dari server.

      pertanyaanya sama seperti diatas.

      Balas
  82. ARIE

    mas adhi saya butuh bantuan untuk setting thin client dari awal…
    sekitar 6 bulan yang lalu saya membeli bekas 6 unit thin client hp compaq seri t5500… karena bekas jadi tidak ada cd driver dan keterangan instalasinya …. rencananya alat tersebut mau saya gunakan untuk keperluan warnet saya …. tapi saya tidak tau bagaimana cara setting thin client …. saya sudah bertanya ke situs resmi nya hp tentang bagaimana cara setting hp thin client dari awal tapi tidak mendapat jawaban …. sampai sekarang alat tersebut belum saya gunakan … saya minta tolong sama mas adhi untuk membantu saya dalam setting hp thin client t5500 dari awal … sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas bantuannya ….

    Balas
  83. Harto

    Aslm.wr.wb.
    Saat ini saya sudah lama tidak mengikuti perkembangan teknologi jaringan komputer, yaitu sejak 2005 saat saya jadi PNS dan di tempatkan di pelosok Lampung Tengah yang sulit untuk akses internet meskipun ada warnet juga.
    Saya mau buat jaringan komputer thinclient dengan OS terbaru yang support. saya punya 4buah P1, 2buah P3, 3 buah P4 saya sudah baca artikel yang diatas. Tolong mas infonya agar yang saya gunakan nantinya yang up to date, trms ya mas. tolong di balas.
    Waslm.wr.wb.

    Balas
  84. Khoiril

    mas aku dah setting thinstation sesuai artikel yang ada, okneksi ke server sudah berhasil tetapi tidak bisa masuk ke windows, kira kira apa ya penyebabnya?

    Balas
    1. adhiwirawan Penulis Tulisan

      bisa langsung semua (server, modem adsl, client) ke switch.. ini cara paling mudah. Bisa juga modem ke server dengan syarat ada dua lancard di server, jadi server berfungsi juga sebagai router, bisa sekaligus firewall dan juga proxy. Tapi harus install software tambahan. Yg lebih aman firewall dan proxy menggunakan pc khusus (dedicated).
      Untuk setting client semua sudah dijelaskan di artikel ini.

      Balas
  85. nasrun

    bang saya sudah instal windos 2003 nya,and setting client nya,tinggal thinstationnya yg belum bisa dan saya uda download ,tapi tidak sama contoh yg di atas ,jadi saya minta bantuanya….?
    saya punya windos server 2008 ,bagai mana cara menjalankanya,apa sama windos 2003

    Balas
  86. roby

    mas saya buat network ni.. sever nya pake acer altos g330 mkz, os win server 2003, thinstation 2.0.. kompi clientny pake pentium 4 2,8.. ram 1 gb., ethernet onboard, tanpa hardisk.. permaslhnnya kok saya pake monitor lcd networknya gak mau konek.. tp saya pake monitor biasa n make lan card malah mau.. mohon bantuannya

    Balas
  87. sobri

    pak disaat user pake len card yang ada bootrom jaringan ya bisa jalan tapi kalo pake yang onbort ga jalan ,tolong ya pak ?

    Biasanya onboard lan dari mobo keluaran baru (P4) biasanya sudah supoort bootrom PXE, keculai mobo lama. Atau barangkali jenis lancard PXE nya yang belum disuport oleh thinstation. Atau bisa juga VGA tidak disupport thinstation.
    Coba boot menggunakan CD atau disket.

    Balas
  88. Nick Belonk

    mas adhi lam knal yach..
    saya dapat masalah dalam penerapan server WTSP.
    server yang saya pake prosesor intel xeon, ram 2GB, sedangkan klien pake prosesor core duo, ram nya 2GB juga, lancard yukon PXE v6,..
    jd pada saat booting mlalui lancard, klien dah dpt DHCP dari server tp wkt download image nya lm banget dan kadang2 berhenti gto ja..
    tp tmn saya nerapin server LSTP pake spesifikasi server dan klien yg sama dengan saya bisa ngangkat sampai 10 klien, sedangkan saya satu pun ga bisa…
    mohon penjelasannya kayak gmn to mas adhi..

    Balas
  89. Raden Mas

    SALAM MAS ADHI……
    Saya sudah kerjakan Instalasi jaringan sesuai dengan petunjuk yang ada pada blog ini tp ada beberapa monitor yang mengalami kendala yaitu muncul pesan INPUT NOT SUPPORT tp ada juga monitor yang langsung bs masuk mengakses program yang ada pada server.
    Mohon penjelasannya….
    Terima kasih…

    Balas
      1. Raden Mas

        Yang saya bingung adalah setelah dicoba outputnya langsung ke proyektor, tidak lagi muncul pesan INPUT NOT SUPPORTED, jd apakah VGA pd Telebitnya atau LCDnya yang tidak support….

  90. hambali

    mas ko saya gak bisa ya mas kan loading thinstationnya dah muncul tapi permasalaha dhcp server ma network nya itu gmana pak .,.,.,.,.,.
    tolong di bales

    Balas
  91. yance

    Saya mau tanya server saya pake windows server 2003 tetapi saya operasikan dari virtual pc, apakah bisa server tadi dibuat thinstation?dan tolong minta alamat YM dong pak.terima kasih.

    Balas
  92. Donny Kurniawan

    CLIEN MAC ADDR: 00 27 0E 11 7D 6C , GUID: 00000000-0000-0000-0000-000000000000
    CLIEN IP: 192.168.0.201, MASK: 255.255.255.0, DHCP IP: 192.168.0.200

    PXE-E35: TFTP READ TIMEOUT
    PXE-E39: TFTP CANNOT READ FROM CONNECTION
    PXE-M0F: EXITING INTEL PXE ROM

    Mohon petunjuknya, kira-kira masalahnya ada dimana ? Saya cek konfigurasi untuk waktu koneksinya tidak ada.

    Terima kasih

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s